Cara Membuat Plastisin Sendiri di Rumah yang Mudah dan Aman Buat Mainan Anak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 26 Agustus 2020 10:04
Cara Membuat Plastisin Sendiri di Rumah yang Mudah dan Aman Buat Mainan Anak
Tak perlu lagi membelinya di luar, sekarang kamu bisa belajar cara membuat plastisin sendiri di rumah dengan lebih aman.

Saat kecil tentu saja kamu tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Yaps, playdugh atau populer dengan sebutan bermain plastisin merupakan semacam lilin mainan yang bisa dibentuk sesuka hati oleh anak-anak.

Selain itu, cara membuat plastisin pun juga bisa kamu praktikkan sendiri di rumah dengan meggunakan bahan-bahan yang aman untuk si kecil. Bahkan, dengan hal tersebut kamu juga membantu meningkatkan daya imajinasi anak.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba dan belajar cara membuat plastisin di rumah, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Plastisin dari Tepung

Cara Membuat Plastisin © Diadona

Seperti yang dijelaskan di atas, cara membuat plastisin dari tepung tidaklah rumit, sebab bahan-bahan dan perlatan yang harus kamu siapkan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Untuk itu, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

Alat dan Bahan-Bahan:

- 8 sdm tepung terigu

- 2 sdm garam

- 60 ml air hangat

- 1 sendok makan minyak sayur

- pewarna makanan secukupnya

2 dari 4 halaman

Cara membuat plastisin sederhana:

Cara Membuat Plastisin © Diadona

1. Langkah pertama membuat plastisin dari tepung ialah campur tepung dan garam ke dalam mangkuk pertama, lalu caampurkan juga air serta pewarna makanan di mangkuk kedua.

2. Kemudian, tuang larutan air dan pewarna ke mangkuk pertama yang berisi tepung sebelumnya dan aduk hingga rata.

3. Cara membuat plastisin dari tepung berikutnya adalah tuang adonan plastisin ke atas meja atau alas yang telah ditaburi dengan tepung terigu.

4. Uleni adonan sampai tercampur rata, dan kalau ingin lebih menarik kamu bisa menambahkan pewarna makanan sesuai keinginanmu. Taraa! Plastisin buatanmu sudah siap untuk dimainkan. Gampang kan?

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Plastisin dari Tepung dan Sabun

Cara Membuat Plastisin © Diadona

Entah siapa yang pertama kali memperkenalkan mainan ini, yang pasti sejak kamu masih TK, mainan plastisin sudah sangat terkenal hingga saat ini juga. Bahkan, tak sedikit yang berlomba-lomba untuk mengetahui bagaimana cara membuat plastisin yang akan dipraktikkan langsung di rumah.

Eits, tenang saja. Mulai sekarang kamu nggak usah khawatir, sebab kamu akan mengetahui cara membuat plastisin dari tepung dan sabun setelah membaca ulasan berikut ini.

Alat dan Bahan-Bahan-Bahan:

- 1 buah sabun mandi batangan

- Tepung terigu secukupnya

- Lem putih atau lem kayu secukupnya

- 1 sdt garam

- Pewarna makanan

4 dari 4 halaman

Cara membuat plastisin dari tepung dan sabun:

Cara Membuat Plastisin © Diadona

1. Langkah pertama membuat plastisin dari tepung dan sabun ialah ambil sebuah sabun batang lalu potong kecil-kecil, kemudian rendam potongan sabun tersebut ke dalam air dengan ukuran air setinggi potongan sabun.

2. Selanjutnya, diamkan rendaman ersebut sampai sabun menjadi lembek. Kalau masih ada yang mengeras, kamu bisa menghaluskannya dengan sendok supaya sabun menjadi halus dan lembut.

3. Cara membuat plastisin berikutnya adalah masukkan tepung terigu, garam dan lem putih ke dalam mangkuk. Uleni semua bahan tersebut hingga tercampur rata dan kalis.

4. Kalau adonan sudah kalis, plastisin buatanmu pun sudah jadi. Tapi, kalau ingin terlihat lebih cantik dan menarik , tambahkan pewarna makanan sesuai selera dan uleni lagi sampai warna menyatu sampai rata. Selesai.

Itulah cara membuat plastisin sederhana yang mudah dan aman untuk mainan si kecil di rumah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar