Bayi Tidak Disarankan Menggunakan Masker, Begini Kata Ahli!

Reporter : Mila
Kamis, 10 Februari 2022 07:57
Bayi Tidak Disarankan Menggunakan Masker, Begini Kata Ahli!
Apa alasannya?

Menggunakan masker kini jadi hal yang penting sebelum bepergian. Penggunaannya bertujuan untuk mencegah penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

Kalau kamu sedang beraktivitas di luar rumah, mungkin kamu melihat orangtua ada yang memakaikan masker kepada anaknya yang usianya kurang dari 2 tahun. Tapi, ternyata hal ini tidak dianjurkan lho. Apa alasannya?

1 dari 4 halaman

Bayi Tidak Disarankan Pakai Masker

Ilustrasi Bayi Pakai Masker © Diadona

Para peneliti sepakat bahwa menggunakan masker sangat disarankan di masa pandemik COVID-19. Meski begitu, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Amerika Serikat (CDC), penggunaan masker tidak disarankan pada kelompok usia anak-anak kurang dari 2 tahun.

Menurut laporan yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) Pediatrics, anak-anak berusia di bawah 2 tahun tidak perlu menggunakan masker. Sementara itu, anak-anak yang usianya di atas 2 tahun disarankan pakai masker untuk memberi perlindungan bagi mereka.

Di Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan penggunaan masker pada anak usia 2-18 tahun.

2 dari 4 halaman

Apa Alasannya?

Anjuran anak-anak kurang dari 2 tahun agar tidak mengenakan masker bukan tanpa alasan. Anak usia kurang dari 2 tahun punya ukuran saluran pernapasan yang lebih kecil. Akibatnya, penggunaan masker pada usia tersebut justru akan menyulitkan mereka saat bernapas.

Apabila mengalami kesulitan bernapas, bayi masih belum bisa mengatakannya kepada orang tua atau orang-orang di sekitarnya. Akibatnya, risiko terjadinya kekurangan oksigen meningkat sehingga membahayakan tubuh. 

3 dari 4 halaman

Cara Melindungi Bayi dari Penyebaran Virus

Ilustrasi Bayi Pakai Masker © Diadona

Melansir Nationwide Childrens, cara untuk melindungi bayi yang masih belum bisa mengenakan masker yaitu dengan membatasi dan menghindari mengunjungi fasilitas publik bersama bayi.

Berdasarkan anjuran dari IDAI mengenai Aktivitas Anak di Luar Rumah Selama Masa Pandemi COVID-19, saat ini IDAI menganjurkan anak-anak untuk tetap berada di dalam rumah.

Apabila mendesak sehingga terpaksa membawa anak keluar rumah, maka harus menjaga jarak minimal 2 meter. Pada anak berusia di bawah 2 tahun, disarankan untuk menggunakan barrier, contohnya menggunakan kereta dorong dengan penutup.

Beri Komentar