Sering Nggak Dibolehin Mandi Malam, Emang Kenapa sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 5 Februari 2020 09:09
Sering Nggak Dibolehin Mandi Malam, Emang Kenapa sih?
Sering nggak dibolehin mandi malam sama orang sekitar, padahal kamu merasa badan kotor dan lengket penuh keringat?

Kemarin saat pulang kerja sore-sore, setibanya di kamar kost saya merasa males banget mandi. Rasanya mau rebahan dulu lama-lama, soalnya sepanjang di sepanjang jalan banyak macetnya. Mungkin, agak malaman bakal mandi, begitu pikir saya.

Ngomong-ngomong soal mandi malam, sore itu jadi keingat tentang sesuatu. Saya pernah mendengar kabar jelek tentang seseorang kalau dia mandi malam.

1 dari 6 halaman

ilustrasi orang tua memarahi anak © Diadona

Ketika saya masih kecil (ya nggak kecil-kecil banget), masih SD bahkan sampai sekarang, beberapa tetangga bilang kalau mandi setelah magrib itu nggak baik. Katanya, nanti dijilat setan (?).

Kalau kata orang rumah, mandi tengah malam bisa datengin penyakit. Pernah disebutin rematik salah satunya.

Di tempat kerja sebelumnya, atas saya setuju dengan apa yang dikatakan orang rumah. Bahkan, atasan saya itu, mandi malam bisa bikin meninggal.

2 dari 6 halaman

Waktu itu yang dulu-dulu, saya nggak sempat menanyakan kenapa. Kenapa mandi malam bisa segitu buruknya? Atau, itu cuma akal-akalan mereka aja yang menuduh 'mandi malam' sebagai penyebab datangnya penyakit atau bahkan kematian?

Karena makin penasaran, akhirnya saya berseluncur ke dunia internet.

Dan betapa mengejutkannya saya ketika mendapatkan hasilnya: Mandi malam itu ternyata baik banget buat kita!

Mari simak dulu beberapa artikel yang sudah saya baca.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Bangun Tidur © Diadona

Dr. Mona Gohara, M.D., seorang profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, mengatakan kepada Glamour, mandi malam sangat bermanfaat baik untuk kulit.

Mandi malam berarti tubuh kita dalam keadaan bersih sebelum pergi tidur. Segala riasan, kotoran, dan polusi yang ada di tubuh kita akan minggat.

Pernyataan itu sepertinya masuk akal, ya? Nancy Rothstein, yang menyebut dirinya sebagai The Sleep Ambassador, sependapat dengan apa yang dikatakan Dr. Gohara. " Kita kan udah keluar sepanjang hari. Masa kita tidur dalam keadaan seperti itu (kotor)?"

Rothstein menambahkan, untuk mendapatkan kepuasan mandi malam yang puncak, dia menyarankan untuk menggunakan air hangat. " Air hangat terbaik, sih. Pokoknya jangan terlalu panas. Tubuh pasti bakal rileks."

Itu kan dari Glamour. Karena belum puas karena cuma karena udah baca satu artikel, saya pun mencari-cari artikel. Tapi sebenarnya, dalam hati, saya udah kayak jadi seorang pemenang. Senang aja rasanya denger kabar baik.

4 dari 6 halaman

Kalau dari Time, dari seorang direktur The Sleep and Health Research Program di University of Arizona yang bernama Michael Grandner, bahwa mandi malam merupakan bagian relaksasi yang dilakukan sebelum tidur.

Hal ini dikarenakan, meskipun kelihatannya mandi malam bisa membuatmu kedinginan, justru mandi malam bisa menghangatkan tubuh kamu secara natural. Ketika tubuh menghangatkan tubuhnya secara natural, kamu pun juga akan merasa dingin dengan natural. Nah, efek dingin natural ini sangat baik untuk kualitas tidur kamu.

Selain itu, masih dari Time, Dr. George Cotsarelis, seorang profesor dermatologi di University of Pennsylvania, mengatakan bahwa mandi malam bisa membuat kita terbebas dari alergi. Hal ini dikarenakan sebelum tidur, kita sudah dalam keadaan bersih dari berbagai serbuk sari atau bahan kimia, sehingga kasur kita pun nggak tercemar apapun.

Mendengar kabar baik yang disertai dengan penjelasannya di atas, saya pun mengelus dada lega. Jadi, nanti kalau ada yang ngeyel saya nggak boleh mandi malam, saya bisa jelasin panjang lebar sampai dia 'kicep'.

Walau saya bersyukur ternyata mandi malam nggak menyebabkan penyakit apalagi kematian, dan malah bagus untuk kesehatan, saya masih belum puas.

5 dari 6 halaman

Manfaat Mandi Malam

Ilustrasi perempuan berpikir © Diadona

Kira-kira, apa saja tepatnya manfaat mandi malam itu? Kalau dari Bustle dan Treehugger.com, kalau digabungin, manfaat mandi malam bahkan bisa lebih dari empat, lho!

Pertama, kamu akan terhindar dari jerawat. Iya dong, soalnya kita mengistirahatkan tubuh kita dalam keadaan bersih. Beda kalau nggak mandi, penuh kotoran dan keringat.

Kedua, kalau jerawat aja terhindar, kulitmu pun akan semakin sehat. Menurut Dr. Booby Buka, seorang dokter kulit di New York City, mengatakan kepada Bustle bahwa mandi malam bisa memberikan hormon yang sangat baik untuk kulit. Jadi, dengan mandi malam, kamu bisa say goodbye pada kulit kusam dan keriput, deh!

Ketiga, kamu akan merasakan rileks kalau mandi malam. Mandi malam dengan air hangat bisa membuat kamu lebih santai, bahkan mengurangi stres dari tekanan-tekanan yang kamu rasakan sepanjang hari itu.

Keempat, kalau kamu udah dalam keadaan rileks, maka kualitas tidurmu pun akan semakin meningkat. Selain itu, kalau kamu menggunakan air hangat, ritme sirkadian otak akan semakin membaik. Kalau kamu belum tahu, ritme sirkadian otak adalah yang mengatur jam tidur kamu.

Kelima, kamu akan terbebas dari macam alergi. Hal ini didukung oleh tulisan di Treehugger.com karena ketika mandi malam dan sudah dalam keadaan bersih, kasur pun juga ditiduri dalam keadaan bersih pula, kan? Ngomong-ngomong, beban hidupmu juga akan merasa lebih ringan. Ya, soalnya kamu bakal jarang nyuci sprei; kan belum kotor? Hehe

Keenam, kalau kamu punya masalah dengan rambut kamu, mungkin kamu harus rutin mandi malam. Soalnya, mandi malam itu ternyata bagus untuk kesehatan rambut.

Mandi malam bisa menjaga kelembapan rambut, juga menghilangkan berbagai macam bakteri. Jadi pas bangun tidur, rambutmu juga akan lebih sehat.

6 dari 6 halaman

Jadi walau sudah malam, kalau emang kamu sudah beraktivitas seharian dan ingin mandi biar badan nggak lengket keringat dan nggak kotor, mandi aja, nggak apa-apa.

Tapi, disarankan mandi pakai air hangat, ya! Soalnya, dari artikel-artikel yang saya baca itu, rata-rata menyebutkan mandi malam dengan 'air hangat', dan nggak ada yang menyebutkan mandi malam dengan 'air dingin'.

Nah, nanti, kalau misalnya kamu mau mandi malam dan diceramahin nanti inilah, nanti itulah, ceramahin balik aja berdasarkan penjelasan di atas!

 

 

Beri Komentar