13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah karena Flu pada Bayi dan Anak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 8 Januari 2020 11:36
13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah karena Flu pada Bayi dan Anak
Hidung tersumbat jadi masalah yang umum dihadapis aat kamu flu atau terkena alergi. Memang bukan kondisi medis yang darurat, tapi bikin bernafas jadi nggak menyenangkan

Hidung yang tersumbat memang sangat mengganggu. Kamu nggak bisa bernafas dengan hidung, dan suara kamu jadi terdengar lucu saat berbicara. Anehnya saat kamu berusaha mengluarkan ingus biar hidung terasa lega, nggak ada yang keluar sama sekali.

Kebanyakan orang pasti mengira kalau hidung tersumbat karena keberadaan ingus di jalan pernafasan. Padahal, nggak selalu demikian. Hidung yang tersumbat bias juga karena pembuluh darah yang meradang di dalams inus. Bagi yang belum tahu, sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Iritasi pembuluh darah biasanya dipicu oleh pilek alergi, maupun infeksi pada sinus itu sendiri.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Ilustrasi Bayi FluIlustrasi Bayi Flu © 2020 https://www.diadona.id/@mom

Hidung tersumbat pada bayi merupakan gejala awal terjadinya flu, yang ditandai dengan banyaknya lendir di saluran pernafasan bayi. Namun karena hidung sebagai jalan nafas, maka biasanya lender tersebut akan mengering dan menempel di sisi hidung. Jadi, bagaimana caranya mengatasinya?

Menyedot Ingus

Karena bayi tidak bisa mengeluarkan ingusnya sendiri, maka lakukann penyedotan ingus dengan penyedot yang dikhususkan untuk bayi. Bentuknya berupa pipet dengan ujung berupa karet penyedot. Kamu bisa menemukannay di apotek atau took khusus perlengkapan bayi dengan harga kurangd ari Rp. 100 ribu.

Meneteskan Garam Murni

Kalau ingus bayi terlalu kental untuk disedot dengan nasal aspirator, kamu bisa mencoba mengencerkannay dulu dengan larutan garam yang diteteskan ke hidung bayi. Eits, cara mengatsai hidung tersumbat dengan metode ini nggak boleh asal-asalan lho. Larutkan ¼ sdt garam dapur ke ½ gelas air hangat, lalu teteskan larutan tersebut ke hidung bayi dengan menggunakan pipet. Pipet ini bisa kamu beli di apotik. Setelah ingus encer, sedot dengan menggunakan nasal aspirator.

Selain garam dapur, kamu bisa menggunakan larutan obat tetes Nacl fisiologis 0.9 persen yang bisa kamu beli di apotik.

 

 

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Ilustrasi Anak FluIlustrasi Anak Flu © 2020 https://www.diadona.id/@childrens

Hidung tersumbat bisa terjadi karena infeksi virus, flu, kemungkinan infeksi telinga, bronchitis hingga sinusitis. Ada beberapa gejala tambahan yang harusnya kamu waspadai, misalnya keluarnya lender berwarna hijau, sakit di wajah, sakit di telinga dan kepala, demam, batuk hingga sesak pada dada. Kalau sudah merasakan gejala tersbut, kamu harus segera dating ke dokter untuk mengobati langsung pada penyakit yang kamu derita.

Memijat Lembut

Dengan melakukan pijatan lembut di area hidung dan sekitarnya, kamu bisa melegakan pernafasan sekaligus membuat rileks pernafasan anak. Selain area hidung, pijat juga sisi dada hingga punggung.

Balsem Pelega Nafas atau Uap Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa dengan mengoleskan balsam pelega pernafdasan. Tapi, ini bukan balsam yang biasa diapkai orang dewasa ya, namun produk yang memang diformulasikan khusu untuk bayi.

Rasa hangat dari balsam bakalan memmbuat rileks saluran pernafasan dan melonggarkan hdiung tersumbat. Oleskan pada dada, leher, dan punggung bayi.

Cara mengatasi hidung tersumbat juga bisa kamu lakukan dengan meneteskan minyak kayu putih di mangkok berisi air hangat, dan letakkan di sudut ruangan anak. Uap panas yang hanbgat bsia melegakan pernafasan anak kamu.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Ilustrasi FluIlustrasi Flu © 2020 https://www.diadona.id/@verywellhealth

Hidung yang tersumbat biasanya disertai dengan kemunculan kondisi lain seperti bersin, dan ingus yang mengalir. Selain itu, hidung tersumbat juga bisa bikin sakit kepala pada beberapa orang. Biarpun nggak  nyaman, kondisi ini sepertinya tidak perlu kamu khawatirkan. Namun, untuk kasus tertentu, nggak ada salahnya untuk berobat ke dokter.

Pasang Dehumidifier

Mesin dehumidifier bertugas mengubah air menjadi uap air hangat yang akan mengisi udara di ruangan kamu, sehingga kelembaban udara jadi meningkat. Saat terhirup hidung, udara yang hangat akan menenangkan jaringan sinus yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak.

Mandi Air Panas

Mandi air hangat bias menjadi cara mengatasi hidung tersumbat. Saat mandi, uap dari air panas akan memabqntu menipiskan lender yang ada di hidung. Kalau kamu terlalu mager dan sakit untuk mandi, kamu bisa mendapatkan efek uap panas dengan skala yang lebih kecil. Caranya, letakkan air panas di atas baskom, letakkan handuk di atas kepala dan tempatkan kepala kamu menghadap ke baskom tersebut. Hirup uap air yang terbentuk dalam-dalam.

Banyak Minum

Saat tubuh kamu tetap terhidrasi, lender di dalam saluran pencernaan akan lebih encer dan bisa terdorong keluar dari hidung. Selanjutnya, tekanan di sinus kamu bakalan berkurang. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikti peradangan dan iritasi, dan hidung kamu jadi sedikit lebih lega.

Gunakan Semprotan Saline

Apa itu semprotan saline? Saline adalah semprotan hidung yang berujuan untukmengurangi produksi lender yang menyumbat. Selain penyemprot, saline bisa juga dalam bentuk obat tetes yang biasanya digunakan untuk cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Gunakan Neti Pot

Neto pot menjadi cara mengatasi hidung tersumbat yang sudah umum digunakan di negara barat, namun masih jarang di masyarakat kita. Metode ini berasal dari tradisi medis yoga, dengan menggunakan pot keramik atau plastic yang terlihat sepertti teko Alladin.

Neti pot berisi cairan garam dari air suling yang sudah steril. Untuk menggunakan neti pot ini, kamu cukup memringkan kepala di atas wastafel, llu letakkan lubang neti di lubang hidung kamu, dan alirkan air. Nafas menggunakan mulut. Lalu alirkan air ke salah satu sisi hidung, dan air akan mengalir dari sisi hidung yang satunya. Tampak seperti sedang mengairi atau membilas sisi hidung, ya?

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat karena Flu

Ilustrasi FluIlustrasi Flu © 2020 https://www.diadona.id/@nutricom

Siapa tahu hidung tersumbat yang kamu alami terjadi bukan karena flu, namun karena reaksi alergi. Misalnya, dingin, atau debu. Nah, cara mengatasi hidung tersumbat karena ini bisa dilakukan dengan minum obat alergi. Antihistamin atau obat alergi dapat mengurangi pembengkakan pada sinus sehingga mengurangi tersumbatnya hidung.

Kompres Hangat

Mengmproes dengan air hangat bisa membantu meringatkan hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Cara mengatasi hidung tersumbat cukup mudah kok, cukup dengan memakai handuk yang direndam air hangat, lalu letakkan di atas hidung atau dahi.

Minum Obat Flu

Cara mengtasi hidung tersumbat ini langsung mengarah pada penyembuhan sakit flu. Ada banyak obat tersedia di apotek tanpa resep dokter. Obat-obatan ini bisa mengurangi pmebengkakan dan nyeri yang terkait dengan iritasi saluran hidung.

 Minum Anti Alergi

Siapa tahu hidung tersumbat yang kamu alami terjadi bukan karena flu, namun karena reaksi alergi. Misalnya, dingin, atau debu., Nah, cara mengatsi hidung tersumbat karena ini bisa dialkukan dengan minum obat alergi. Antihistamin atau obat alergi dapat mengurangi pembengkakan pada sinus sehingga mengurangi tersumbatnya hidung.

Menggunakan Bantal Tinggi

Pada saat kamu tidur, gravitasi bumi dapat membantu ingus terdorong ke bawag sehingga tidak lagi menyumbat saluran pernafasan kamu. Gunakan bantal tinggi untuk untuk menopang kepala kamu, namun pastikan tetap dalam posisi yang nyaman sehingga kamku nggak perlu bangun dengansakit leher keesokan harinya.

 

 

Beri Komentar