Awas, Ini 7 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 26 Mei 2020 11:14
Awas, Ini 7 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak!
Wajib dijauhi deh moms, tujuh makanan penyebab radang tenggorokan ini.

Penyebab radang tenggorokan memang dikarenakan virus. Tapi 7 makanan di bawah ini jadi pemicunya yang harus dihindari. Apalagi dari anak-anak, moms.

Radang tenggorokan adalah keadaan di mana tenggorokan merasa gatal, sakit sampai susah menelan makanan maupun minuman. Tentu saja hal ini mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika sang anak yang terkena, napsu makannya akan terhambat.

Infeksi yang terjadi pada tenggorokan inilah penyebab radang tenggorokan. Bahkan infeksi ini tergolong bisa menular. Bisa melalui kontak langsung penderitanya kepada orang lain, misalnya lendir, penggunaan sikat gigi yang terkontaminasi sampai ciuman.

1 dari 5 halaman

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Ada beberapa makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu kita hindari.

Makanan Berminyak

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan © Diadona
Makanan berminyak seperti gorengan bukan lagi rahasia menjadi pemicu penyebab radang tenggorokan. Makanan dengan banyak minyak nggak dianjurkan untuk dikonsumsi baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Selain itu, minyak juga pemicu kolesterol, jerawat, jantung dan beberapa penyakit lainnya juga.

Makanan Asam


Meski menyegarkan, zat asam yang terkandung bisa menimbulkan iritasi sehingga terjadi peradangan tenggorokan. Contoh makanan asam seperti cuka, aneka jeruk, asam jawa ataupun acar.

2 dari 5 halaman

Makanan Pedas

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan © Diadona
Selain makanan asam, rasa pedas menyebabkan radang tenggorokan yang selanjutnya. Memang enak sih, tapi kalau berlebihan bisa memicu peradangan, apalagi kalau kondisi tubuh tidak fit. Anak-anak nih biasanya juga suka banget kan moms, jajanan pedas.

Nah buat menghindarinya, bisa mengonsumsi minuman jahe hangat. Hindari sambal, bubuk cabai, cengkeh, lada hitam, pala dan rempah dengan rasa pedas lainnya saat sakit.

Makanan Kering dan Keras


Tekstur makanan yang kering dan keras juga bisa jadi penyebab radang karena bisa menciptakan luka. Misalnya makanan seperti kue kering, kacang-kacangan, biskuit, sereal atau bahkan sayuran mentah. Agar makanan tersebut lunak, minum air putih yang cukup terlebih dulu.

3 dari 5 halaman

Susu dan Olahannya

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan © Diadona
Susu memang sehat dikonsumsi apalagi untuk pertumbuhan anak. Tapi, susu menyebabkan produksi dalam tubuh meningkat sehingga munculnya rasa gatal pada tenggorokan. Inilah penyebab radang tenggorokan karena susu.

Bisa juga disebabkan makanan olahan susu yang mengandung lemak sehingga proses pencernaan akan melambat. MIsalnya produk keju maupun yoghurt.

4 dari 5 halaman

Kopi

kopi © Diadona
Nggak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa terkena radang tenggorokan. Salah satu penyebabnya adalah secangkir kopi yang nikmat. Kandungan kafeinnya bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan yang lama-lama berubah jadi radang.

Alkohol


Selain kopi, alkohol juga bisa membuat tenggorokan kering dan memicu radang tenggorokan. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya. Jauhin aja deh ya.

5 dari 5 halaman

Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak

ilustrasi anak sakit © Diadona
Selain makanan-makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, virus dan bakteri jadi penyebab radang tenggorokan pada anak yang utama. Beberapa virus penyebab radang antara lain common cold, influenza, virus campak, virus cacar air, mononucleusis dan virus croup. Biasanya anak akan disertai demam saat mengalami radang.

Sedangkan bakteri yang bisa jadi penyebab radang pada tenggorokan, antara lain strep throut-streptococcus, pertusis, diptheria dan mycoplasma. Selain itu kebiasaan sang anak mengonsumsi es atau minuman dingin juga bisa jadi pemicunya, moms.

Itu tadi faktor pemicu dan jenis makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu dihindari. Awasi makanan anak dan biasakan mengonsumsi banyak minum air putih ya, moms!

Beri Komentar