Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah pada Bayi Ternyata karena Ini loh, Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 11 Juni 2020 16:45
Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah pada Bayi Ternyata karena Ini loh, Moms!
Nggak hanya karena penyakit, penyebab hidung tersumbat bisa juga dikarenakan lingkungan.

Ada banyak penyebab hidung tersumbat yang bisa mengganggu aktivitas. Apalagi jika si kecil yang mengalaminya dan tidak bisa mengadu karena masih bayi belum bisa bicara. Itu kenapa anak menjadi rewel.

Nggak hanya karena terkena flu, penyebab hidung tersumbat ini bisa bermacam-macam. Mulai dari keadaan sekitar hingga faktor kesehatan. Gangguan-gangguan ini membuat selaput yang melapisi saluran hidung akan meradang. Sehingga hidung memproduksi lendir untuk menghilangkan gangguan-gangguan tersebut dan terjadilah hidung tersumbat.

1 dari 5 halaman

Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah

Ilustrasi Anak Flu © Diadona
Kita kenali penyebab hidung tersumbat sebelah ya. Bisa dari faktor lingkungan juga.

Flu


Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, saat menderita flu hidung akan tersumbat. Nggak hanya itu saja, influenza atau flu ini memang menyerang sistem pernapasan sehingga tenggorokan dan paru-paru terganggu. Flu memang bisa sembuh sendiri tapi adanya komplikasi bisa membahayakan.

Batuk dan Pilek


Adanya lendir karena infeksi di saluran pernapasan bagian atas, yaitu hidung dan tenggorkan membuat hidung tersumbat. Biasanya pilek akan sembuh sendiri dalam waktu seminggu atau 10 hari.

2 dari 5 halaman

Iritasi

Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak © Diadona
Selain dua gejala di atas yang kerap terjadi, bisa juga hidung tersumbat karena adanya gangguan menghirup polusi udara. Bisa dari asap kendaraan, asap rokok dan lain sebagainya.

Alergi


Alergi ini bisa berbagai macam, debu, aroma tertentu dan bahkan zat-zat tertentu. kalau terpapar oleh penyebab alergi (alergen), membuat tubuh bereaksi. Terjadinya gangguan pada sistem pernapasan misalnya yang mana memproduksi lendir di rongga hidung dan bisa meningkat. Sehingga muncul reaksi bersin-bersin, pilek dan bahkan membuat hidung tersumbat.

Sinusitis Akut


Sinusitis ini biasanya terbentuk karena batuk dan pilek. Meski bisa sembuh sendiri dalam kurun waktu minimal seminggu, sinus jadi penyebab hidung tersumbat karena adanya peradangan dan pembekakan di hidung. Sehingga rongga hidung menyempit dan lendir diproduksi dengan jumlah lebih banyak.

3 dari 5 halaman

Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi

Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi © Diadona
Meski penyebabnya bukan suatu hal yang sangat membahayakan, tapi kalau dialami si kecil membuat khawatir ya moms? Apalagi bayi hanya bisa menangis dan rewel. Kita kenali penyebab hidung tersumbat pada bayi dulu ya moms, agar bisa tenang dalam mengatasinya.

Sebenarnya hidung tersumbat itu terjadi bukan hanya karena penumpukan cairan hidung atau lendir yang biasa kite sebut ingus. Bukan hanya karena pilek sehingga jaringan hidung mengalami pembengkakan. Tapi juga disebabkan hal lainnya.

4 dari 5 halaman

Penyebab hidung tersumbat pada bayi ini bisa karena sistem imun tubuhnya yang masih lemah karena belum terbentuk dengan baik. Hal ini biasanya dialami bayi di tahun pertamanya. Ia akan mudah terkena flu atau pilek. Karena tubuhnya yang masih lemah, sehingga mudah terinfeksi virus yang menyerang tenggorokan dan hidung.

Selain karena infeksi virus, penyebab lainnya juga bisa karena polusi udara dan asap rokok yang sering membuat iritasi di saluran pernapasan. itu kenapa penting buat kita menjaga kondisi lingkungan di sekitar bayi.

5 dari 5 halaman

Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi dan Cara Mengatasinya © Diadona

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa dengan membantunya membuang ingus menggunakan alat isap cairan hidung atau infant nasal bulb. Sebaiknya dengan anjuran dan bantuan dokter ya moms!

Jika umur bayi sudah cukup untuk MPASI, maka bisa memberikan makanan yang hangat seperti sup. Namun jika belum cukup dengan ASI.

Selanjutnya juga bisa melakukan uap pernapasan. Caranya membantu si kecil menghirup uap dari baskom air hangat. ggak sampai situ saja moms, penting menjaga udara di rumah yang lembab dan hangat serta bersih.

Nah, jadi itu tadi moms penyebab hidung tersumbat baik secara umum maupun yang bisa menyerang bayi. Jangan panik dan jaga kebersihan lingkungan rumah untuk si kecil ya!

Beri Komentar