9 Penyebab Meningitis pada Bayi dan Anak, Waspadai yuk!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 28 Juli 2020 17:44
9 Penyebab Meningitis pada Bayi dan Anak, Waspadai yuk!
Penyebab meningitis ada pada bakteri dan virus yang sebenarnya ada dalam penyakit ringan pada tubuh kita. Sayangnya, bakteri dan virus itu berjalan menuju selaput otak..

Kamu mungkin pernah mendengar tentang penyakit ini. Meningitis adalah radang selaput otak yang bisa membahayakan nyawa penderita.

Penyakit meningitis telah merenggut nyawa Glenn Fredly pada 8 April 2020 lalu. Sebelumnya komedian terkenal Olga Syahputra juga meninggal karena penyakit ini seelag menjalani perawatan intensif selama lebih dari satu tahun.

Penyanyi Juwita Bahar dan Ashanty juga pernah mengidap penyakit ini. Selain itu, tokoh Hollywood seperti Victoria Beckam dan juga Bradd Pitt juga dikabarkan pernah terjangkkit penyakit meningitis.

Terlihat seram dan mudah terjangkit, tapi apa sih penyebab meningitis ini?

1 dari 4 halaman

Penyebab Meningitis

Penyebab Meningitis © Diadona

Dikutip dari WebMD, meningitis adalah infeksi langka yang menyerang membran halus yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Nggak cuman terjadi pada orang dewasa, anak-anak hingga bayi bisa terkena penyakit ini.

Ada beberapa penyebab meningitis, diantaranya bakteri, virus dan juga jamur.

Penyebab Meningitis berupa Bakteri

Meningitis karena bakteri bisa mengancam nyawa penderitanya dan bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Penyakit ini juga bsia menyebar antara orang yang melakukan kontak dekat.

Pada beberapa kasus, meningitis karena bakteri dimulai saat bakteri masuk ke dalam aliran darah dari sinus, telinga, atau tenggorokan. Bakteri ini berjalan melalui aliran darah menuju otak.

Meski begitu juga bisa lho bakteri penyebab meningitis tersbeut langung menyerang meninges. Penyebaran meningitis karena bakteri bisa terjadi saat orang yang terinfeksi mengalami batuk atau bersin.

Bakteri penyebab meningitis antara lain:

Streptococcus pneumoniae (pneumococcus)

Merupakan bakteri yang paling sering jadi penyebab meningitis. Bila ini terjadi biasanya kerap dikaitkan dengan infeksi bakteri lain dalam tubuh, misalnya pneumonia, sinusitis atau enokarditis. Untungnya ada vaksin yang bisa mencegah infeksi ini.

Neisseria meningitidis (meningococcus)

Bakteri ini adalah penyebab meningitis bakteri yang paling utama. Umumnya bakteri Neisseria meningitidis menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas.

Tapi saat bakteri masuk ke aliran darah, inilah yang kemudian jadi penyebab meningitis.

Infeksi oleh bakteri Neisseria meningitidis infeksi yang sangat menular menyerang remaja dan dewasa muda. Penularan bisa terjadi lewat air liur atau cairan pernapasan lainnya. Lagi-lagi, vaksin sudah terbukti dapat membantu pencegahan penyakit ini.

Listeria monocytogenes (listeria)

Bakteri penyebab meningitis ini biasanya terdapat pada keju yang tidak disterilisasi dengan baik. dan rentan menginfeksi mereka yang tidak punya kekebalan tubuh yang kuat, misalnya ibu hamil, bayi yang baru lahir dan orang yang tua.

Bakteri Listeri bisa melewati penghalang plasenta dan bila infeksi terjadi di akhir usia kehamilan maka bisa berakibat fatal.

Haemophilus influenza

Haemophilus influenza tipe B atau Hib adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan meningitis pada anak-anak. Selain meningitis, bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi pada darah, tenggorokan, kulit, dan sendi.

Staphylococcus aureus

Pernah mendengar nama bakteri ini? Sebenarnya bakteri Staphylococcus aureus umum terdapat pada kulit atau saluran pernapasan.

Gejalanya bisa mencangkup:

  • Kondisi mental yang berubah
  • Mual
  • Muntah
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Gampang marah
  • Demam
  • Panas dingin
  • Leher kaku
  • Area kulit berwarna ungu dan menyerupai memar
  • Ngantuk
  • Merasa lesu

Penyebab Meningitis berupa Virus

Meningitis yang disebabkab karena virus cenderung kurang parah. Kebanyakan orang bisa sembuh tanpa harus menjalani pengobatan.

Melansir Mayo Clinic, sebagain besar kasus meningitis yang terajdi di Amerika serikat, disebabkan karena sekelompok virus yang dikenal sebagai golongan enterovirus. Virus seperti virus herpes simpleks, HIV, gondong, virus West Nile dan lainnya juga dapat menyebabkan meningitis virus.

Dan ya, infeksi virus tersebut memang sering terjadi namun hanya sebagian kecil orang yang kemudian akan mengalami meningitis ini.

Meningitis Parasit

Dikutip dari laman Alodokter, ada parasit seperti Angiostrongylus cantonensis dan Baylisascaris procyonis jadi penyebab meningitis. Parasit tersebut umumnya ada di hasil bumi, kotoran, makanan, dan hewan seperti siput, unggas atau ikan.

Gimana bisa menginfeksi? Yakni ketika penderita mengonsumsi makanan tersebut atau melakukan aktivitas yang memungkinkan masuknya parasit penyebab meningitis.

Meningitis juga dapat dipicu oleh kondisi yang diderita pasien, seperti cedera kepala, kanker, dan lupus. Penggunaan obat-obatan tertentu atau pernah menjalani tindakan medis seperti operasi otak juga dapat memicu munculnya meningitis.

Penyebab Meningitis karena Jamur

Ini adalah penyebab meningitis yang langka dan hanya terjadi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang kurang, misalnya karena penyakit AIDS. Meningitis ini bisa berakibat fatal kalau nggak diobati dengan obat antijamur.

Sementara itu ada ada pula penyebab meningitis yang kurang umum, antara lain:

  • Kanker
  • Iritasi Zat Kimia
  • Jamur
  • Alergi Obat

2 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Meningitis pada Bayi

Penyebab Meningitis © Diadona

Bakteri Haemophilus influenzae tipe b (Hib)

Melansir Web MD, bakteri ini adalah penyebab meningitis yang paling umum pada bayi dan anak hingga tersedianya vaksin Hib.

Pada bayi baru lahir, kebanyakan penyebab meningitis yang mereka alami terjaid karena kelompok bakteri B strep, E.coli, dan yang palng jarang biasanya Listeria monocytogenes.

Bayi dengan penyakit meningitis biasanya punya gejala yang berbeda. Mereka bakalan rewel, nggak mau menyusu dan mengantuk atau sulit bangun. Mereka juga mungkin demam atau keberadaan titik lunak di kepala yang mengembang.

Gejala meningitis pada bayi juga bsia berupa:

  • Penyakit kuning
  • Kekakuan pada tubuh dan lejer
  • Suhu tubuh rendah
  • Lemah saat menyusu
  • Teriakan bernada tinggi

Meningitis pada bayi bisa muncul karena infeksi yang menyerang sang ibu di masa kehamilan.

3 dari 4 halaman

Penyebab Meningitis pada Anak

Penyebab Meningitis © Diadona

Penyebab meningitis pada anak biasanya berupa infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumococcus) and Neisseria meningitidis (meningococcus).

Gejala meningitis tergantung pada umur penderita dan penyebab meningitisnya. Pada anak, gejala pertama yang muncul biasanya berupa demam, muntah, mual, sakit kepala dan ngerasa nggak enak badan. Selanjutnya anak mungkin akan mengalami nyeri pada tungkai kulit pucat, dan tangan dan kaki yang dingin sering kali muncul lebih awal daripada ruam, leher kaku, tidak suka cahaya terang dan kebingungan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Meningitis dan Pencegahannya

Meningitis adalah © Diadona

Bakteri atau virus penyebab meningitis bisa menyebar melalui batuk, bersin, berciuman, atau berbagi peralatan makan, sikat gigi atau rokok. Maka untuk pencegahannya, lakukan hal berikut ini:

Cuci Tangan

Mencuci tangan dengan hati-hati membantu mencegah penyebaran kuman apapun.

Jaga Kebersihan

Jangan berbagi minuman , makanan, peralatan makan atau sikat gigi dengan orang lain.

Pertahankan Sistem Kekebalan Tubuh

Sukup istirahta, olahraga yang teratur dan makan makanan yang sehat dan juga bergizi.

Etika Bersin dan Batuk

Kalau kamus edang sakit, maka gunakan masker untuk menutup mulut dan hidung guna mencegah penyebaran cairan pernapasan.

Perhatikan Makanan saat Hamil

Ini wajib banget. Selain itu juga perhatikan pantangan makanan apa saj auntuk ibu hamil ya!

Vaksin

Beberapa vaksin bisa mencegah bakteri penyebab meningitis, seperti:

  • Haemophilus influenzae tipe b (Hib)
  • Vaksin konjugat pneumokokus (PCV13)
  • Vaksin polisakarida pneumokokus (PPSV23)
  • Vaksin konjugat meningokokus

Nggak diketahui apakah vaksin tersebut sudah masuk di indonesia atau belum. Namun biasanya karena nggak masuk dalam vaksin yang majib maka kamu harus mendapatkannya dari layanan kesehatan secara pribadi dan biasanya bisa diakses dengan harga yang lumayan mahal.

Penyebab meningitis karena infeksi bakteri yang gampang menular bisa diatasi dengan pencegahan berupa mencuci tangan, serta suntik vaksinasi meningitis.

Beri Komentar