Semakin Tua Lidah Jadi Kurang Peka Terhadap Rasa, Kenapa Gitu Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 28 Juli 2020 08:25
Semakin Tua Lidah Jadi Kurang Peka Terhadap Rasa, Kenapa Gitu Ya?
Seseorang yang sudah lanjut usia akan mengalami perubahan dalam menilai rasa.

Lidah merupakan kunci tama kita dapat merasakan makanan yang lezat. Lidah membuat kita dapat membedakan banyak rasa, asin, manis, gurih, pedas dan rasa-rasa lainnya.

Namun rasa yang terasa sebenarnya tidak muncul secara mandiri dari tekstur, rasa atau temperatur makanan itu sendiri lho. Ada juga faktor lain yang mempengaruhi, misalnya seperti aroma, tampilan visual bahkan suara yang muncul.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Orang TuaIlustrasi Orang Tua © 2020 shutterstock.com/imtmphoto

Oleh karena itu, jika kehilangan kekuatan satu indra terbukti dapat menurunkan rasa serta kenyamanan dalam mengonsumsi makanan. Akhirnya hal ini akan berdampak pada menurunnya nafsu makan dan kepuasan ketika makan.

Dilansir dari Medical Xpress, ternyata perubahan ini akan terjadi dan dialami ketika seseorang memasuki usia 60 tahun dan dapat bertambah parah di usia 70 tahun dan seiring bertambahnya umur.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Tua SakitIlustrasi Wanita Tua Sakit © 2019 https://www.diadona.id/elemental.medium.com

Perubahan rasa ini adalah perubahan struktural yang terjadi pada papilla rasa di lidah. Papila ini merupakan bagian yang bertugas untuk mengenali berbagai rasa.

Nah ketika memasuki lanjut usia, bagian ini akan berkurang kesensitifannya.

Selain itu, kemampuan lainnya seperti mengunyah dan adanya kehilangan gigi juga makin mempersulit lidah dalam merasakan makanan.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita TuaIlustrasi Wanita Tua © 2020 https://rawpixel.com/

Indra perasa juga akan makin kurang sensitif ketika tubuh sedang tak fit, terlebih bagi lansia yang memiliki penyakit. 

Jadi jika memasuki lanjut usia seseorang susah menentukan makanan lezat atau memiliki perubahan dalam pola makannya itu merupakan hal yang wajar terjadi ya.

Beri Komentar