9 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 26 Maret 2021 12:00
9 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan
Kira-kira manfaat telur ayam kampung dan telur ayam ras sama nggak, ya?

Seperti diketahui, ayam kampung dikenal sebagai salah satu jenis ayam yang paling banyak dikonsumsi selain ayam boiler. Selain itu, jenis ayam ini juga biasa dipelihara di rumah atau dibudidayakan.

Bahkan selain memiliki rasa yang lezat untuk dikonsumsi, ternyata jenis ayam ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Terutama pada telurnya. Yaps, manfaat telur ayam kampung dipercaya mampu menurunkan risiko sakit jantung!

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengani manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Telur Ayam Kampung

Manfaat Telur Ayam Kampung © Diadona

Sebelum membahas tentang manfaat kuning telur ayam kampung, mari kita ketahui terlebih dahulu karakteristik dari jenis telur ayam yang satu ini.

Karakteristik telur ayam kampung biasanya berwarna lebih putih daripada telur ayam biasa yang berwarna kecokelatan. Selain itu, ukuran telur ayam kampung juga lebih kecil, tapi harganya lebih mahal dibanding telur ayam ras.

Lantas, apa saja manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan? Berikut uraiannya.

1. Rendah Kolesterol

Telur dikenal dengan kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi, terutama pada kuningnya. Sehingga, hal inilah yang membuat orang was-was untuk mengonsumsi kuning telur. Namun, hal ini justru berbeda dengan telur ayam kampung, sebab manfaat telur ayam kampung dinilai lebih rendah kolesterol.

Pasalnya, rata-rata ayam biasa memiliki sekitar 423 miligram kolesterol per butir, sedangkan telur ayam kampung hanya mengandung rata-rata 277 miligram

2. Kaya Akan Vitamin D

Berdasarkan penelitian di tahun 2009, bahwa telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin D sekitar 3-6 kali lebih tinggi dibanding telur ayam biasa. Vitamin D sendiri merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi.

Sehingga dengan kaya akan vitamin D tersebut, manfaat telur ayam kampung dapat mengatur kalsium serta menjaga kadar fosfor di dalam darah yang merupakan faktor esensial pada kesehatan tulang.

Ohiya, vitamin D ini juga berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mengatur kadar insulin, lho.

2 dari 4 halaman

3. Mengandung Nutrisi Seimbang

Ilustrasi Kuning Telur Ayam Kampung © Diadona

Manfaat telur ayam kampung berikutnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang serta vitamin untuk tubuh. Hal ini karena setiap butir telur ayam kampung mengandung sekitar 70 miligram asam lemak omega-3, 6 gram protein, kaya akan lutein dan zeaxanthin, vitamin A, D, E, kolin, serta beta karoten.

Nah, dengan kombinasi berbagai nutrisi dan vitamin tersebutlah kuning telur bermanfaat untuk mendukung kesehatan sistem saraf, kulit, tulang, mata, fungsi memori, dll.

4. Tinggi Asam Lemak Omega-3

Sebagai informasi, bahwa kuning telur ternyata mengandung asam lemak rantai panjang esensial seperti omega 3. Nah, adanya asam lemak ini diperlukan untuk fungsi otak dan retina.

Selain itu, mengonsumsi kuning telur ayam kampung juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem reproduksi tubuh, menumbuhkan rambut yang sehat, serta respons tubuh terhadap cedera.

3 dari 4 halaman

5. Mendukung Kesehatan Hati

Ilustrasi Penyakit Hati © Diadona

Kolin merupakan senyawa organik yang larut dalam air dan bukan termasuk vitamin maupun mineral, melainkan makronutrien. Maka dari itu, makronutrien kolin di dalam telur ayam kampung inilah berperan untuk mendukung kesehatan liver.

Maka, apabila kamu kekurangan kadar kolin dalam tubuh, hal ini bisa menumpuk lemak dan kolesterol, hingga memicu penyakit hati berlemak. Sehingga, manfaat telur ayam kampung sangat baik untuk kesehatan liver.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat telur ayam kampung selanjutnya ialah dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena telur telur ayam kampung mengandung vitamin A, C, serta vitamin E dalam kadar tinggi.

Seperti diketahui, bahwa jenis-jenis vitamin ini ialah vitamin esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan kulit sehat dari dalam tubuh, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi telur ayam kampung.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tak cukup sampai di situ saja, menjaga daya tahan tubuh pun termasuk salah satu manfaat telur ayam kampung yang sayang untuk diabaikan. Bahkan, jenis telur ayam ini aja sering digunakan sebagai penambah stamina pada minuman atau makanan.

Kok bisa? Ya, ini dikarenakan adanya senyawa glikopeptida tersulfasi yang hadir dalam membran kuning telur. Senyawa ini bisa merangsang produksi makrofag yang merupakan sel-sel dalam sistem kekebalan untuk melindungi tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

4 dari 4 halaman

8. Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi Mata Panda © Diadona

Karotenoid dalam kuning telur terutama karotenoid lutein dan zeaxanthin ternyata sangat bermanfaat dalam mendukung kesehatan mata. Sehingga, manfaat kuning telur ayam kampung membantu memfokuskan cahaya dengan benar pada mata.

Bahkan, karotenoid pada telur ayam kampung juga dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula serta katarak yang berkaitan dengan usia, lho.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini dia kabar baik manfaat telur ayam kampung bagi pejuang diet. Yaps, kandungan Kandungan protein yang tinggi pada telur ayam kampung dipercaya bisa membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga hal ini sangat membantu kamu yang tengah menjalani program diet.

Akan tetapi, label telur ayam kampung atau ayam ras tidak menjamin keduanya bebas dari bakteri, terutama salmonella. Jadi, untuk mematikan organisme berbahaya ini, pastikan telur yang kamu konsumsi matang sempurna.

Itulah beberapa manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan yang bisa menambah wawasan mu dalam dunia kesehatan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar