Tatap Layar Seharian, Ini 5 Cara Cegah Nyeri Leher

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 19 Juli 2021 07:27
Tatap Layar Seharian, Ini 5 Cara Cegah Nyeri Leher
Kerja di rumah aja jadi bikin natap layar laptop atau komputer seharian penuh.

Pandemi masih belum berakhir. Hal ini membuat sebagian orang yang tadinya bekerja kantoran menjadi di rumah saja alias WFH. Ketika WFH ini berjalan, seringkali waktu bekerja jadi tidak menentu, alhasil bisa jadi bekerja seharian penuh.

Banyak orang yang mengeluh lehernya sakit nih ketika bekerja di depan layar laptop/komputer seharian penuh. Nah, melansir dari Hellosehat.com, ini 5 cara untuk mencegah leher sakit ketika kamu harus duduk seharian di layar.

 

1 dari 6 halaman

Kepala Tetap Lurus

Ilustrasi Wanita Bekerja © Diadona

Banyak di antara kita yang ketika berada di depan komputer, posisi kepala menekuk condong ke bawah. Posisi ini membuat leher jadi titik tumpu kepala, sehingga leher bisa kaku dan sakit jika dibiarkan selama berjam-jam.

Untuk itu, posisi kepala harus lurus dengan cara memposisikan layar komputer dan kedua mata sejajar. Alhasil, leher pun lurus, tidak menekuk.

 

2 dari 6 halaman

Duduk Rileks

Duduk seharian di depan komputer harus membuat dirimu nyaman. Hal ini untuk menghindari rasa kaku pada leher yang bakal berujung sakit. Jadi, usahakan mempunyai tempat duduk yang bisa jadi sandaran, agar tubuhmu bisa rileks dan tetap tegak. Sementara itu, siku dan tangan bertumpu pada meja, serta kedua kaki rata menyentuh lantai.

 

3 dari 6 halaman

Lakukan Perenggangan

Ilustrasi Stretching © Diadona

Sisihkanlah beberap waktumu sejenak dari pekerjaan. Kemudian, bangun dan berjalan-jalanlah di sekitar dalam rumah selama 30 menit. Lakukan perengganan ringan seperti ngulet agar tubuh tidak tegang, terutama di bagian leher.

4 dari 6 halaman

Gerakan Tubuh yang Benar

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan gimana posisi tubuhmu bergerak. Misalnya jika dipanggil seseorang, nih. Banyak orang yang pada akhirnya hanya memiringkan kepalanya saja, atau bahkan memiringkan posisi badannya dengan tidak tepat. Gerakan tubuh yang salah terutama pada gerakan pada leher bisa mengakibatkan bagian terkait jadi sakit.

 

5 dari 6 halaman

Minum Cukup Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Minum air putih yang cukup sebagai pekerja yang kerjanya di depan komputer terus sangatlah penting. Sebab hal tersebut bisa membantu menjaga bantalan tulang belakang tetap terhidrasi sebagai penopang tubuh.

Bantalan tulang belakang punya tekstur yang kenyal. Telaknya di antara ruas tulang belakang termasuk leher. Nah, sebagain besar bagian tubuh yang satu ini terdiri dari air.

 

Beri Komentar