8 Manfaat Kuning Telur Bebek untuk Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Fungsi Otak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 5 Maret 2021 12:14
8 Manfaat Kuning Telur Bebek untuk Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Fungsi Otak
Selama ini masih banyak yang kurang tahu apa saja manfaat kuning telur bebek. Padahal, khasiatnya cukup beragam lho, guys.

Sudah bukan rahasia lagi kalau telur bebek menjadi salah satu telur yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pasalnya, jika dibandingkan dengan telur lainnya, kandungan yang terdapat pada telur bebek jauh lebih tinggi dan lebih banyak daripada telur ayam.

Meski begitu, masih saja beberapa diantara kalian yang belum tahu apa manfaat telur bebek untuk kesehatan. Teutama pada kuning telurnya. Ya, walaupun kuning telur dikenal mengandung kadar kolesterol tinggi. Akan tetapi kuning telur juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Lalu, sebenarnya apa saja sih manfaat telur bebek bagi kesehatan? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kuning Telur Bebek

Manfaat Telur BebekManfaat Telur Bebek © shutterstock.com/Niphon26

Sebenarnya, manfaat kuning telur bebek tidak kalah dengan manfaat yang ada di kuning telur ayam. Hanya saja, secara ukuran kuning pada telur bebek memang berukuran lebih besar dibandingkan telur ayam, mungkin itulah mengapa kuning telur bebek memiliki beragam khasiat.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Menambah Massa Otot

Manfaat kuning telur bebek yang pertama ialah untuk menambah massa otot. Terutama bagi kalian yang hobi olahraga angkat beban untuk membentuk otot dalam jumlah besar di tubuh.

Pasalnya, kuning telur bebek sangat kaya akan asam amino yang berperan dalam proses peningkatan massa otot. Jadi, jika konsumsi kuning telur bebek hal ini akan membantu tubuh kamu agar lebih padat dan kencang.

Tapi, untuk jumlah konsumsi dari kuning telur bebek tersebut, ada baiknya konsultasikan dengan instruktur pribadi terlebih dahulu supaya tidak merugikan kondisi tubuh, ya.

2 dari 4 halaman

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi Mata PandaIlustrasi Mata Panda © Ashley Batz / Bustle

Manfaat telur bebek selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata, terutama pada kuningnya. Hal ini disebabkan kuning telur bebek memiliki kandungan karotenoid dan zeaxanthin yang berfungsi dalam membantu peningkatan kesehatan mata.

Selain itu, karotenoid sendiri nantinya akan berperan sebagai antioksidan pada mata yang bisa melindungi mata dari radikal bebas yang akan menurunkan resiko katarak, merusak retina, hingga degenerasi makula yang sering muncul saat usia lanjut.

3. Sebagai Sumber Energi

Tak hanya untuk menjaga kesehatan saja, ternyata manfaat telur bebek juga dipercaya sebagai sumber energi bagi tubuh lho, guys. Hal ini dikarenakan kuning telur bebek mengandung banyak jenis vitamin B yang tidak hanya memberi tambahan kalori yang mampu meningkatkan energi saja, namun juga bisa memberi dampak baik bagi kesehatan pencernaan, mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, hingga membantu tubuh mensintesa vitamin serta neurotransmitter di otak.

3 dari 4 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Sakit JantungIlustrasi Sakit Jantung © thestar.com.my

Mungkin manfaat kuning telur bebek yang satu ini sangat mungkin didapatkan kalau konsumsinya dalam jumlah yang tepat. Pasalnya, kuning telur bebek memiliki kandungan kolin yang berperan untuk menjaga fungsi kardiovaskular.

Bahkan dengan adanya kolin tersebut pada telur bebek terutama pada kuningnya, kaum hawa yang mengonsumsinya akan berisiko lebih rendah terkena kanker payudara.

5. Mendukung Produksi Sel Darah Merah

Ternyata kandungan vitamin B12 pada kuning telur bebek tergolong cukup tinggi lho, DiaZens. Bahkan 1 kuning telur hampir bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin ini. Ya, vitamin B12 yang terkandung pada kuning telur bebek memiliki peranan penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat.

Tak hanya itu saja, vitamin B12 juga berperan penting dalam proses produksi energi tubuh. Sehingga dengan konsumsi telur bebek, kebutuhan vitamin B12 kamu akan tercukupi dalam sehari yang diduga bisa memberikan tambahan energi untuk beraktivitas.

4 dari 4 halaman

6. Menjaga Kesehatan dan Fungsi otak

Ilustrasi otak perempuanIlustrasi otak perempuan © 2019 https://www.diadona.id / Steemit

Nampaknya manfaat telur bebek bagi tubuh manusia ini memang cukup banyak, terutama bagi kesehatan otak dan sistem saraf. Ya, nutrisi ini bisa melindungi kamu dari gangguan kognitif, seperti penyakit Alzheimer dan demensia di masa tua nanti.

Bahkan, manfaat kuning telur bebek ini pun bisa diperoleh ibu hamil dan janin yang dikandungnya, lho. Hal ini disebabkan kolin yang terkandung pada kuning telur bebek sangat bermanfaat bagi perkembangan otak janin yang sehat. Menarik, bukan?

7. Mencegah Cacat Lahir

Perlu diketahui, bahwa kuning telur bebek memiliki kandungan selenium sebagai selenoprotein yang bertindak sebagai antioksidan dan berperan pada proses pembelahan sel.

Selain itu, Selenium tersebut juga berfungsi untuk mencegah kerusakan kromosom yang bisa menjadi penyebab keguguran serta cacat lahir pada bayi. Bahkan selenium pada manfaat kuning telur juga bisa meningkatkan produksi dan kualitas sperma pria, lho!

8. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa kuning telur bebek memang mengandung banyak kolesterol. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan jika kolesterol dari kuning telur ternyata tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Justru, kuning telur bebek mengandung lesitin dan asam oleat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat lho, sehingga tubuh pun akan terhindar dari penyakit, seperti penyakit stroke, jantung, atau penyakit arteri perifer. Namun, konsumsi kuning telur bebek tetap harus dibatasi, ya.

Nah, itulah beberapa manfaat telur bebek untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Ohiya, sebelum mengonsumsi telur bebek untuk merasakan manfaat kuning telurnya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, guys.

Beri Komentar