9 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin N
Rabu, 7 April 2021 17:08
9 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Ibu Hamil
Daging kambing merupakan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari dan tinggi protein!

Manfaat Daging Kambing kaya akan kandungan vitamin B12 yang dapat membuat kulit menjadi sehat. Daging kambing merupakan daging merah yang paling banyak dikonsumsi dan dijadikan makanan pokok sehari-hari. Selain rasanya yang unik, daging kambing juga memiliki berbagai manfaat yang bisa ditawarkan untuk kesehatan. Apa saja itu?

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Daging Kambing buat Ibu Hamil

Manfaat Daging KambingManfaat Daging Kambing © 2021 drobotden on freepik

Ibu hamil tentunya membutuhkan nutrisi empat sehat lima sempurna untuk bakal bayi di dalam kandungannya. Kambing memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi. Apa saja manfaatnya?

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat daging kambing untuk ibu hamil adalah untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Daging kambing kaya akan kandungan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin ibu dan meningkatkan suplai darah ke bayi karena mengandung zat besi dalam jumlah tinggi

Mengurangi Risiko Cacat Bayi

Manfaat daging kambing selanjutnya buat ibu hamil adalah mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Daging kambing memiliki kandungan dengan beraneka ragam gizi di dalamnya. Sehingga, dengan memasukkan daging kambing ke dalam menu makanan harian, risiko terjadinya hal-hal buruk terhadap janin akan berkurang. Selain itu daging kambing juga berfungsi membantu buat ibu hamil pemulihan karena mengandung zat besi yang tinggi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daging kambing tinggi dengan kandungan zinc yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh meningkat. Di mana hal itu akan sangat menguntungkan janin yang sedang dikandung. Zinc juga membantu untuk memastikan pertumbuhan bayi kamu sehat seutuhnya. Selain itu, manfaat daging kambing adalah tingginya asam folat yang mampu mencegah cacat lahir.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan

Manfaat Daging KambingManfaat Daging Kambing © 2021 Isantilli on freepik

Sebagai Protein untuk Tubuh 

Manfaat daging kambing untuk kesehatan adalah proteinnya.  Protein dikatakan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh seseorang secara keseluruhan dan perbaikan jaringan tubuh yang kaya akan antioksidan dan asam amino esensial. 

Pembentukan Jaringan dan Metabolisme Tubuh

Manfaat daging kambing untuk kesehatan ternyata kaya akan zat besi, seng, dan selenium. Sementara zat besi membantu dalam pembentukan hemoglobin yang mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh Anda, seng membantu dalam pembentukan jaringan dan metabolisme serta selenium memecah lemak dan bahan kimia di dalam tubuh.

Sumber Vitamin Tubuh

Vitamin merupakan bagian penting juga untuk dikonsumsi oleh kesehatan tubuh. Manfaat daging kambing sendiri meningkatkan penglihatan yang baik, gigi dan tulang yang lebih kuat, tetapi juga mendukung sistem saraf pusat sehingga meningkatkan kesehatan mental. Manfaat besar lainnya dari makan daging adalah menjaga kesehatan kulit Anda.

3 dari 3 halaman

Kandungan dan Manfaat Daging Kambing

Manfaat Daging KambingManfaat Daging Kambing © 2021 Stockking on Freepik

Daging kambing merupakan alternatif protein selain dari daging sapi dan ayam. Daging kambing memiliki total kalori dan lemak yang lebih rendah. Berikut ini adalah kandungan dari daging kambing :

Kalori dan Lemak

Kandungan satu porsi kambing seberat 3 ons memiliki 122 kalori yang mana lebih sedikit daripada daging sapi dan ayam.  Dalam hal lemak, kambing jauh lebih ramping daripada daging lain yang lebih banyak tersedia. Manfaat dari daging kambing satu porsi menyediakan hanya 4 persen dari nilai harian total lemak kamu, berdasarkan diet 2.000 kalori.

Lemak jenuh

Manfaat daging kambing sebanyak 0,79 gram lemak jenuh bisa berfungsi sebagai alternatif penyehat jantung yang lebih rendah dari daging sapi dan ayam. Harvard School of Public Health merekomendasikan untuk menghindari daging merah atau hanya memilih potongan yang paling ramping, karena daging merah terkenal tinggi lemak jenuhnya, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan berkontribusi pada penyakit jantung

Kolesterol dan Zat Besi

Jika Anda sedang memperhatikan kadar kolesterol Anda yang sangat penting, daging kambing dapat kembali menjadi alternatif bergizi untuk daging lainnya. Makan daging kambing tidak akan membuat kamu  mengorbankan komponen darah yang penting seperti zat besi.

Protein

Manfaat daging kambing sebagai sumber protein lengkap, dengan kandungan  protein yang mengandung delapan asam amino yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Banyak orang berjuang untuk menyeimbangkan protein tinggi daging dan kandungan lemak tinggi. Kandungan 23 gram protein kambing per porsi sebanding dengan 25 gram dalam satu porsi daging sapi dan ayam, yang berarti kamu tidak perlu mengorbankan sumber protein utama. 

Jadi, manfaat daging kambing tentunya bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein kamu. Hanya saja jika terlalu berlebihan mengkonsumsi daging kambing juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu, ya, Diazen!

Beri Komentar