8 Penyebab Biduran di Malam Hari pada Anak dan Orang Dewasa serta Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 17 Juli 2020 01:05
8 Penyebab Biduran di Malam Hari pada Anak dan Orang Dewasa serta Cara Mengatasinya
Penyeba biduran umumnya karena alergi. Tapi alerginya nggak cuman karena makanan aja lho!

Penyebab biduran seringkali diklasifikasikan sebagai idiopatik, yang artinya nggak diketahui. Tapi sebenarnya ada beberapa kemungkinan kenapa gatal-gatal bisa menyerang.

Biduran dalam istilah medis disebut dengan urtikaria atau hives, adalah kondisi di mana kulit terasa gatal, bentol, dan berwarna merah. Ini terjadi sebagai reaksi alergi pada kulit. Biduran bisa bervariasi dari lokasi hinggga ukurannya, kadang hilang dan kambuh dengan sendirinya.

Biduran bisa muncul di mana aja di bagian tubuh, termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan atau telinga. Ukurannya bisa bervariasi dan bertahan hingga berjam-jam atau bisa satu hari sebelum memudar. Seringkali, penyebab biduran nggak bisa dijelaskan.

Biduran emang bikin nggak nyaman, mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari. Bagi banyak orang, biduran ini bisa sedikit diringankan dengan konsumsi antihistamin atau obat gatal.

Secara umum, penyebab biduran adalah ketika tubuh bereaksi terhadap alergen kemudian melepaskan hitamin dan bahan kimia lainnya dari bawah permukaan kulit. Histamin adalah bahan kimia yang dilepaskan dari sel-sel khusus di sepanjang pembuluh darah kulit saat tubuh mengalami alergi. Ini adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Histamin dan bahan kimia tersebut menyebabkan peradangan dan cairan menumpuk di bawah kulit, menyebabkan bentol-bentol.

1 dari 4 halaman

Penyebab Biduran di Malam Hari

Penyebab BiduranPenyebab Biduran © 2020 shutterstock.com/namtipStudio

Secara umum sebenarnya biduran memang paling sering muncul di malam hari atau dini hari setelah bangun tidur. Ini bakalan mengganggu aktivitas tidur. Penyebabnya biduran ini bisa berkisar antara penyebab alami hingga masalah kesehatan yang lebih serius.

Diantara penyebab biduran antara lain:

Paparan Suhu Dingin

Pada sebagian orang, mekanisme alami tubuh bisa jadi penyebab biduran di malam hari.

Begini, waktu bakalan mempengaruhi fungsi kulit seperti pengaturan suhu, keseimbangan cairan dan perlindungan. Nah, fungsi ini bakalan berubah di malam hari. Contohnya nih suhu tubuh dan aliran darah ke kulit baklana meningkat pada malam hari untuk menghangatkan kulit. Peningkatan suhu ini bisa membau kulit gatal dan jadi penyebab biduran.

Pelepasan Zat Tubuh

Pelepasan zat pada tubuh akan bervariasi tergantung pada waktu. Misalnya di malam hari, tubuh bakalan lebih banyak melepaskan zat sitokin yang meningkatkan peradangan. Sementara produksi kortikosteroid - hormon yang mengurangi peradangan - melambat.

Kehilangan Kelembaban

Di malam hari kulit kehilangan lebih bnayak air. Seperti yang kamu tahu kalau kulit kering adalah salah satu penyebab biduran.

Biduran cenderung terasa tajam di malam hari karena saat siang biasanya orang teralihkan oleh aktivitas mereka. Sedangkan saat malam hari, orang bisa lebih fokus kepada rasa gatal yang mereka rasakan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Biduran pada Anak

Penyebab BiduranPenyebab Biduran © 2020 shutterstock.com/Levent Konuk

Penyebab biduran pada anak biasanya karena reaksi alergi dari makanan atau minum obat-obatan tertentu. Mungkin karena masih anak-anak jadi masih belum tahu nih kalau mereka punya alergi pada suatu bahan pangan. Tapi dalam banyak kasus, penyebabnya masih belum diketahui.

Namun penyebab biduran pada anak secara umum antara lain:

Makanan

Makanan yang paling umum menyebabkan reaksi alergi dan jadi penyebab biduran antara lain kacang-kacangan, coklatn, ikan, tomat, telur, atau susu. Dan tahu nggak sih kalau makanan yang tidak dimasak menyebbakan biduran lebih sering ketimbang makanan yang dimasak.

Tapi selian itu penyebab biduran juga bisa karena pengawet makanan atau bahan aditif.

Obat-Obatan

Obat-obatan juga bisa jadi penyebab biduran, antara lain aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya seperti ibuprofen , obat tekanan darah tinggi ( penghambat ACE ), atau obat penghilang rasa sakit seperti kodein.

3 dari 4 halaman

Penyebab Biduran pada Orang Dewasa

Penyebab BiduranPenyebab Biduran © 2020 shutterstock.com/Arlee.P

Secara umum penyebab biduran adalah karena kondisi imun dalam tubuh. Makanya biduran nggak bisa ditularkan ke orang lain. Kecuali nih gatal-gatal yang dialami adalah gejala dari penyakit yang menular

Gigitan Serangga

Dikutip dari laman Halodoc, serangga menggigit kulit manusia lalu menyuntikkan asam format. Kulit manusia bakalan merespon alergi tersebut yang menjadi penyebab biduran.

Tekanan pada Kulit

Termasuk karena memakai pakaian ketat atau berdiri terlalu lama. Bentuk bidurannya biasanya terlokalisasi, berwarna merah, gatal, dan mungkin sedikit sakir.

Paparan Sinar UV

Bila biduran terjadi setelah paparan dengan sinar UV, maka itulah kemungkinan penyebab biduran. Ruam ini bakalan sangat gatal terus terlihat merah banget dan terasa hangat. Kalau biduran ini menyebar luas, penderita bsia mengalami pingsan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Biduran dan Cara Mengatasinya

Seringkali penyebab biduran nggak diketahui dan ini bikin frustasi banget ya kan? Maka untuk mencegahnya biasanya orang bakalan mengubah pola makan, berganti sabun atau detergen.

Antihistamin

Konsumsi antihistamin seperti seperti cetirizine atau fexofenadine, membantu dengan memblokir efek histamin dan mengurangi ruam dan menghentikan rasa gatal. Kamu bisa membelinya secara online atau banyak tersedia di apotek dengan berbagai merk.

Sementara kalau biduran ini parah dan kronis, nggak ada salahnya datang ke dokter spesialis untuk tahu apa sih penyebab biduran yang mengganggu ini.

Penyebab biduran yang sudah diketahui bakalan memudahkan banget untuk menghindarinya di kemudian hari.

Beri Komentar