12 Penyebab Bisul pada Ketiak dari Makanan hingga Kebersihan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 13 Juli 2020 15:44
12 Penyebab Bisul pada Ketiak dari Makanan hingga Kebersihan
Ada beragam penyebab bisul, mulai dari pola kebersihan sampai karena makanan yang dikonsumi. Ada yang jadi kebiasaanmu?

Penyebab bisul sering disebut karena teralu banyak makan telur, atau ada yang bilang karena menduduki bantal. Ini salah kapah banget!

Bisul adalah benjolan pada kulit yang berisi nanah. Nanah ini terletak di bawah kulit akibat infeksi bakteri.

Pada awalnya, kulit haya terlihat berwarna merah di daerah yang terinfeksi, lalu muncul benjolan lembut. Setelah empat sampai tujuh hari, benjolan tersbeut kemudian berwana putih. Ini karena nanah mulai berkumpul di awah kulit.

Bisul bisa muncul di mana aja, tapi yang paling umum berada di wajah, leher, ketiak, bagu atau bohong. Nah bisul juga bisa muncul di kelopak mata dan sering kita sebut dengan bintitan.

Banyak yang bilang kalau bisul disebabkan karena makanan. Tapi, benarkan selalu demikian? simak ulasan Diadona kali ini yuk!

1 dari 4 halaman

Apa Penyebab Bisul?

Penyebab Bisul © Diadona

Jadi apa sih sebenarnya penyebab bisul itu? Secara umum, penyebab bisul adalah karena infeksi bakteri terutama bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini kebanyakan ditemukan di kulit dan di bawah dalam hidung.

Secara umum bakteri ini nggak berbahaya dan memang menghuni kulit. Tapi keberadannya bisa menimbulkan infeksi dari ringan hingga berat, terutama kalau memperoleh akses ke jaringan yang lebuh dalam.

Dikutip dari Web MD, bakteri bisa masuk ke tubuh melalui luka kecil di kulit atau juga bisa lewat folikel rambut. Selanjutnya sistem kekebalan tubuh bakalan merespon dengan mengirimkan sel darah putih untuk melawan bakteri tersebut. Penumpukan sel darah putih, bakteri mati dan kulit akan membentuk nanah. Area ini bakalan jadi merah dan membesar, trus bertambah besar seiring bertambahnya jumlah nanah di dalamnya.

Infeksi ini lebih rawan terjadi saat seseorang berada dalam kondisi berikut:

Kontak dengan Penderita Bisul

Bisul sebenarnya nggak menular. Hanya saja infeksi di dalam bisul yang terdiri dari bakteri ini bisa menular bila kontak dengan orang lain.

Diabetes

Diabetes nggak jadi penyebab bisul secara langsung. Hanya aja perubahan kadar gula dalam darah bisa emmbuat kulit jadi lebih rentan terkena infeksi bakteri dan jamur. Penyakit ini bisa menyulitkan tubuh untuk melawan infeksi bakteri penyebab bisul.

Untuk seseorang yang menderita penyakit diabetes, disarankan untuk menjaga kebersihan kulit untuk pencegahan bisul.

Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Seperti halnya penyebab penyakit lain, seseorang lebih mudah terkena infeksi yang jadi penyebab bisul saat kekebalan tubuh terganggu.

Kondisi Kulit Lainnya

Kondisi kulit tertentu bisa merusak pelindung kulit, seperti misalnya jerawat dan juga eksim. akibatnya kulit jadi rentan terkena infeksi bakteri penyebab bisul.

Gizi Buruk

Apa hubungannya gizi yang buruk dengan penyebab bisul? Saat nutrisi yang didapatkan tubuh nggak memadai, maka bisa mengurangi kekebalan alami seseorang. Akibatnya tubuh jaid rentan terkena infeksi terutama infeksi bakteri bisul.

Kurang Menjaga Kebersihan

Keringat dan sel-sel kulit mati dalam lipatan tubuh, seperti ketiak, adalah rumah alami yang nyaman banget untuk bakteri penyebab bisul.

2 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Bisul

Penyebab Bisul © Diadona

Melansir dari livestrong, secara umum penyebab bisul adalah karena adanya infeksi bakteri. Namun kondisinya bisa lebih parah karena konsumsi berlebihan makanan berikut:

Gula

Gula adalah makanan yang mengandung indeks glikemiks yang tinggi, dan makanan jenis ini diketahui dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah dengan cepat. Kondisi ini akan mendorong produksi insulin.

Para penelitian berteori bahwa aliran insulin dan hormon lainnya akan merangsang produksi minyak dan berkontribusi sebagai penyebab bisul.

Susu

Sebagian besar orang menyebut kalau susu adalah penyebab bisul. Bisa jadi.

Susu sapi dianggap dapat meningkatkan hormon anabolik dan insulin. Hormon tipe ini sering digunakan atlet dan binaragawan untuk jaid lebih berotot, misalnya hormon androgen yang memberikan erefk negatif pada kulit, dan sering disebut berkontribusi sebagai penyebab bisul.

Karbohidrat dengan Kadar Glikemik Tinggi

Sekali lagi, karbohidrat yang mengandung indeks glikemik tinggi dapat berperan sebagai penyebab bisul. Ini terjadi karena lonjakan insulin menyebabkan minyak berlebih di kulit.

Makanan Berlemak

Lemak jenuh dan minyak nabati olahan dapat meningkatkan hormon pertumbuhan yang mriip insulin, yang bisa merangsang dan menggelmbungkan folikel penyebab bisul.

Namun di sisi lain, lemak omega-3 dari minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menenangkan kulit.

Lalu apakah telur adalah penyebab bisul? Anggapan ini mungkin karena keberadaan kandungan lemak di dalam telur yang sangat baik untuk tubuh. Hanya saja bila jumlahnya berlebih tentu nggak baik untuk tubuh, kan?

3 dari 4 halaman

Penyebab Bisul di Ketiak

Penyebab Bisul © Diadona

Sementara itu, penyebab bisul di bawah ketiak terjadi ketika folikel rambut terinfeksi. Dikutip dari Healthline, infeksi ini bsia terjadi karena:

Keringat Berlebihan

Saat kamu berkeringat lebih karena cuaca atau aktivitas fisik, maka segera membersihkan diri dengan benar. Keringat bisa jadi sarang yang nyamann untuk bakteri penyebab bisul.

Bercukur

Ketiak adalah tempat keringat dan kulit mati yang menumpuk. Saat ketiak dicukur, maka secara nggak sengaja udah menciptakan celah di kulit yang memungkinkan bakteri buat masuk. Akibatnya, infeksi bakteri penyeab bisul lebih mungkin terjadi.

4 dari 4 halaman

Penyebab Bisul pada Bayi

ilustrasi bayi © Diadona

Bisul pada bayi memiliki penyebab yang kurang lebih sama pada orang dewasa. Namun saat bayi terkena bisul, orang tua harus memberikan pengawasan berlebih di area tersebut karena bisul bisa mduah menyebar ke bagian kulit lain bayi. Ditambah infeksi tersebut juga sangat mungkin menjangkit kulit orang lain yang kontak dengan bayi.

Bisul bisa muncul di muncul di wajah, punggung, leher, bahu, paha, dan bokong. Dalam beberapa kasus, bayi mungkin mengalami demam juga. Panas bisul pada bayi dapat disembuhkan dengan menggunakan pengobatan rumah.

Penyebab bisul bisa banget dihindari dengan perubahan gaya hdiup sehari-hari. Meskipun nggak berbahaya, tapi bisul bisa nyeri banget. Tapi tenang aja kok karena bisul bisa mengempis dengan sendirinya dalam waktu yang singkat.

 

Beri Komentar