8 Makanan Penyebab Vertigo Kambuh yang Harus Kamu Hindari!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 13 Juli 2020 08:07
8 Makanan Penyebab Vertigo Kambuh yang Harus Kamu Hindari!
Hati-hati ya guys, makanan ini bisa menjadi penyebab vertigo kambuh!

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab vertigo kambuh, salah satunya dari makanan yang kita konsumsi. Deretan makanan ini pantang banget dimakan oleh yang menderita vertigo. Secara umum, vertigo sendiri merupakan gejala merasa diri sendiri atau di sekelilingnya berputar-putar.

Vertigo ini menyerang secara tiba-tiba dan berbeda. Ada yang gejalanya ringan, ada pula yang parah. Nah, biasanya dimulai dengan serangan pusing secara berkala. Kalau sudah begini, kamu wajib deh menghindari makanan-makanan yang bisa menjadi penyebab vertigo kambuh ini.

1 dari 5 halaman

Makanan Penyebab Vertigo Kambuh

Ilustrasi Garam Laut © Diadona
Nggak hanya dari kebiasaan yang kurang tepat, ada juga makanan penyebab vertigo kambuh yang perlu kamu hindari, yaitu:

Makanan dan Minuman dengan Garam Berlebih


Sudah seharusnya kita mengatur pola makan kita guys. Makanan atau minuman dengan kandungan garam yang berlebih bisa menjadi penyebab vertigo kambuh loh! Soalnya, kalau garam dikonsumsi berlebih bisa memengaruhi kadar air dalam tubuh.

Nah, garam ini bisa menumpuk di aliran darah yang menyebabkan penyempitan. Sehingga terjadi tekanan darah kaarena nggak lancar. Hal ini juga bisa mengurangi asupan darah yang kaya oksigen untuk otak sehingga muncul vertigo.

Makanan yang tinggi garam ini membuat air tertahan dalam tubuh dan berlebihan sehingga memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan. Contoh jenis makanannya adalah makanan kaleng, makanan siap saji, mi instan, snack dan makanan olahan lainnya.

Makanan dan Minuman dengan Gula Berlebih


Selain garam, makanan atau minuman dengan kadar gula berlebih juga jadi penyebab vertigo kambuh. Eits.. tapi bukan berarti kamu nggak mengonsumsi gula sama sekali ya. Soalnya kalau kurang gula malah buat tubuh jadi lemas.

Sebaiknya, konsumsi gula secukupnya atau bisa mengganti jenis gulanya. Misalnya mengganti konsumsi nasi putih jadi nasi merah, gula putih jadi gula merah atau stevia.

2 dari 5 halaman

Makanan Bersantan

Ilustrasi Gulai Kambing © Diadona
Santan yang dari olahan kepala ini punya kandungan kolesterol yang tinggi loh! Itu kenapa kalau kamu menderita vertigo dan mengonsumsi santan bisa pusing dan mual. Hindari makanan atau minuma bersantan seperti rendang, es dawet, gulai atau kue tradisional yang bersantan.

Kafein


Yap, makanan atau minuman yang mengandung kafein juga sebaiknya kamu hindari nih! Soalnya makanan atau minuman seperti kopi, teh atau cokelat ini menyebabkan sensasi dengung di telinga yang lebih besar.

Selain itu, kandungan kafein ini juga memiliki sifat diuretic yang mana menyebabkan tubuh kehilangan cairan melalui urine dalam jumlah besar.

3 dari 5 halaman

Alkohol

Minuman beralkohol © Diadona
Selain kafein, makanan atau minuman beralkohol juga perlu kamu hindari guys. Soalnya alkohol juga nggak kalah berpotensi menjadi penyebab vertigo kambuh. Alkohol ini memengaruhi komposisi cairan dalam telinga dan membuat kepala jadi sangat pusing.

Selain itu, alkohol juga membuat tubuh dehidrasi dan membuat metabolit berbahaya buat telinga dan otak bagian dalam.

Biji-Bijian


Meski sehat dan kaya nutrisi, biji-bijian yang enak untuk menjadi camilan ini juga bisa menjadi penyebab vertigo kambuh. Sebab, biji-bijian mengandung zat tyramine yang merupakan jenis zat asam amino tirosin.

Menurut seorang ahli di National Headache Foundation dalam The Wall Street Journal, zat ini memicu rasa sakit di kepala dan biasa ditemui pada makanan dengan kandungan protein.

4 dari 5 halaman

Daging

Ilustrasi Daging © Diadona
Yap, makanan berprotein mengandung zat tyramine yang menyebabkan sakit kepala. Otomatis, daging juga perlu dihindari buat kamu yang menderita vertigo nih! Baik pada daging putih maupun daging merah kandungan proteinnya sama besarnya loh!

Keju


Selain biji-bijian dan daging, keju juga memiliki kandungan protein yang terdapat zat tyramine-nya guys. Bahkan nggak kalah tinggi loh protein pada keju dengan daging. Coba kurangi keju untuk menghindari vertigo kambuh ya!

5 dari 5 halaman

Penyebab Vertigo Kambuh Lagi

Penyebab Vertigo Sering Kambuh © Diadona
Selain deretan makanan di atas yang perlu kamu hindari dan batasi konsumsinya, ada penyebab vertigo kambuh lagi yang utama. Adanya gangguan pada telinga dalam bisa memicu keseimbangan tubuh dan menyebabkan vertigo. Adapun alasan lain yang menjadi penyebab vertigo kambuh, diantaranya:

1. Perubahan posisi kepala tertentu. Bisa juga karena menghindari gerakan kepala secara tiba-tiba.

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bisa membuat kerusakan pada telinga.

3. Mengalami trauma atau luka pada kepala dan leher.

4. Menderita vestibular neuroniti atau inflamasi saraf vestibular di telinga bagian dalam.

5. Mengalami migrain atau sakit kepala yang parah.

6. Menderita meniere, yaitu gangguan yang menyerang telinga bagian dalam.

7. Mengalami gangguan pada otak, seperti tumor.

8. Stroke.

Jadi, itu tadi guys makanan penyebab vertigo kambuh dan alasan lain sebagai pemicunya. Yuk, dikontrol pola makannya!

Beri Komentar