15 Penyebab Vertigo Sering Kambuh dan Cara Pengobatannya

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 30 April 2020 15:53
15 Penyebab Vertigo Sering Kambuh dan Cara Pengobatannya
Kenali penyebab vertigo yuk, biar bisa mencegahnya!

Penyebab vertigo ada beberapa macam, sama halnya dengan yang dirasakan. Umumnya, gejala vertigo adalah merasa diri sendiri atau sekeliling berputar-putar. Vertigo juga datang tiba-tiba dengan serangan yang berbeda, ada yang ringan dan parah.

Biasanya vertigo menyerang mulai dari pusing ringan dan akan berkala. Jika vertigo sudah parah, durasi sakitnya juga semakin lama bahkan bisa sampai berhari-hari. Mengganggu aktivitas banget ya?

1 dari 6 halaman

Penyebab Vertigo Kambuh

Penyebab Vertigo Sering KambuhPenyebab Vertigo Sering Kambuh © Unsplash/ pwign
Penyebab vertigo yang utama karena ada gangguan pada telinga bagian dalam. Hal ini bisa memicu keseimbangan tubuh. Tapi ada alasan lain yang jadi penyebab vertigo.

1. Mengalami migrain atau sakit kepala yang parah.

2. Menderita meniere, yaitu gangguan yang menyerang telinga bagian dalam.

3. Menderita vestibular neuroniti atau inflamasi saraf vestibular pada telinga bagian dalam.

4. Perubahan posisi kepala tertentu. Bisa juga dengan menghindari gerakan kepala secara tiba-tiba.

5. Stroke

6. Gangguan pada otak, misalnya tumor.

7. Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan pada telinga.

8. Mengalami trauma atau luka di kepala dan leher.

2 dari 6 halaman

Penyebab Vertigo Sering KambuhPenyebab Vertigo Sering Kambuh © Pinterest/ refinery29

Vertigo tidak hanya menyebakan merasa pusing, tapi juga mual, muntah bahkan sampai kehilangan pendengaran. Hal-hal tersebut juga bisa disebabkan faktor lain. Kebiasaan hidup seperti di bawah ini bisa jadi penyebab vertigo.

1. Langsung bangkit saat baru bangun tidur

Terdengar sepela ya? Padahal langsung bangkit saat bangun tidur bisa jadi pemicu penyebab vertigo, loh! Sebab, saat tidur posisi tubuh relaks, kalau kita menggerakkan secara mendadakn akan terjadi kekakuan pada otot.

Selain itu langsung bangkit bisa memengaruhi aliran darah menuju otak dan bisa membuat kepala pusing berputar-putar. Biasakan melakukan peregangan terlebih dulu untuk menghindari penyebab vertigo yang simple ini.

2. Merokok


Semua orang pasti tahu kalau merokok bukanlah gaya hidup sehat. Gak hanya penyakit jantung, paru-paru maupun liver, tapi kebiasaan merokok juga bisa jadi penyebab vertigo.

Menurut studi dalam jurnal US National Library of Medicine - National Instutes of Health, rokok menjadi penyebab vertigo. Bahkan perawatan vertigo tidak efektif untuk pasien yang merokok.

3 dari 6 halaman

3. Mengonsumsi Kafein

Penyebab Vertigo Sering KambuhPenyebab Vertigo Sering Kambuh © Unsplash/ johnschno
Pecinta kopi dan teh serta minuman berkafein lainnya ada baiknya untuk mulai mengurangi mengonsumsi. Sebab, minuman berkafein menurut penelitian Nutritional Neuroscience di 2018 lalu, bisa memicu dengingan di telinga. Hal inilah yang jadi memperparah vertigo.

Selain itu kafein juga memiliki sifat diuretik yang memicu tubuh teru-terusan mengeluarkan cairan. Kondisi ini menyebabkan dehidrasi dan gejala vertigo semakin parah.

4. Mengonsumsi Minuman Berakohol


Nggak jauh beda dengan minuman kafein, alkoho juga memicu penyebab vertigo. Sebab alkohol memengaruhi kompisisi cairan di telinga dan bisa memperburuk rasa pusing penderita vertigo.

Alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat metabolit berbahaya bagi tubuh. Seram kan? Makanya mending jauh-jauh dari alkohol deh!

4 dari 6 halaman

5. Mengonsumsi Gula dan Garam Berlebih

Penyebab Vertigo Sering KambuhPenyebab Vertigo Sering Kambuh © Unsplash/ sharonmccutcheon
Makanan dan minuman juga harus kita atur. Makanan atau minuman yang mengandung gula dan garam berlebih bisa memengaruhi kadar air dalam tubuh.

Saat garam dikonsumsi berlebihan akan menumpuk dalam aliran darah sehingga mengalami penyempitan. Hal inilah yang bisa meningkatkan tekanan darah. Aliran darah yang nggak lancar bisa mengurangi asupan darah yang kaya oksigen ke otak dan memicu penyakit vertigo.

6. Sering Berada di Ketinggian


Tahu nggak, sistem keseimbangan seseorang bisa terganggu saat berada di lingkungan tertentu, ketinggian misalnya. Soalnya, daerah yang tinggi memiliki kadar oksigen yang rendah. Kalau oksigen kurang untuk otak maka berimbas ke keseimbang tubuh. Makanya ada beberapa orang yang merasa berputar-putar saat berada di ketinggian.

7. Makan Keju dan Daging Berlebihan


Menurut salah seorang ahli di National Headache Foundation dalam The Wall Street Journal, kandungan asam amino tyramine dalam daging dan keju bisa memicu sakit kepala termasuk vertigo.

Ada juga makanan lainnya yang bisa jadi penyebab vertigo kambuh, seperti pepperoni, salami dan sosis. Sebaiknya makan daging ikan segar, tahu dan kedelai untuk penuhi asupan gizi buat tubuh.

5 dari 6 halaman

Penyebab Vertigo dan Pengobatannya

Penyebab Vertigo Sering KambuhPenyebab Vertigo Sering Kambuh © bostonmagazine
Sebelum melakukan pengobatan, ada baiknya kita mencegah mengalami vertigo.

1. Jangan bergerak secara tiba-tiba agar tidak terjatuh dan otot tegang.

2. Batasi penggunaan garam dalam sehari-hari.

3. Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok atau tubuh membungkuk.

4. Kenali peyebab vertigo dan lakukan latihan yang bisa memicu vertigo. Dengan bantuan orang lain, otak akan terbiasa dan bisa mengurangi frekuensi kambuhnya vertigo.

6 dari 6 halaman

Penyebab Vertigo Sering KambuhPenyebab Vertigo Sering Kambuh © eu.clipdealer

Cara mengobati jika sudah menderita vertigo bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Segera duduk jika vertigo datang menyerang tiba-tiba.

2. Gerakkan kepala secara perlahan.

3. Menggunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur lebih tinggi.

4. Melakukan pijatan ringan di area sekitar kepala.

5. Minum teh jahe

6. Mengonsumsi kacang almond.

7. Meminum campuran cuka apel dengan madu.

Itu tadi 15 penyebab vertigo sering kambuh yang perlu kita tahu agar mudah menanganinya. Jika keadaan belum membaik, segera pergi ke dokter.

Beri Komentar