7 Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 1 Juli 2020 21:11
7 Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya
Tahu nggak sih, faktor-faktor di bawah ini bisa menjadi penyebab sperma encer loh!

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab sperma encer. Biasanya keadaan sperma encer ini sering disangkut pautkan dengan tanda ketidaksuburan. Padahal yang dimaksud sperma encer tidak begitu loh guys!

Maksud dari sperma atau air mani encer adalah teksturnya yang lebih berair dan tidak kental. Air mani ini adalah cairan berwarna putih yang keluar dari penis saat ejakulasi. Nah, dalam setiap tetesnya ada jutaan sel sperma yang dihasilkan sistem reproduksi laki-laki.

Normalnya, konsistensi air mani saat ejakulasi mirip dengan gel dan volume rata-ratanya 2-5 ml. Tapi, dalam kurun waktu 15-30 menit setelah keluar dari saluran mani, sperma akan menjadi encer untuk menunjang pergerakannya dalam membuahi sel telur. Jadi bisa dibilang sperma encer itu normal ya guys!

1 dari 5 halaman

Apa Penyebab Sperma Encer?

Penyebab Sperma Encer © Diadona
Nah, ada beberapa kondisi yang perlu kamu tahu sebagai penyebab sperma encer.

Pra-ejakulasi


Saat berhubungan seksual dan belum terjadi ejakulasi namun sperma sudah keluar dalam bentuk encer itu bisa saja terjadi kok. Di sini air mani berperan sebagai pelumas. Ia mengandung sperma dalam jumlah yang sedikit.

Sering Ejakulasi


Kalau kamu sering mengalami ejakulasi baik karena berhubungan seksual atau masturbasi bisa menjadi penyebab sperma encer loh! Kalau terjadi ejakulasi beberapa kali dalam waktu sehari saja, air mani setelah ejakulasi pertama biasanya cenderung lebih encer. Tenang, bisa kembali kental lagi kok dalam beberapa jam kemudian.

2 dari 5 halaman

Ejakulasi Retrograde


Ejakulasi retrograde sering disebut juga dengan ejakulasi terbalik yang mana penyebab sperma tidak keluar. Akan tetapi sperma malah masuk ke kandung kemih. Hal ini terjadi jika seseorang memiliki riwayat operasi prostat.

Sistem Reproduksi Belum Matang


Biasanya air mani yang encer ini ditemukan pada laki-laki remaja berusia 11-15 tahun. Hal ini dikarenakan sistem reproduksi usia remaja belum sempurna. Mereka baru saja memasuki masa puber dan berada dalam tahap penyesuaian kadar hormon seks.

Kurangnya Mineral Zinc


Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa pria dengan kadar mineral zinc atau seng yang kurang dalam tubuhnya cenderung memiliki sperma encer. sebab, kadar mineral seng yang cukup terpenuhi membuat kualitas sperma lebih baik dan subur.

3 dari 5 halaman

Lingkungan dan Pola Hidup


Selain hal-hal di atas, lingkungan dan pola hidup seorang pria juga memengaruhi penyebab sperma encer loh! Kebiasaan merokok dan minum alkohol bisa menurunkan kualitas sperma.

Oligospermia


Penyebab sperma encer lainnya adalah oligospermia yang mana jumlah sperma rendah, yaitu kurang dari 15 juta sel dalam 1 mililiter air mani. Penyebabnya bisa karena varikokel, gangguan hormon, infeksi atau bahkan tumor. Nah kalau yang satu ini bisa berpengaruh pada masalah kesuburan pria guys.

4 dari 5 halaman

Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sperma Encer © Diadona
Penyebab sperma encer bisa dipengaruhi beberapa hal dan ini merupakan hal normal. Kondisi sperma encer ini bersifat sementara saja kok, asal bukan karena gangguan yang memengaruhi kesuburan ya!

Nah, kalau tadi sudah membahas apa saja penyebab sperma encer, kali ini kita cari tahu bagaimana cara mengatasinya.

Pola Makan dan Gaya Hidup


Sudah dibahas kan kalau pola makan dan gaya hidup berpengaruh pada kualitas sperma? Nah, sebaiknya konsumsi makanan dengan gizi yang cukup, terutama yang mengandung zinc, seperti daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.

Soalnya, kandungan zinc pada makanan yang dikonsumsi ini memiliki fungsi penting dalam menstabilkan materi genetik dalam sperma. Terus jangan malas olahraga dan hentikan kebiasaan merokok maupun minum alkohol.

5 dari 5 halaman

Menghindari Paparan Zat Beracun


Lingkungan sangat berpengaruh pada kualitas sperma. Itu kenapa sebaiknya menghindari paparan zat kimia dan polusi. Kalau kamu bekerja di lingkungan seperti itu, gunakan pelindung diri agar racun tidak masuk ke dalam tubuh.

Jaga Berat Badan


Selain hidup sehat dengan olaharaga dan mengonsumsi makanan bergizi, juga penting untuk menjaga berat badan ideal. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang obesitas atau kelebihan berat badan cenderung berisiko mengalami penurunan kualitas dan jumlah sperma.

Nah, jadi meski penyebab sperma encer bukan masalah yang terlalu serius, penangannya juga cukup mudah kan? Yuk, hidup lebih sehat demi masa depan!

Beri Komentar