Jangan Diremehkan, Terpapar Polusi Berlebih Bisa Ancam Kesuburan Sperma lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 6 Juni 2020 07:27
Jangan Diremehkan, Terpapar Polusi Berlebih Bisa Ancam Kesuburan Sperma lho!
Wah, harus lebih hati-hati nih.

Polusi udara emang nyebelin. Selain bikin kulit nggak bagus, bikin penyakit juga untuk tubuh. Sebut saja penyakit pernapasan. Kalau yang satu ini sih nggak bisa diragukan lagi.

Tapi untuk pria, kalian harus hati-hati nih. Kalau kamu terpapar polusi udara berlebih, kesuburan sperma kalian bisa terancam!

1 dari 4 halaman

Melansir dari Cacrm.com, pernyataan ini didasari oleh sebuah penelitian dari Keck School of Medicine at University of Southern California. Paru-paru yang terluka karena menghirup polusi udara, juga bisa memengaruhi kesuburan pria.

Para peliti mengalanisis sampel sperma yang disumbangkan oleh 50 pria yang tinggal di Los Angleles. Sampel itu kemudian dibandingkan dengan pengukuran polusi udara dari tempat masing-masing mereka tinggal.

2 dari 4 halaman

Hasilnya, semakain banyak polusi udara, semakin rendah jumlah spermanya. " Studi ini menemukan ada penurunan jumlah rata-rata semua 50 donor sebesar 4 persen," jelas sepesialis kesuburan Dr. Lori Arnold.

Namun, spesialis mencoba menenangkan para pria agar jangan terlalu khawatir. Sebab, tidak akan menyebabkan mandul, yang tentu saja faktor penting untuk mempunyai naak.

3 dari 4 halaman

Penyebabnya masih belum diketahui pasti. Kemungkinan karena racun lingkunan pada polusi udara tersebut. Ditambahkan, penelitian lain yang dilakukan oleh U.S Environmental Protection Agency di Czech Republik juga mendukung pernyataan tersebut.

Peneleitian tersebut juga mengatakan bahwa pria yang terpapar polusi udara dalam tingkatan tinggi lebih cenderung memiliki kualitas sperma yang buruk, dibanding mereka yang tinggal di daerah dengan polusi udara yang minim.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar