9 Ciri Sperma Sehat dan Tidak secara Kasat Mata, Pahami yuk!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 19 Juni 2020 17:01
9 Ciri Sperma Sehat dan Tidak secara Kasat Mata, Pahami yuk!
Sehat atau engga nih?

Ciri sperma sehat penting untuk pasangan yang mencoba buat punya keturunan karena kesuburan bukan cuman masalah wanita aja. Sepertiga dari kasus kemandulan disebabkan oleh pria, khususnya sperma.

Selain itu, kesehatan sperma nggak sekedar cuman untuk kehamilan aja, tapi juga berperan pada kesehatan kehamilan secara keseluruhan.

Dari drelist.com, sperma yang sehat juga berkaitan dengan berbagai penyakit reproduksi lainnya.

1 dari 3 halaman

Ciri Sperma Sehat

Ciri Sperma Sehat © Diadona

Ciri-ciri sperma sehat ditentukan oleh unsur berikut:

Kuantitas (volume)

Ciri sperma sehat terdiri dari 15 juta atau lebih sel di setiap milimeter semen. Semakin banyak, maka semakin besar kemungkinan untuk berhasil melalui sistem reproduksi wanita untuk membuahi sel telur.

Gerakan

Nggak setiap sperma berenang secara aktif, bahkan ada yang diem kok. Dan ini adalah normal. Cuman dibutuhkan 40 persen sperma yang bergerak untuk mencapai kesuburan.

Bentuk

Ciri sperma sehat yaitu punya kepala bulat dan ekor yang panjang dan kuat.

2 dari 3 halaman

Ciri Sperma Tidak Sehat

Penyakit Kelamin Pria © Diadona

Kayak yang Diadona jelasin di awal kalau ciri-ciri sperma sehat bisa dilihat dari jumlah sperma yang rendah. Ini bukan tentang jumlah cairan yang dikeluarkan saat ejakulasi, namun lebih kepada jumlah sel sprema.

Jumlah sperma yang rendah mengurangi kemungkinan sperma membuah sel telur pasangan. Tapi jangan khawatir, katena banyak kok pria yang nggak punya ciri sperma sehat ini dan punya keturunan.

Ada beberapa masalah mendasar yang menjadi penyebabnya, diantaranya kelainan kromosom, ketidaksiembangan hormon, peebaran pembuluh darah testis atau suatu kondisi yang menghalangi jalannya sperma. Gejala yang muncul bisa berupa:

  • Masalah dengan fungsi seksual - misalnya, gairah seks rendah atau kesulitan mempertahankan ereksi
  • Adanya nyeri, bengkak, atau benjolan di area testis

Obesitas

Apa hubungannya nih antara kelebihan berat badan dengan ciri sperma sehat? MAsih menurut Dr. Lee, lemak di perut bisa merusak kesehatan sperma. Obesitas dikaitkan dengan sindrom metabloki, yang mempengaruhi hormon testosteron pria.

Saat hormon tersebut rendah maka akan berpengaruh pada perkembangan sperma.

Suka Memakai Celana ketat

Pakaian dalam yang ketat atau mungkin celana pendek, bisa meningkatkan suhu di sekitar skrotum yang bisa membunuh sperma selama prosesnya.

Sebenernya poin ini nggak merujuk pada apa yang muncul sebagai ciri sperma sehat sih, namun lebih kepada hal-hal yang membuat sperma jadi nggak sehat.

3 dari 3 halaman

Ciri Sperma Sehat secara Kasat Mata

Ciri Sperma Sehat © Diadona

Sayangnya, nggak bisa deh kita melihat ciri sperma sehat cuman dari melihatnya atau kasat mata. Tapi ada beberapa teori klasik yang terkait dengan ciri sperma sehat.

Maskulinitas Wajah

Sebentar sebentar, mimin merenung dulu.

Emang beneran ada hubungannya???

Menurut penelitian dari Finlandia dan Spanton, cowok yang punya wajah kurang jantan bisa jadi itu adalah ciri-ciri sperma sehat. Masuk akal ngga?

Tapi sebenernya hal itu bisa dijelakan melalui hipotesis tradeoff, di mana laki-laki yag punya jumlah energi tertentu yang harus dicadangkan untuk sistem reproduksi dan energi tersebut kudu dibagi di antara berbagai komponen.

Yang artinya, kalau seorang pria udah mencurahkan energi tersebut untuk produksi semen, maka cuman tertinggal sedikit energi buat mengembangkan sifat-sifat seksual seksual, contohnya wajah yang maskulin. Artinya, ciri sperma sehat dilihat dari wajah yang nggak maskulin.

Suara Ber-Pitched Rendah

Wanita cenderung tertarik secara seksual sama pria yang punya suara rendah kan? Dan itu ternyata bsia menjadi ciri-ciri sprema sehat lho.

Gini, kadar testosteron yang tinggi bertanggung jawab untuk menghasilkan wajah maskulin dan suara bernada rendah. Semakin tinggi level testosteron, maka suara semakin seksi. Tapi kadar testosteron yang tinggi juga bisa menekan produksi sperma.

Konsumsi Protein

Menurut drelist.com, makan daging merah atau olahan bisa mengurangi jumah sperma lho. ini karena protein putih adalah penguat sperma. Maka kalau ingin sperma yang sehat, banyakin makan ikan terutama tuna dan salmon.

Memanaskan Makanan di Wadah Plastik

Kok kayaknya jauh banget ya hubungan poin ini dengan ciri sperma sehat? Eh, baca dulu dong.

Udah biasa banget kan misalnya kita manasin makanan dengan mengemasnya di plastik. Tapi ternyata, saat terkena panas zat-zat kimia plastik bakalan masuk ke makanan, jalan ke tubuh trus mempengaruhi aktivitas androgen dan estrogen dalam testis. Ini bakalan mengarah ke perkembangan sperma yang rendah.

Meski begitu, ciri sperma sehat yang Diadona ulas barusan tersebut nggak bisa menggantikan diagnosa medis ya. Kalau ada masalah mengenai rencana hamil serta sperma suami, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Beri Komentar