7 Penyebab Impotensi pada Pria dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 11 September 2020 20:59
7 Penyebab Impotensi pada Pria dan Cara Mengatasinya
Penyebab impotensi bisa karena penyakit yang diderita atau dalam kondisi emosional yang nggak memungkinkan terjadinya ereksi

Ada beberapa kondisi yang berkontribusi sebagai penyebab mpoten, termasuk gangguan emosional dan juga fisik seseorang. Kira-kira kenapa ya?

Impotensi adalah suatu kondisi ketika seseorang nggak bisa ereksi, mempertahankan ereksi atau ejakulasu secara konsisten. Yup, ini juga sering disebut dengan disfungsi ereksi.

Penelitian menyebut kalau salah satu risiko atau penyebab impoten adalah usai. Risiko juga meningkat pada pria yang yang didiagnosis satu atau lebih faktor risiko kardiovaskular.

Impotensi tentu berdampak sangat besar terhadap kehidupan seks, bisa menyebabkan depresi, stres dan rendahnya harga diri.

Maka, mengenali apa itu penyebab impotensi bisa membantu penderita untuk mengidentifikasi mengapa mereka mengalami kondisi tersebut.

1 dari 2 halaman

Penyebab Impotensi pada Pria

Penyebab ImpotensiPenyebab Impotensi © 2020 shutterstock.com/STEKLO

Beberapa hal yang bisa jadi penyebab impotensi pada pria, antara lain:

Penyakit Endokrin

Sistem endokrin tubuh menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme, fungsi seksual, reproduksi, suasana hati, dan banyak lagi.

Salah satu penyakit endokrin adalah diabetes, sehingga bisa dibilang kalau penyakit ini adalah salah satu penyebab impotensi. Salah satu komplikasi diabetes adalah kerusakan saraf, yang pada akhirnya akan mempengaruhi sensasi penis.

Komplikasi lain yang terkait dengan diabtes adalah gangguan aliran darah dan kadar hormon, di mana keduanya bisa saja jadi penyebab impotensi.

Gangguan Saraf

Beberapa kondisi neurologis mungkin jadi penyebab impotensi. Ini karena kondisi saraf mempengaruhi cara otak untuk berkomunikais dengan sistem reproduksi, yang pada kahirnya menghalangi proses ereksi penderitanya/

Gangguan neurologis yang terkait dengan impotensi, diantaranya:

  • Alzheimer
  • Parkinson
  • Tumor otak atau tulang belakang
  • Multiple sclerosis (MS)
  • Stroke
  • Epilepsi lobus temporal

Operasi prostat juga bisa aja mengakibatkan kerusakan saraf yang jadi penyebab impotensi.

Pengendara Sepeda Jarak Jauh

Wait, impotensi karena kegiatan ini hanya berlangsung sementara ko karena tekanan berulang pada bokong dan alat kelamin bisa mempengaruhi fungsi saraf.

Konsumsi Obat

Beberapa obat tertentu bisa mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan disfungsi seksual. Sayangnya, walaupun dikethaui sebagai penyebab impotensi, pendreita tidak diperbolehkan menghentikan konsumsi obat tersebut.

Beberapa obat yang dimaksud, antara lain:

  • Penghambat alfa-adrenergik, termasuk tamsulosin ( Flomax )
  • Beta-blocker , seperti carvedilol (Coreg) dan metoprolol (Lopressor)
  • Obat kemoterapi kanker , seperti simetidin (Tagamet)
  • Depresan sistem saraf pusat (SSP), seperti alprazolam ( Xanax ), diazepam (Valium), dan kodein
  • Stimulan SSP, seperti kokain dan amfetamin
  • Diuretik , seperti furosemide (Lasix) dan spironolactone (Aldactone)
  • Inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) , seperti fluoxetine (Prozac) dan paroxetine (Paxil)
  • Hormon sintetis, termasuk leuprolida

Kondisi yang Berhubungan dengan Jantung

Kondisi medis yang mempengaruhi jantung dan kemampuannya buat memompa darah dengan baik nyatanya bisa jadi penyebab impotensi. Karena tanpa aliran darah yang cukup ke penis, maka seseorang nggak bisa mendapatkan ereksi,

Salah satu kondisi jantung tersebut adalah aterosklerosis, suatu kondisi yang menyebabkan pembuluh darah jadi tersumbat. Bisa juga karena kolesterol tinggi maupun hipertensi.

Gangguan Emosi

Gini. Biar bisa ereksi, seorang laki-laki harus mencapai fase gembira dulu. Ini adalah respon emosional, yan sayangnya nggak akan mudah didapatkan bila orang tersebut memiliki gangguan emosional. Betul kan?

Makanya, depresi dan kecemasan sangat mungkin jadi penyebab impotensi. Pun bisa juga perasaan cemas dan khawatir karena pernah nggak bisa ereksi, malah jadi penyebab impotensi di masa yang akan datang lho.

Ada pula kasus di mana pasangan tertentu adalah penyebab impotensi. Yang artinya, seseorang nggak bisa ereksi dengan pasangan tersebut. Kalau disfungsi seksual terkait dengan kecemassan kinerja, ini terjadi ketika seseorang bisa ereksi bila dia masturbasi atau saat tidur, tapi nggak bisa mempertahankan ereksi ketika berhubungan seksual.

Penyalahgunaan Obat

penyebab impotensi selanjutnya adalah konsumsi kokain atau amfetamin. Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa mempengaruhi kemampuan otak buat mencapai atau mempertahan ereksi, lho.

2 dari 2 halaman

Penyebab Impotensi dan Cara Mengatasinya

Penyebab ImpotensiPenyebab Impotensi © 2020 shutterstock.com/maradon 333

Nggak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasinya kok. Perawatan yang tersedia mencangkup intervensi medis, pengobatan alami hingga perubahan gaya hidup.

Intervensi Medis'

Ada beberapa pilihan yang diberikan berupa pemberian resep oleh dokter. Atau bisa juga nih bila penderita memilih opsi untuk melakukan operasi vaskular. Operasi ini berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke penis.

Pengobatan Alami

Menghindari resep dokter? Oh tenang aja, ada beragam cara mengatasi impotensi kok. Tapi sebelum emmulai pengobatan ini, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ya!

Beberapa pengobatan tersebut adalah:

  • Akupuntur
  • Gingseng merah Korea
  • Jus delima

Perubahan Gaya Hidup

Bila penyebab impotensi adalah karena gaya gidup dan kondisi emosional, maka perubahan gaya hidup adalah pilihan yang tepat.

Dikutip dari Mayo Clinic, bebepa hal yang bisa dilakukan antara lain:

  • Kurangi merokok dan minum alkohol
  • Memperkuat komunikasi dengan pasangan
  • Meningkatkan olahraga
  • Diet sehat
  • Kurangi stres

Penyebab impotensi bisa bermacam-macam. Namun tenang aja karena yang terpenting adalag tindakan untuk mengobati maupun mencegahnya. Betul kan?

Beri Komentar