7 Manfaat Jamu Kunyit Asam Sirih bila Diminum Setiap Hari

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 7 Januari 2021 08:21
7 Manfaat Jamu Kunyit Asam Sirih bila Diminum Setiap Hari
Manfaat jamu kunyit asam sudah umum dikenal oleh masyarakat. Kebanyakan manfaat tersebut diklaim karena kandungan kurkumin pada kunyit.

Nggak cuman sebagai rempah dan tanaman obat, manfaat jamu kunyit asam udah dikenal masyarakat Indonesia sebagai minuman tinggi khasiat. Jamu kunyit asam adalah salah satu varian minuman herbal yang banyak diperdagangkan, bahkan sudah ada produk dalam botol suatu merk dagang lho.

Minuman ini dibuat dari rimpang kunyit, buah asam jawa, gula kelapa dan juga air. Ada yang menambahkan sari jeruk nipis dan ada juga yang tidak. Pembuatan jamu kunyit asam biasanya dilakukan oleh industri rumah tangga. Dan tanpa proses produksi yang sesuai, ada potensi kehilangan senyawa-senyawa pemberi manfaat jamu kunyit asam.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jamu Kunyit Asam Sirih

Manfaat Jamu Kunyit AsamManfaat Jamu Kunyit Asam © 2021 shutterstock.com/Gekko Gallery

Jamu kunyit asam sirih dibuat dari jamu kunyit asam yan diberikan tambahan sirih. Manfaat jamu kunyit assam sirih ini antara lain:

Menghilangkan Bau Badan

Manfaat jamu kunyit asam sirih sebagai penghilang bau badan ini sudah dikenal secara luas dan tradisional untuk menghilangkan bau badan. Potensi ini didapat dari kandungan eugenol dan capitol yang berguna untuk mengusir penyebab bau mulut. Kandungan estradiol dan klavikula juga mampu atasi bau badan karena berfungsi untuk mengatur produksi hormon kelenjar keringat dalam tubuh.

Mengatasi Keputihan

Sering mendengar khasiat sirih untuk mengatasi masalah pada organ intim kewanitaan kan? Ini karena senyawa karvakrol pada daun sirih punya sifat disinfektan dan antijamur sehingga bisa dikasikan sebagai obat antiseptik untuk keputihan. Selain dengan membilaskan air rebusan daun sirih ke organ kewanitaan, kamu juga bisa menambah manfaat dari daun sirih dengan mencampurkannya pada jamu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam

Manfaat Jamu Kunyit AsamManfaat Jamu Kunyit Asam © 2021 cookpad.com/Lidha

Meski manfaat jamu kunyit asam tuh banyak sekali, namun banyak artikel yang nggak merekomendasikan minuman ini untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena disebut bsia berbahaya bagi janin, mengalami konraksi prematur, pendarahan uterus dan lainnya.

Sumber Antioksidan

Penelitian yan dilakukan oleh Suwariani dan Suhendra melaporkan kalau salahs atu manfaat jamu kunyit asam adalah sinergisme antioksidannya yangkuat banget. Bahkan, aktivitas tersebut lebih besar ketimbang antioksidan sintetik BHT.

Seperti yang udah diketahui, antioksidan ounya manfaat besar banget untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mencegah Risiko Kanker

Aktivitas antioksidan yang tinggi pada bahan ini mengurangi risiko sel tubuh mengalami mutasi sel kanker. Tahu kan bawah antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari serangan molekul yang meusak DNa dan menyebabkan kanker.

Sayangnya bisa antioksidan ini dikonsumsi berlebihan maka justru akan berbalik membela si sel kanker tersebut. Antioksidan yang berlebih justru akan bertindak mendukung radikal bebas tersebut. Tapi nggak perlu khawatir karena antioksidan dalam makanan dan minuman tuh jumlahnya tak terlalu tinggi kok untuk memberikan efek tersebut, terkecuali suplemen.

Meringankan Peradangan

Zat kurkumin pada kunyit punya efek anti radang sehingga kemungkinan bisa mengurangi gejala pada radang sendi. Lalu apakah itu berarti ada manfaat jamu kunyit asam sebagai obat peradangan? Nah, dari penelitian antiradang tersebut, bahan yang digunakan merupakan ekstrak kurkumin, bukannya jamu kunyit asam. Perbedaan bahan yang digunakan tentu akan memebrikan perbedaan pada hasil penelitian. Sedangkan, hingga saat ini belum dilakukan penelitian mengenai hubungan natara jamu kunyit asam tersebut dengan sifatnya sebagai anti peradangan.

Terapi Diabetes Melitus

Manfaat jamu kunyit asam ini berhubungan dengan antivitas antioksidannya. Ekstrak kurkumin pada kunyit punya aktivitas antioksidan yang berkontribusi untuk memebrikan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif pada diabetes. Pun asam askorbat pada sari asamnya juga bertindak untuk melindungi keruskana lipid dan udah kebutik memberikan perlindungan yang cukup pada kerusakan sel-sel akibat penyakit diabetes.

Pereda Nyeri Menstruasi

Salah satu manfaat jamu kunyit asam yang paling dikenal adalah perannya dalam mengurangi nyeri haid. Sayangnya, belum ada penelitian mendalam mengenai klaim tersebut. Meski begitu, secara alamiah memang kunyit dipercaya punya kandungan bahan aktif yang berfungsi sebagai analgetika, antipiretika, dan antiinflamasi. Pun asam jawa juga punya bahan aktif yang berperan sebagai antiinflamasi, antipiretika, dan penenang.

Walaupun belum ada uji ilmiahnya, namun nggak ada yang salah kalau mau mencari manfaat jamu kunyit asam untuk pereda nyeri haid karena punya efek samping yang minimal dan nggak ada bahaya dari konsumsinya secara rutin.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam Setiap Hari

Manfaat Jamu Kunyit AsamManfaat Jamu Kunyit Asam © 2021 selerasa.com/

Mengutip dari Hello Sehat, pada dasarnya sih Kementrain Kesehatan memeprbolehkan konsumsi jamu kunyit asam setiap hari untuk menjaga kesehatan dan mendapat manfaat dari jamu kunyit asam. Hanya saja, jumlahnya diharapkan tak berlebihan.

APalagi bila seseorang memiliki kondisi penyakit tertentu, diharapkan melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan. Meski tak diketahui berapa jumlah antioksidan yang terserap tubuh pada satu gelas jamu, tetap saja dikahawatirkan konsumsi berlebihan antioskdian justru membuat sifatnya berbalik menyerangs el tubuh dan bekerja sama dengan sel radikal bebas.

Beri Komentar