Urine Berwarna Kuning Cerah Setelah Minum Vitamin, Normal Nggak Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 7 Januari 2021 08:25
Urine Berwarna Kuning Cerah Setelah Minum Vitamin, Normal Nggak Sih?
Ternyata begini fakta medisnya, guys.

Warna urine dapat berubah-ubah mengikuti dengan kondisi tubuh. Warna kuning pekat umumnya menandakan tubuh sedang kekurangan cairan, sedangkan warna bening menandakan tubuh telah mengonsumsi cukup cairan.

Namun terdapat kondisi dimana urine berwarna kuning cerah setelah mengonsumsi vitamin. Cukup mengkhawatirkan bagi sebagian orang, sebenarnya ini normal nggak sih?

1 dari 2 halaman

Nofmalkah?

Ilustrasi UrineIlustrasi Urine © shutterstock.com

Urine merupakan sebuah zat yang diproses oleh ginjal. Pada kondisi normal, urine akan berwarna jernih dan tidak berbau, namun ketika sakit biasanya urine akan berwarna kuning pekat dan mengeluarkan bau.

Mengonsumsi vitamin tentu baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin sehari-hari. Namun hal ini juga dapat mempengaruhi warna urine yang jadi berubah jadi kuning cerah.

Dilansir dari klikdokter.com, mengonsumsi vitamin A dan vitamin C yang berwarna kuning atau yang menggunakan pewarna dalam jumlah cukup banyak, hal ini juga akan terbawa bersama zat tak berguna tubuh lainnya yang keluar lewat urine. Sehingga akan mempengaruhi warna urine.

 

2 dari 2 halaman

Ilustrasi VitaminIlustrasi Vitamin © unsplash.com/@kaylamaurais

Selain itu jika mengonsumsi vitamin C dan vitamin B yang merupakan jenis vitamin larut dalam air, umumnya memang akan meningkatkan risiko urine jadi berwarna lebih kuning hingga kuning cerah.

Nah, jadi warna urine yang berwarna kuning cerah setelah konsumsi vitamin atau suplemen adalah hal yang wajah dan normal ya. Kamu nggak perlu khawatir lagi!

Beri Komentar