5 Kunci Mengatasi Insecurity untuk Seorang Introvert

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 26 Desember 2019 15:06
5 Kunci Mengatasi Insecurity untuk Seorang Introvert
Ketika berhadapan dengan kehidupan sosial, kamu seorang introvert kerap kali merasa insecure terhadap dirinya sendiri. Tenang aja, lakukan hal ini biar nggak lagi merasa insecure!

Setiap orang pasti pernah mengalami insecurity atau perasaan nggak aman dalam hidupnya, terlebih bagi seorang introvert. Jika sedang berkumpul dengan banyak orang, introvert akan merasa energinya cepat habis. Maka nggak sedikit orang lain menganggapnya sebagai seorang yang pendiam, bahkan sampai dicap sebagai anti-sosial. Dari stiga-stigma yang ada, banyak orang yang memiliki kepribadian introvert merasa insecure terhadap dirinya sendiri.

Kamu seorang introvert dan merasakan hal yang sama? Berikut telah kami rangkum dari Womanitely (21/11) bagaimana cara mengatasinya.

1. Respect Sama Dirimu

Kebanyakan seorang introvert energinya cepat habis karena nggak menghargai dirinya sendiri. Bisa jadi karena keinginan untuk memenuhi keinginan orang lain. Padahal, itu sama saja nggak menghargai diri sendiri. Jika merasa terbebani terhadap ajakan sosial, kamu berhak, kok, untuk mengatakan 'tidak'. Kamu hanya perlu memerhatikan hal yang dirasa penting saja, dan dirimu adalah yang terpenting, bukan?

2. Buat List Apa Saja yang Membuatmu Insecure

Seorang introvert cenderung memiliki rasa 'enggak enakan'. Misalnya, jika ada kawan yang mengajak ngopi dengan banyak orang, kamu merasa nggak enak jika menolak ajakan itu. Kalau menolak, kamu malah jadi merasa bersalah. Serba salah, ya? Coba, tanyakan pada dirimu sendiri: hal-hal apa saja yang akan membuatmu merasa bersalah. "Apakah aku harus merasa bersalah jika menolak ajakan ini?" misalnya, lalu katakan dengan lantang: "Tentu aja nggak!"

3. Cintai Dirimu Apapun Keadaannya

Self-love sangatlah penting untuk semua orang, apalagi kamu wahai introvert. Yang perlu kamu ingat adalah apapun keadaannya, kamu harus tetap mencintai dirimu sendiri. Karena seburuk apapun keadaanmu, kamu telah melakukan yang terbaik. Lakukan apa yang kamu suka, hiduplah seperti bagaimana kamu menginginkannya.

4. Berhenti Melawan Kepribadianmu

Kamu bisa saja menjadi seorang extrovert , tapi percaya deh, itu melelahkan bagi kamu seorang introvert. Menghadiri acara pesta yang kamu benci, mengambil pekerjaan yang membuatmu seperti terpenjara, memaksakan dirimu bertemu orang-orang yang tidak kamu suka, adalah tanda kamu melawan kepribadian introvertmu.

5. Buatlah Peraturan Terhadap Dirimu Sendiri

Ingat, yang bertanggung jawab terhadap dirimu adalah dirimu sendiri. Kamu berhak membuat peraturan bagaimana kamu akan menghadapi kehidupan. Misalnya, biarkan orang-orang tahu bahwa kamu bukanlah seseorang yang selalu 'mengiyakan' apapun. Membuat peraturan-peraturan seperti ini akan membuat orang-orang terdekatmu mengertimu, sehingga kamu tidak khawatir dengan apa yang akan terjadi ke depannya.

 

Nah, itu yang bisa kamu lakukan untuk melawan insecurity wahai pribadi introvert. Kamu punya tips lain mengatasi insecurity? Sharing di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar