5 Jenis Meditasi yang Jarang Diketahui, Wajib Simak nih!

Reporter : Mila I
Jumat, 27 Januari 2023 07:57
5 Jenis Meditasi yang Jarang Diketahui, Wajib Simak nih!
Meditasi dilakukan guna menurunkan tingkat stres.

Meditasi adalah salah satu cara rutin yang dilakukan oleh beberapa orang untuk menghilangkan stres. Tidak hanya itu, ternyata cara ini juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis meditasi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut:

1 dari 6 halaman

Meditasi Mindfulness

Teknik meditasi ini berasal dari ajaran Buddha dan memang paling populer. Saat melakukan ini, seseorang perlu memerhatikan pikiran yang melewati batin Biarkan hal tersebut mengalir tanpa perlu menilai atau terlibat dengannya, biarkan diri mengamati dan mencatat semua yang terbesit.

Metode dasar dari gerakan ini menggabungkan antara konsentrasi dengan kesadaran. Kamu bisa merasa terbantu untuk fokus pada napas sambil merasakan sensasi pada tubuh, pikiran, hingga perasaan.

Pilihan ini sangat cocok bagi seseorang yang tidak memiliki guru pembimbing, sebab mudah dipraktikkan.

2 dari 6 halaman

Meditasi Spiritual

Jenis meditasi ini sangat beragam layaknya tradisi spiritual itu sendiri. Hal ini berfokus pada pengembangan dan pemahaman yang lebih dalam tentang makna spiritual dan berhubungan dengan kekuatan yang lebih besar.

Beberapa contohnya, yaitu doa kontemplatif Kristen dan zikir sufi. Metode ini bermanfaat bagi seseorang yang mencari pertumbuhan spiritual dan hubungan yang lebih dalam dengan kekuatan yang lebih besar, seperti Tuhannya.

3 dari 6 halaman

Meditasi Mantra

Metode ini dilakukan dengan menggunakan suara yang berulang untuk menjernihkan pikiran. Bisa berupa kata, frasa, hingga suara, dengan salah satu yang paling umum diperdengarkan adalah “ om”.

Saat mantra dirapalkan selama beberapa saat, kamu jadi lebih waspada dan selaras dengan lingkungan yang ada. Dengan begitu, tingkat kesadaran yang lebih dalam bisa didapatkan. Beberapa orang lebih memilih meditasi ini karena mudah fokus pada kata dibandingkan napas.

4 dari 6 halaman

Meditasi Visualisasi

Teknik ini berfokus pada peningkatan perasaan relaks, damai, hingga tenang. Meditasi ini menggunakan fokus pada visualisasi pemandangan atau gambar yang positif.

Kamu dilibatkan agar bisa membayangkan adegan dan menggunakan semua indra di dalam tubuh untuk menambahkan detailnya.

Tujuannya adalah meningkatkan fokus dan motivasi, sehingga terjadi peningkatan suasana hati, pengurangan tingkat stres, serta merasakan kedamaian pada batin.

5 dari 6 halaman

Meditasi Cakra

Cakra mengacu pada pusat energi dan kekuatan spiritual di dalam tubuh. Diperkirakan ada tujuh cakra di dalam tubuh dan setiap cakra terletak di bagian tubuh yang berbeda-beda disertai warna yang berbeda-beda.

Cara ini terdiri dari teknik relaksasi yang berfokus pada keseimbangan dan kesejahteraan cakra.

Bahkan beberapa orang memilih untuk menyalakan dupa atau menggunakan kristal, yaitu kode warna untuk setiap cakra. Dengan begitu, dirinya lebih berkonsentrasi selama meditasi.

Itulah berbagai jenis meditasi yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan pikiran.

Beri Komentar