Boleh Gak Sih Oleskan Balsam saat Kaki Keseleo?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 25 Januari 2023 18:03
Boleh Gak Sih Oleskan Balsam saat Kaki Keseleo?
Sering jadi obat pertama saat keseleo, apakah baik untuk kesehatan?

Banyak orang seringkali salah kaprah saat menangani orang dengan masalah cidera olahraga. Banyak orang memberikan balsam saat cidera. Dalam keterangannya, dr. Sapto Adji, Sp.OT (spesialis bedah ortopedi) dari Sports Clinic Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB), emngatakan bahwa penggunaa balsam dan sejenis yang dapat menimbulkan efek panas/ menghangatkan.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Kaki KeseleoIlustrasi Kaki Keseleo © Shutterstock.com

Jika keseleo pada area kaki letakkan tungkai kaki lebih tinggi dari posisi jantung untuk membantu mengeluarkan cairan pada daerah pembengkakan.

" Untuk yang mengalami cidera ringan segera istirahatkan tubuh diikuti dengan metode penanganan RICE atau Rest, Ice, Compression dan elevation," kata dia diutip dari laman Kompas.com.

Ia menjelaskan bahwa pada umumnya cidera olahraga terbagi dua, yakni cidera ringan dan berat. Cidera ringan umumnya berupa keseleo (spain), regangan (strain) dan memar (bruise) yang mengenai jaringan lunak seperti otot maupun jaringan keras seperti tulang.

2 dari 6 halaman

Jika mengalami cidera ringan segera istirahatkan tubuh diikuti dengan metode penanganan RICE atau Rest, Ice, Compression dan elevation.

Sedangkan untuk cidera berat harus segera berkonsultasi dengan tenaga professional yaitu dokter Kesehatan olahraga. Dengan pemeriksaan yang komprehensif dokter dapat mengetahui penanganan yang tepat terkait cidera yang dialami, apakah perlu dilakukan tindakan operasi atau cukup dengan terapi non operasi.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi KeseloIlustrasi Keselo © Shutterstock.com

Keseleo pergelangan kaki dalam tingkat ringan dan sedang dapat sembuh dengan sendirinya. Guna mempercepat penyembuhan keseleo, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan, yaitu:

  • Istirahatkan sendi pergelangan kaki

Usahakan untuk mengistirahatkan kaki selama 2–3 hari setelah keseleo. Selama beristirahat, kamu tetap dapat melakukan aktivitas fisik, tetapi jangan terlalu berat. Disarankan juga untuk tidak berlari atau melompat sampai kamu bisa berjalan tanpa rasa sakit pada kaki.

  • Balut pergelangan kaki yang keseleo

Agar cedera tidak berkelanjutan, kamu bisa membalut pergelangan kaki yang keseleo dengan perban elastis selama 48–72 jam. Ini bertujuan untuk meredakan pembengkakan dan membantu sendi beristirahat.

4 dari 6 halaman

  • Kompres kaki yang keseleo dengan air es

Kompres dingin bertujuan untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada kaki yang keseleo. Lakukan kompres selama 15–20 menit, sebanyak 3–4 kali sehari dalam 72 jam pertama. Jika kamu menggunakan es batu, hindari menempelkan langsung es ke kulit. Hindari pula penggunaan kompres dingin bila kamu memiliki gangguan pembuluh darah atau menderita diabetes.

  • Angkat pergelangan kaki lebih tinggi dari dada saat berbaring

Mengangkat kaki yang keseleo lebih tinggi dari dada atau pinggul dapat mengurangi pembengkakan dan memar. kamu bisa menggunakan bantal untuk mengganjal kaki saat berbaring di tempat tidur atau sofa. Posisi kaki yang lebih tinggi dari dada ini membuat tubuh lebih mudah mengalirkan cairan berlebih pada pergelangan kaki yang keseleo.

5 dari 6 halaman

  • Hindari hal-hal yang dapat memperparah pembengkakan

Setidaknya 3 hari setelah keseleo, kamu dianjurkan untuk tidak mandi air panas dan sauna, mengonsumsi minuman beralkohol, berlari, atau memijat pergelangan kaki yang keseleo. Hal ini karena beberapa hal tersebut diketahui dapat menyebabkan perdarahan, memperparah pembengkakan, menghambat proses penyembuhan, dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

 

Jika nyeri pada pergelangan kaki yang keseleo terasa cukup berat, kamu bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol. kamu juga dapat melakukan olahraga peregangan yang dianjurkan oleh dokter.

 

 

6 dari 6 halaman
Beri Komentar