39 Manfaat Susu Kedelai dan Susu Kambing Etawa untuk Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Kamis, 9 Januari 2020 18:32
39 Manfaat Susu Kedelai dan Susu Kambing Etawa untuk Ibu Hamil
Banyak manfaat dari susu kedelai dan susu kambing yang harus kamu ketahiu. Berikut manfaat susu kedelai dan kambing tersebut.

Susu merupakan salah satu nutrisi pelengkap harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak macam susu dengan masing-masing kandungan dan manfaat. Ada susu nabati yang terbuat dari biji-bijian atau kacang-kacangan seperti susu kedelai, susu almond, dan lain-lain. Kemudian ada susu hewani yang berasal dari hewan antara lain adalah susu sapi, susu kambing, susu kuda, dan lain sebagainya.

Dari sumber-sumber yang sudah di rangkum, berikut adalah manfaat susu kedelai dan susu kambing yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai

Ilustrasi Susu KedelaiIlustrasi Susu Kedelai © 2019 https://www.diadona.id /liputan6.com

Susu kedelai ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk orang-orang yang tidak bisa meminum susu sapi, juga untuk orang-orang yang sedang menjalani diet vegetarian. Tak kalah dengan jenis susu lainnya, susu kedelai juga kaya akan nutrisi. Minuman ini bisa menjadi sumber yang baik untuk serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Belum lagi dengan banyak manfaat yang bisa diberikannya bagi tubuh manusia.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, tahukah kamu manfaat apa saja yang didapat? Berikut manfaat susu kedelai yang harus kamu ketahui.

1. Mengurangi tanda penuaan dini

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah berkurangnya tanda penuaan. Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai mampu menghasilkan estrogen lebih banyak untuk tubuh, sehingga keriput dan garis halus cepat memudar.

2. Memperkuat pembuluh darah

Salah satu manfaat susu kedelai lainnya adalah memperkuat tubuh dari dalam, tepatnya pembuluh darah. Asam lemak omega 3 dan omega 6 serta kandungan phyto-antioksidan yang ditemukan dalam kedelai sangat efektif dalam melindungi pembuluh darah dari luka dan perdarahan.

Senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan dari serangan radikal bebas dan deposit kolesterol. Pengikatan gizi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

3. Mencegah sindrom pascamenopause

Manfaat susu kedelai ternyata penting bagi mereka yang telah melewati masa menopause. Selama menopause, produksi estrogen akan menurun. Penurunan estrogen yang tiba-tiba dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause. Wanita menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya.

4. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat susu kedelai adalah untuk menurunkan kolesterol. Susu kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid darah. Tidak seperti susu sapi, yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan nol kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kedelai juga dapat menghambat penumpukan kolesterol dalam aliran darah.

5. Mencegah osteoporosis

Selain untuk menopause, manfaat susu kedelai bisa didapat bagi mereka yang osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit yang terkait dengan usia dan hormon. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk manfaat maksimal, pastikan bahwa kamu membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

6. Melembapkan kulit

Manfaat susu kedelai untuk kecantikan yang pertama adalah melembapkan kulit. Dari dalam, susu kedelai mampu membuat tubuh tidak mudah dehidrasi yang jadi pemicu kulit kering, serta mengurangi minyak berlebih di wajah.

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2019 https://www.diadona.id

7. Memperkilau rambut

Susu kedelai mengandung banyak sekali nutrisi, mulai dari protein, kalsium, zat besi, kalsium, serta vitamin B. Semua manfaat susu kedelai ini sangat baik untuk rambut.

Semua nutrisi di atas tadi juga cocok untuk rambutmu yang rontok karena asupan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B sangat tepat dikonsumsi mereka yang rambutnya rontok.

8. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat susu kedelai lainnya adalah jumlah kalori yang kecil dibanding susu sapi. Dengan ini, susu kedelai cocok untuk diet dan mereka yang bergaya hidup vegetarian. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu ini dapat mencegah penyerapan lemak pada usus, sehingga berat badan bisa terjaga.

9. Menjaga kesehatan jantung dan turunkan tekanan darah

Kandungan protein dalam susu kedelai sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk jantung. Kandungan asam amino dan isoflavone dalam susu kedelai juga berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

Beberapa ahli gizi telah melakukan penelitian dengan membandingkan susu kedelai dan susu sapi. Hasilnya menyatakan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan susu sapi.

10. Melawan sel kanker

Susu kedelai berfungsi untuk melawan sel kanker. Minuman tersebut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Kamu bisa mengonsumsi susu kedelai secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker. Minuman ini bisa menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

11. Menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi

Susu kedelai memang mengandung kalsium lebih rendah daripada susu sapi. Namun susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Terlebih, kedelai juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi susu kedelai secara rutin, maka kamu dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.

12. Menjaga kesehatan mental

Dalam 1 cangkir susu kedelai terkandung 5.8% vitamin B6 yang baik untuk produksi serotonin neurokimia sehingga bisa memperbaiki mood seseorang. Sementara magnesium akan meningkatkan serotonin yang serupa dengan obat antidepresan.

13. Mengurangi gejala pra-menstruasi

Bagi para wanita juga sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi susu kedelai yang banyak mengandung magnesium serta kalsium sehingga membantu dalam mengatasi gejala pra-menstruasi setiap bulannya.

ilustrasi minum susuilustrasi minum susu © rawpixel.com

14. Menghilangkan flek hitam wajah

Bintik hitam atau sering disebut dengan flek hitam terjadi karena penuaan dini, tidak menjaga kebersihan kulit dan terlalu sering terkena sinar matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin yang akan secara perlahan membuat noda hitam di area wajah semakin berkurang.

15. Mengatasi kulit berminyak

Salah satu manfaat susu kedelai untuk kecantikan adalah mengatasi masalah kulit berminyak. Salah satu masalah kulit yang cukup menjengkelkan adalah minyak berlebih di area wajah. Ini menyebabkan tampilan wajah terlihat kusam dan tidak sehat. Mengonsumsi susu kedelai secara rutin akan sangat membantu produksi kolagen sekaligus melakukan perbaikan terhadap serat elastin. Dengan ini, kadar minyak berlebih di area wajah bisa berkurang drastis dan kulit tidak terlihat kusam.

16. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat susu kedelai lainnya adalah jumlah kalori yang kecil dibanding susu sapi. Dengan ini, susu kedelai cocok untuk diet dan mereka yang bergaya hidup vegetarian. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu ini dapat mencegah penyerapan lemak pada usus, sehingga berat badan bisa terjaga.

17. Mengurangi asupan kalori

Dalam 1 cangkir susu kedelai mengandung sampai 8 gr protein, 4.5 gr lemak serta 12 gr karbohidrat. Ini membuktikan jika manfaat susu kedelai hampir serupa dengan susu sapi tetapi dengan kadar kalori lebih sedikit. Ini sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet kamu.

18. Penyerapan lemak yang lebih baik

Manfaat susu kedelai untuk diet lainnya adalah soal penyerapan lemak. Asam lemak dalam susu kedelai bisa membantu pencernaan untuk menyerap lemak. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih efektif. Selain itu, manfaat susu kedelai untuk diet bisa maksimal kita dapat karena konsumsi susu kedelai membuat kita kenyang lebih lama.

2 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kambing

ilustrasi susuilustrasi susu © http://wallpaperswide.com/

Selain susu sapi, susu kambing juga dapat dikonsumsi sehari-hari. Komposisi dan struktur gizi susu kambing sangat mirip dengan Air Susu Ibu (ASI), sehingga lebih mudah dicerna dan berasimilasi (berbaur) dalam tubuh manusia. Berikut adalah manfaat susu kambing yang harus kamu ketahui.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Keistimewaan lain susu kambing adalah memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan tersebut membuat susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan susu sapi. Tak hanya itu, protein susu kambing yang dihasilkan oleh aktivitas asam lambung akan jauh lebih lembut. Dengan demikian, tidak terjadi penggumpalan dan dapat diserap lebih baik oleh usus.

2. Mengatasi anemia

Jika kamu memiliki masalah anemia, maka mengonsumsi susu kambing secara rutin akan sangat membantu. Pasalnya, susu kambing dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh, serta merangsang pembentukan hemoglobin baru.

3. Menurunkan kolestrol

Kelebihan lain dari susu kambing adalah asam lemak esensial seperti arakidonat dan linoleat. Kandungan lemak esensial yang dimiliki susu kambing disebut lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan disimpan oleh tubuh sebagai lemak baik.

4. Mencegah stres dan penyakit saraf

Ketika kamu merasa stres karena berbagai persoalan atau kelelahan, mengonsumsi susu kambing hangat akan membantu lebih rileks. Tak hanya itu, kandungan zinc dan magnesium pada susu kambing dapat memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

5. Mengatasi osteoporosis

Rutin mengonsumsi susu kambing akan sangat membantu mengatasi osteoporosis, terutama bagi lansia. Kadar kalsium pada susu kambing bisa dibilang tinggi. Selain itu, terdapat asam amino triptofan yang jika dikombinasikan dengan kalsium mampu mempercepat pertumbuhan tulang dan memadatkan tulang.

ilustrasi susuilustrasi susu © rawpixel.com

6. Mengobati diabetes

Seseorang yang mengalami diabetes, mengonsumsi susu kambing adalah pilihan yang tepat. Pasalnya susu kambing bisa didapatkan berkat kandungan A2-betakasein dan asam amino esensial sangat baik bagi penderita diabetes untuk pembentukan insulin. Untuk hasil maksimal, minumlah susu kambing tanpa tambahan pemanis.

7. Menghindari penumpukan lendir

Bagi orang yang kerap mengonsumsi susu kambing, maka akan sangat kecil mereka mengalami masalah pernapasan akibat penumpukan lendir. Lemak tinggi pada susu sapi adalah alasan terjadinya penumpukan lendir dan susu kambing memiliki lemak lebih rendah, sehingga menghindari iritasi usus.

8. Menyehatkan kulit

Susu kambing kaya akan silikon, mineral yang secara positif memengaruhi kulit, rambut, kuku dan sistem saraf. Rutin mengonsumsi susu kambing kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan sekaligus.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh pada anak

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa merasakan manfaat susu kambing. Namun anak-anak pun bisa merasakannya. Rutin memberikan susu kambing pada anak akan meningkatkan kekebalan tubuhnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kambing Etawa

ilustrasi susuilustrasi susu © http://wallpaperswide.com/

Para peneliti mengungkapkan susu kambing juga kaya akan kalsium, asam lemak baik, dan menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Sementara itu, mineral yang terkandung susu kambing di antaranya zincun (Zn), mineral alkaline, flourin, betakasein, asam amino, cynokobalamin, enzin xhantine oxydase, niasin, dan masih banyak lagi. Tak heran jika susu kambing menjadi minuman protein yang jadi alternatif bagi sebagian orang. Berikut adalah manfaat susu kambing etawa yang harus kamu ketahui.

1. Dapat mengobati tuberkulosis dan asma

Susu kambing bisa menjadi obat untuk mengatasi penyakit tuberkulosis (TB) dan asma. Kandungan flourin dan betacasein dalam susu kambing bisa mengobati penyakit TB. Selain itu, susu kambing juga bisa menjadi obat paling ampuh dalam membersihkan organ-organ dengan masalah pernapasan.

2. Memiliki antiinflamasi alami

Susu kambing dihomogenkan secara alami, dan gelembung-gelembung lemak dalam susu dengan mudah memisahkan diri atau jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Dengan kondisi tersebut, membuat pencernaan menjadi mudah serta gampang diserap tubuh. Orang dengan masalah usus menemukan jawaban yang efektif untuk mengatasi penyakit radang usus.

Sifat probiotik dalam susu kambing mengdorong sistem pencernaan berkembang dengan baik.

3. Mengandung asam lemak esensial

Susu kambing memiliki 35% asam lemak bila dibandingkan dengan 17% dalam susu sapi. Nutrisi dalam susu kambing lebih sehat dan lebih baik dikonsumsi mentah bahkan bagi seseorang yang tidak toleran dengan laktosa. Susu kambing bisa menurunkan tingkat kolesterol dan bekerja lebih baik bagi yang memiliki masalah usus. Asam lemak antimikroba seperti asam kaprilat dan kaprat ditemukan melimpah dalam susu kambing.

4. Meningkatkan produksi ASI

Kandungan kalsium pada susu kambing lebih banyak dibanding dengan susu sapi. Jika susu kambing dikonsumsi oleh wanita hamil terutama pada usia 6 bulan, maka akan sangat baik untuk melancarkan produksi ASI.

5. Menenangkan sistem pencernaan

Susu kambing bekerja cemerlang bagi yang sedang pengobatan maag. Tak ada protein kompleks dalam susu kambing yang membuat risiko alergi berkurang dibandingkan susu sapi. Susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar lebih efektif untuk anak-anak.

6. Bertindak sebagai agen metabolik

Penelitian dan studi yang dilakukan mengungkapkan susu kambing meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga, khususnya pada orang yang memiliki penyerapan dan pencernaan terbatas.

7. Kaya kalsium

Orang mengonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium dan mencegah keropos tulang, susu kambing di sisi lain juga sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan. Manfaat susu kambing sangat banyak karena lebih sehat terutama ketika dikonsumsi mentah.

8. Obati penyakit empedu

Susu kambing memiliki khasiat dalam mengatasi beberapa masalah dalam tubuh. Orang-orang yang menderita penyakit jantung, epilepsi, kista fibroid, penyakit kandung empedu, dan batu empedu dapat diatasi dengan kerap mengonsumsi susu kambing.

4 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © rawpixel.com

Manfaat susu kedelai juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi yang ada di dalam susu kedelai ini bisa memenuhi beberapa kebutuhan selama masa kehamilan. Berikut manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

1. Karbohidrat

Kedelai juga memiliki kandungan gula atau karbohidrat yang memberi suplai energi bagi tubuh. Dengan porsi yang cukup, susu kedelai tentu sangat dibutuhkan ibu hamil. Selama tidak alergi kacang dan proses pembuatannya bersih dan matang tidak perlu ada yang dikhawatirkan.

2. Tinggi asam folat

Susu kedelai memiliki nutrsi penting berupa asam folat yang berfungsi membantu pembentukan dan perkembangan otak dan sistem saraf bayi yang sempurna dan sehat. Rutin mengonsumsi asam folat mampu meningkatkan pertumbuhan sel secara optimal.

3. Kaya vitamin

Susu kedelai mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin B1, A dan E. Vitamin E akan membantu menjaga energi tubuh dan mempertahankan kulit yang segar. Vitamin lainnya akan membantu metabolisme dan kinerja organ.

4. Protein

Protein dalam susu kedelai menjadi kandungan utama yang tak bisa diabaikan. Asam amino dalam susu kedelai membantu dan memastikan organ tubuh janin berkembang baik dan sempurna.

Sudahakah kamu memebuhi asupan nutrisi harianmu dengan susu yang cukup? Susu jenis apa yang kalian suka? Beri tahu kami di kolom komentar ya!

Beri Komentar