25 Manfaat Semangka Kuning dan Merah Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Pria

Reporter : Sofi
Jumat, 3 Januari 2020 17:02
25 Manfaat Semangka Kuning dan Merah Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Pria
Buah semangka dengan rasa manis dan segarnya pasti membuat kamu menyukai buah ini. Sudah tahukah kalian manfaat di balik buah semangka ini? Berikut adalah manfaat buah semangka.

Tentu kalian pernah mendengar buah semangka bukan? Atau buah semangka adalah buah kesukaanmu? Ternyata manfaat yang terkadung dalam buah semangka ini juga tidak main-main loh.

Buah yang terdiri dari 92% air ini di setiap gigitannya memiliki kadar vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan, asam amino, dan potasium. Semangka juga biasa digunakan untuk menu diet karena kalori yang terkandung dalam segelas jus semangka adalah 40 kkal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat buah semangka lainnya dapat kamu baca berikut ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © 2019 https://www.diadona.id /pixabay.com

Manfaat buah semangka juga dapat dirasakan oleh ibu hamil. Banyak dari manfaat buah semangka yang dapat didapat yang diantaranya adalah.

1. Meredakan morning sickness

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah meredakan morning sickness. Kamu bisa minum jus semangka segar di pagi hari untuk meredakan morning sickness. Buah semangka baik untuk mendukung pembentukan tulang pada janin serta melancarkan aliran urine dalam tubuh.

Ibu hamil cenderung susah buang air kecil. Salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi buah semangka ini.

2. Melawan sembelit

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil selanjutnya adalah melawan sembelit. Sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil dapat menyantap semangka untuk meningkatkan gerakan usus dan membersihkan sistem pencernaan.

3. Kekebalan tubuh

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang ketiga adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jadi sangat cocok untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil.

Kandungan vitamin dan mineral pada semangka juga sangat tinggi, yaitu vitamin A, C dan B6, serta kalium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan serta kekebalan tubuh.

4. Mencegah pigmentasi kulit

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang keempat adalah mencegah pigmentasi kulit. Pigmentasi sering terjadi selama kehamilan, yang disebabkan kadar hormon yang terlalu tinggi. Semangka dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan semua racun.

Buah ini dapat membantu untuk meningkatkan warna kulit dan mencegah pigmentasi kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

5. Mencegah dehidrasi

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang kelima adalah mencegah dehidrasi. Tetap terhidrasi selama kehamilan sangat penting karena dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi awal rahim dan kelahiran prematur.

Kamu bisa makan semangka untuk memberi lebih banyak cairan ke tubuh dan memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

6. Mengurangi pembengkakan aliran darah

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi pembengkakan aliran darah. Selama kehamilan, wanita sering mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan. Semangka kaya akan kandungan air dan dapat mengurangi pembengkakan. Kandungan airnya membantu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot.

7. Meredakan asam lambung

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang ketujuh adalah meredakan asam lambung. Selama kehamilan, wanita biasanya menderita masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung.

Buah semangka juga memiliki efek menenangkan pada perut ibu hamil. Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin.

8. Mengurangi kram otot

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan membuat ibu hamil secara otomatis mengalami kenaikan berat badan. Memang, beberapa dokter dan ahli menyarankan ibu hamil untuk menaikkan berat badan demi si kecil yang sedang di kandung.

Kenaikan berat badan mampu menyebabkan timbulkan rasa sakit di tulang hingga terjadi kram otot. Salah satu cara mengatasi kram otot selama kehamilan yaitu dengan mengonsumsi buah semangka. Buah ini diketahui mengandung mineral serta magnesium yang sangat tinggi. Keduanya secara efektif mampu meredakan kram pada otot.

9. Mendetoksifikasi racun

Memiliki kadar air sangat tinggi, buah semangka mampu memberikan beragam manfaat bagi ibu hamil. Salah satunya yaitu membuang segala jenis racun yang hinggap dan menempel di dalam tubuh ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah semangka dalam porsi sedang saja sudah mampu bekerja secara efektif dalam detoksifikasi racun.

Bagaimana mengetahui tubuh tidak ada racun? Sangat mudah untuk dianalisa, bila tubuh ibu hamil sudah tidak lagi merasakan kelelahan maka racun sudah berangsur-angsur menurun. Tentu saja kondisi ini terjadi jika ibu hamil hanya melakukan aktifitas yang sederhana namun terasa begitu lelah. Selain itu, buah semangka juga bisa membuat tubuh tetap akan selalu berenergi sepanjang hari.

10. Mengurangi risiko Preeklampsia

Buah semangka memiliki kandungan likopen sangat tinggi. Bagi yang belum tahu, likopen secara signifikan mampu mengurangi risiko terjadi preeklampsia pada ibu hamil. Preeklampsia ditandai dengan meningkatnya tekanan darah, serta adanya kadar protein berlebih dalam urin.

Preeklampsia bisa dengan mudah menyebabkan persalinan prematur di samping juga timbul beberapa komplikasi kesehatan lainnya. Preeklampsia tidak hanya bisa terjadi di awal kehamilan saja, melainkan juga bisa menyerang ibu hamil yang telah memasuki trimester ketiga. Tentu saja, gangguan preeklampsia ini sangat berbahaya bagi ibu hamil yang sedang mengandung.

11. Meredakan rasa mulas

Dengan mengonsumsi semangka dalam porsi yang tepat dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Buah semangka mampu memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan serta perut kalian. Buah semangka diketahui memiliki sifat pendinginan yang sangat ampuh mengatasi berbagai masalah.

Terutama dalam membantu dalam mendinginkan sensasi terbakar di tenggorokan yang kerap ibu hamil alami. Sensasi terbakar ini pada umumnya diakibatkan karena adanya peningkatan kadar keasaman dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, buah semangka juga bisa mengatasi gangguan asam lambung yang naik selama kehamilan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Semangka Kuning

semangka kuningsemangka kuning © rawpixel.com

Buah semangka memiliki 2 macam yaitu buah semangka merah dan buah semangka kuning. Pada dasarnya kedua jenis buah semangka ini memiliki manfaat yang hampir sama. Hanya saja yang membedakan adalah buah semangka sumber dari kandungan likopen yang memberikan warna merah pada buah semangka, dan semangka kuning adalah sumber betakaroten.

Keduanya adlaah sama-sama antioksidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dan penyakit mata. Berikut adalah manfaat buah semangka kuning yang harus kamu ketahui.

1. Semangka adalah sumber energi

Jangan heran jika kamu belum pernah mendengar tentang L-citrulline. Ini paling dikenal di dunia olahraga karena merupakan asam amino non-esensial yang membantu atlet untuk meningkatkan kinerjanya. Asam amino non-esensial adalah protein yang dapat disintesis oleh tubuh.

2. Membantu meringankan nyeri otot

Para peneliti melakukan percobaan tabung reaksi, yang menyelidiki penyerapan citrulline. Temuan mereka menunjukkan bahwa penyerapan citrulline paling efektif ketika dikonsumsi sebagai komponen jus semangka.

Jus semangka memiliki beberapa potensi sebagai minuman pemulihan setelah berolahraga. Citrulline mungkin sebagian bertanggung jawab atas efeknya meredakan nyeri otot.

3. Baik untuk kulit dan rambut

Vitamin A dan C yang terkandung dalam semangka dapat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuhmu membuat kolagen, protein yang membuat kulitmu kenyal dan rambutmu kuat. Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel-sel kulit.

Tanpa cukup vitamin A , kulitmu bisa terlihat kering dan terkelupas. Betakaroten juga dapat membantu melindungi kulitmu dari sengatan matahari.

4. Melancarkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, keduanya penting untuk pencernaan yang sehat. Serat dapat memberikan dorongan untuk sistemmu, sementara air membantu menjaga saluran pencernaan kamu bergerak secara efisien. Makan buah - buahan dan sayuran yang kaya air dan kaya serat , termasuk semangka, bisa sangat membantu untuk meningkatkan pergerakan usus yang normal.

5. Mencegah dehidrasi

Kadar air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantumu merasa kenyang. Kombinasi air dan serat yang berarti kamu makan dengan volume makanan yang baik tanpa banyak kalori.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Semangka Bagi Pria

ilustrasi priailustrasi pria © rawpixel.com

Siapa sangka manfaat buah semangka ini juga baik untuk pria? Berikut adalah manfaat buah semangka bagi pria.

1. Meningkatkan produksi sperma

Kandungan vitamin B12 dan asam folat dalam semangka sangat bermanfaat dalam pembentukan materi genetik, sehingga sangat baik untuk memperbaiki sperma abnormal, meningkatkan jumlah sperma dan juga meningkatkan kemampuan gerak sperma.

2. Meningkatkan kesehatan prostat

Semangka mengandung likopen tinggi ketimbang jenis buah atau sayuran lainnya. Kandungan tersebut dipercaya memiliki kualitas antioksidan untuk menjaga kulit, jantung dan prostat tetap sehat.

The University of Illinois di Chicago pernah menguji peserta tes mencerna likopen selama tiga minggu sebelum menjalani prostatektomi. Hasilnya menunjukkan bahwa kerusakan pada jaringan prostat berkurang secara signifikan pada akhir percobaan tiga minggu.

3. Pembentukan hormon pria

Jus semangka kaya nutrisi seperti vitamin C, vitamin A dan juga vitamin B6. Kandungan vitamin B6 pada jus semangka tentu sangat penting dalam pembentukan hormon pada pria. Selain itu, jus semangka juga mengandung vitamin E juga sangat baik dalam membantu sperma untuk menyelesaikan sel telur.

4. Membantu memperbaiki disfungsi ereksi

Kandungan L-citrulline pada semangka dapat membantu memperbaiki disfungsi ereksi ringan. Ini berkat vasodilatasi melalui oksida nitrat dan fungsi endotel. Dengan memperbaiki sirkulasi darah secara alami, semangka bisa meringankan kasus disfungsi ereksi ringan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

ilustrasi anak kecililustrasi anak kecil © rawpixel.com

Tidak berhenti disitu, manfaat buah semangka ini tentu bisa dirasakan untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut manfaat buah semangka untuk kesehatan.

1. Dapat menurunkan peradangan dan stres oksidatif

Lycopene dan vitamin C adalah antioksidan antiinflamasi yang ditemukan dalam semangka. Peradangan terkait dengan banyak penyakit kronis.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif terhadap kolesterol. Menurut penelitian, wanita pascamenopause dan seorang pria, likopen juga dapat mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri.

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Nitric oxide membantu pembuluh darah mengembang, yang menurunkan tekanan darah. Vitamin dan mineral lain dalam semangka juga baik untuk jantung. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium , dan kalium.

5. Membantu mencegah degenerasi makula

Likopen ditemukan di beberapa bagian mata di mana ia membantu melindungi terhadap kerusakan oksidatif dan peradangan. Ini juga dapat mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD). Ini adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua. Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan antiinflamasi dapat membantu mencegah AMD berkembang dan memburuk.

Apakah kamu sudah merasakan manfaat dari buah semangka ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar