17 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Cocok buat Diet dan Bagus untuk Jantung

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 4 Februari 2024 01:30
17 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Cocok buat Diet dan Bagus untuk Jantung
Manfata buah semangka di antaranya mengandung banyak nutris yang bahkan bagus buat jantung kamu, melancarkan BAB hingga bikin kulit kamu jadi lembab.

Tentu kalian pernah mendengar buah semangka bukan? Atau buah semangka adalah buah kesukaanmu? Ternyata manfaat yang terkandung dalam buah semangka ini juga tidak main-main loh.

Buah yang terdiri dari 92% air ini di setiap gigitannya memiliki kadar vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan, asam amino, dan potasium. Kandungan air dan seratnya membuat penceranaan kamu jadi lancar.

Apakah Buah Semangka bisa Melancarkan BAB?

Mengonsumsi buah semangka bisa melancarkan buang air besar. Hal ini dikarenakan semangka memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Nah, mengonsumsi semangka baik bagi kamu yang mengalami masalah sembelit. 

Apalagi kalau kamu mengalami sembelit akibat kekurangan serat. Serat yang terkandung dalam semangka bisa membentuk gel alami pada usus besar. Gel ini nantinya akan membantu melancarkan penyerapan nutrisi oleh tubuh sekaligus melancarkan buang air besar.

Katanya buah semangka bisa bikin kulit jadi sehat. Beneran?

Yeah! Buah yang tinggi kadar air ini selain bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi juga bisa menjaga kelembaban kulit wajah. Eits, tapi manfaat buah semangka untuk wajah lebih dari sekadar melembabkan kulit wajah lho, Diazens. Kandungan vitamin C dalam buah semangka bisa menjadikan buah ini sebagai natural exfoliator.

Antioksidan dan vitamin dalam buah semangka bisa mencegah penuaan pada kulit. Semangka biasanya dijadikan bahan campuran skincare bagi kulit sensitif dan berjerawat karena mengandung anti-inflamasi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat buah semangka untuk tubuh kamu.

1 dari 6 halaman

Manfaat Buah Semangka © Diadona

Kaya Likopen

Sama seperti tomat, warna merah pada semangka menandakan bahwa buah satu ini kaya akan likopen. Kandungan likopen pada semangka bisa mencapai 6.9 miligram per buah lho, Diazens. Dibandingkan dengan buah atau sayuran lainnya, semangka memiliki lebih banyak likopen.

Likopen adalah antioksidan yang kuat, yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Likopen dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit degeneratif dan penuaan.

Untuk mendapatkan kandungan likopen yang optimal, pilih semnagka berwara merah ya! Semangka tanpa biji juga cenderung mengandung lebih banyak likopen dibanding yang berbiji.

Meredakan Morning Sickness untuk Ibu Hamil

Tahukah kamu kalau salah satu manfaat semangka adalah bisa meredakan morning sikcness? Semangka mengandung banyak air dan elektrolit, seperti kalium, yang dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi.

Selain itu, rasa segar dan manis dari semangka juga bisa membantu meredakan sensasi mual saat morning sickness terjadi.

Melawan Sembelit

Sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Nah, kandungan elektrolit yang melimpah pada buah semagka menjadikan buah ini bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

Nggak hanya untuk ibu hamil, yang sedang kesulitan BAB juga bisa banget mengonsumsi semangka biar buang hajat jadi lancar jaya! 

Menjaga Kekebalan Tubuh

Satu cup semangka mengandung sekitar 15% dari kebutuhan vitamin C harian kamu, bersama dengan banyak vitamin dan mineral lainnya termasuk potasium dan vitamin A dan B6, kata Kris Sollid, MS, RD, direktur senior komunikasi nutrisi di International Food Information Council.

Vitamin C ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menyerap zat besi, , sedangkan vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata.

Semangka juga kaya akan potasium, yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan mendukung fungsi saraf, serta vitamin B6, yang membantu tubuh memecah protein yang kamu makan dan juga meningkatkan sistem kekebalan dan fungsi saraf. Yup, dengan kata lain nih, manfaat semangka adalah mampu menjaga daya tahan tubuh kamu jadi nggak gampang sakit!

 

2 dari 6 halaman

Manfaat Semangka untuk Kesehatan © Diadona

Semangka Bikin Kamu Tetap Terhidrasi

Semangka terdiri dari lebih dari 90% air, makanya salah satu manfaat yang bisa diberikan oleh semangka adalh bikin kamu tetap terhidrasi.

Tubuh kita mendapatkan 80% hidrasi dari apa yang kita minum dan 20% dari apa yang kita makan. Dengan konsumsi semangka, maka asupan air kita tentu akan jadi seimbang.

Christina Meyer-Jax, RDN, LDN, mantan asisten profesor di Northwestern Health Sciences University merekomendasikan makan semangka yang ditaburi sedikit garam. Wah, kok aneh?
“ Kombinasi karbohidrat dan garam sangat ideal untuk mengisi kembali elektrolit dan simpanan karbohidrat yang hilang,” katanya.

Bikin Sistem Pencernaan Kamu Jadi Sehat

Semangka mengandung kadar air yang tinggi dan sedikit serat. Nah, keduanya adalah kunci untuk menjaga pencernaan tetap lancar.
Serat menambah jumlah berat pada tinja sehingga membuat kamu BAB secara teratur, sementara itu air dalam saluran pencernaan membantu memindahkan limbah.

Jadi saat kamu sembelit, manfaatkan semangka dengan mengonsumsinya secara sehat, ya!

Bagus untuk Kesehatan Mata

Semangka juga dipercaya baik untuk kesehatan mata nih, Diazens. Dalam menjaga kesehatan mata, manfaat semangka adalah memberikan asupan nutrisi yang baik seperti beta karoten, vitamin A, C lutein, dan zeaxanthin.

Kekurangan nutrisi di atas bisa menyebabkan penyakit mata lho, Diazens. Misalnya, degenerasi makula yang terjadi akibat kornea mata menebal dan bisa menyebabkan kebutaan. Kandungan vitamin A dalam semangka baik untuk menjaga kesehatan mata dan menghindarkan mata dari gangguan lain akibat faktor usia.

3 dari 6 halaman

Manfaat Buah Semangka buat Kesehatan © Diadona

Membantu Kamu Berdiet

Daripada makan makanan manis, mending konsumsi semangka aja deh!

Dikutip dari website Northwestern Health Science University, penelitian yang diterbitakan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2019 menyebut kalau makan semangka bisa bikin lebih kenyang dibandingkan dengan kue rendah lemak.

Meningkatkan Kesehatan Jantung Kamu

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, lho!

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menunjukkan adanya hubungan antara buah semangka dan penyakit jantung. Ini kaitannya karena ekstrak semangka dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka waktu yang lama.

Bagus Buat Kulit Kamu

Air dan vitamin A, B6, dan C dalam semangka mbikin kamu jadi lebih lembut.

Vitamin C meningkatkan produksi kolagen , yang meningkatkan elastisitas kulit dan aliran darah ke kulit. Trus vitamin A membantu memperbaiki sel-sel kulit , mencegah kulit kering dan bersisik, sedangkan vitamin B6 membantu mengatasi kulit berjerawat.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Buah Semangka dan Kandungan Nutrisinya © Diadona

Meningkatkan Stamina saat Berolahraga

Semangka merupakan buah yang tepat untuk meningkatkan stamina kamu selama berolahraga. Kaya akan kandungan air, semangka akan menjaga tubuh kamu agar tetap terhidrasi selama melakukan aktivitas fisik.

Selanjutnya, tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mencegah penurunan stamina saat berolahraga.

Nggak Bikin Gula darah Naik

Buah yang tinggi kadar air satu ini juga bisa membantu menjaga keseimbangan gula darah lho, Diazens. Walaupun rasanya manis, tapi mengonsumsi semangka nggak meningkatkan kadar gula darah karena buah satu ini juga rendah karbohidrat. 

Manfaat semangka ini didapat karena semangka punya kandungan glikemik yang rendah. Sehingga, rasa manis alami dari buah semangka tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

Meski begitu, kamu tetap harus mengonsumsi semangka dalam porsi yang wajar ya, Diazens.

Buah yang Mudah Dicerna

Buah yang memiliki kandungan air sangat tinggi ini mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan air yang tinggi ini bisa membantu memecah makanan secara efisien pada saluran pencernaan.

Terlebih lagi dengan kandungan serat yang rendah, semangka tidak menyebabkan beban berlebih pada sistem pencernaan.

Selain itu, tekstur semangka yang sangat lembut juga membuat buah satu ini mudah dicerna. Bertekstur renyah tapi tetap lembut, semangka nggak memberikan tekanan berlebih pada saluran pencernaan.

Inilah yang membuat semangka nyaman untuk dikonsumsi, apalagi kalau kamu memiliki gangguan pencernaan atau kesulitan dalam mencerna makanan berat.

Meredakan Nyeri Otot

Dilansir dari Healthline, ternyata ada salahs atu manfaat semangka yang unik banget lho, yakni bisa meredakan nyeri otot!

Buah ini mengandung citrulline yang bisa mengurangi nyeri otot yang biasa dialami setelah berolahraga. Senyawa ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi pembengkakan pada otot yang terasa sakit.

Selain itu, kandungan vitamin C dan likopen pada semangka bisa melawan radikal bebas dan peradangan yang menyebabkan nyeri otot. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu bisa mengolah semangka menjadi jus yang menyegarkan untuk meredakan nyeri otot.

5 dari 6 halaman

Manfaat Buah Semangka buat Kesehatan © Diadona

Walaupun ada banyak manfaat buah semangka, namun kamu tetap harus berhati-hati saat mengonsumsinya ya!

Apakah boleh makan semangka dalam jumlah banyak?

Mengonsumsi semangka secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan masalah pencernaan tertentu, lho! Kandungan fruktosa dalam semangka bisa menyebabkan perut tidak nyaman atau kembung saat dikonsumsi dalam jumlah besar. Apalagi kalau kamu sensitif terhadap fruktosa.

Selain itu, mengonsumsi semangka secara berlebihan juga bisa meningkatkan kadar gula darah kamu. Hal ini dikarenakan semangka mengandung indeks glikemik yang tinggi.

Maka dari itu, kamu harus memperhatikan asupan semangka yang masuk ke dalam tubuh. Terlebih kalau kamu memiliki riwayat penyakit diabetes.

Apakah buah semangka baik bila dikonsumsi setiap hari?

Yup, semangka aman untuk dikonsumsi setiap hari. Sejauh ini belum ada batasan tertentu dalam mengonsumsi buah semangka.

Meski begitu, kamu tetap harus menjaga jumlah asupan buah semangka agar manfaatnya tidak terbuang begitu saja ya, Diazens.

Kamu bisa mengonsumsi 2 cangkir buah semangka per hari. Porsi ini cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet. Nggak cuma itu, porsi yang tepat ini juga menghindarkan kamu dari kenaikan kadar gula darah.

Udah tahu manfaat buah semangka, apakah kamu tertarik untuk makin sering mengonsumsinya?

Penulis : Shofi Febri, Shellta Zanneti Mallarangi

6 dari 6 halaman

Beri Komentar