12 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil dan Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi

Reporter : Sofi
Jumat, 7 Februari 2020 13:32
12 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil dan Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi
Manfaat ikan gabus ternyata bisa untuk untuk kesehatan tubuh kamu loh! Bagaimana? Berikut manfaat ikan gabus yang harus kamu ketahui.

Ikan gabus adalah ikan yang hidup di air tawar, sejenis predator. Ikan gabus termasuk ikan segar yang mudah ditemukan di Indonesia, seperti di danau, sungai, rawa, bahkan terkadang bisa ditemukan di sawah.

Manfaat ikan gabus banyak mengandung protein albumin, tidak kalah dengan protein yang dikandung salmon. Protein ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, bahkan untuk ibu hamil sekalipun. Berikut adalah manfaat ikan gabus yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi harian yang lebih banyak dari orang lain biasnya. Salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang bisa membantu nutrisi harian ibu hamil untuk kesehatan janin dan ibu yang mengandung adalah ikan gabus. Berikut manfaat ikan gabus untuk ibu hamil.

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Bantu mengatasi kekurangan gizi

Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil yang pertama adalah menjaga keseimbangan gizi juga penting dilakukan bagi ibu hamil. Ibu hamil juga perlu mendapatkan kecukupan nutrisi gizi sebanyak dua kali lipat ketika masa kehamilan. Di mana memenuhi asupan nutrisi bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi baik untuk ibu hamil dan sang bayi.

Nah, untuk mendapatkannya, kamu bisa mengonsumsi ikan gabus yang di mana memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Selain itu, nutrisi yang cukup dan baik juga mendukung untuk pertumbuhan. Untuk itu, bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan gabus ini. Manfaat ikan gabus juga baik untuk mengatasi kekurangan gizi, jadi bisa sekaligus sebagai langkah pencegahan.

Menaikkan berat berat

Buat kamu yang di masa kehamilan justru memiliki berat badan yang kurang, di sini kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi protein hewani. Di mana protein hewani ini dipercaya sangat baik untuk menambah berat badan. Apabila ibu hamil tidak memiliki berat badan yang tidak sesuai pada usia kandungannya maka akan menyebabkan lahirnya bayi prematur.

Meringankan penyembuhan pada luka

Manfaat ikan gabus yang bisa kamu rasakan adalah dihasilkan dari albuminnya. Selain mencegah terjadinya pembengkakan pada tubuh, fungsi albumin pada ikan gabus juga bisa membantu meregenerasi jaringan tubuh yang terluka dengan cepat. Untuk itu, buat kamu yang sedang dalam masa kehamilan sangat dianjurkan mengonsumsi ikan gabus ini.

Kamu juga bisa mengonsumsi ikan gabus setelah masa kehamilan, alias setelah melalukan operasi sesar. Di mana ikan gabus akan membantu menutup luka bekas operasi lebih cepat.

Menjaga kekebalan tubuh

Di masa kehamilan, menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting. Pasalnya, ibu hamil seringkali mudah terkena penyakit seperti flu, batuk, pilek, dan lain sebagainya. Nah, untuk menjaga kekebalan tubuh ini kamu bisa memanfaatkan ikan gabus

Kamu bisa merasakan manfaat ikan gabus untuk ibu hamil dari adanya kandungan albumin yang dimilikinya. Di mana albumin pada ikan gabus mampu membantu membentuk sel darah putih yang bertugas penting dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Bantu mencegah pembekanan pada tubuh

Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil kedua adalah bisa membantu mencegah pembengkakan. Pada ibu yang sedang hamil kerap kali merasakan beberapa bagian tubuhnya mengalami perubahan alias membengkak. Selain perut yang semakin membesar, perubahan kaki atau bagian tubuh lainnya juga ikut membengkak seiring bertambahnya usia kandungan.

Hal ini biasa disebut dengan hormon kehamilan, di mana volume darah dalam tubuh selama kehamilan cenderung meningkat. Terjadinya pembengkakan ini biasa disebut edema. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini kamu bisa mengonsumsi ikan gabus selama kehamilan.

Karena ikan gabus memiliki albumin yang pada dasarnya adalah suatu protein. Zat ini merupakan protein utama dalam darah manusia, yang diproduksi oleh organ hati dan berfungsi untuk mengatur tekanan dalam pembuluh darah serta menjaga cairan yang terdapat dalam pembuluh darah tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya. Albumin ini dapat membantu mengikat darah agar tidak terjadi pengendapan yang menyebabkan edema tersebut. Oleh karena itu, kamu bisa menyantap ikan gabus untuk meredakan pembengkakan tersebut.

Baik untuk pertumbuhan rahim dan janin

Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil selanjutnya adalah bisa membantu pertumbuhan rahim dan janin dengan baik. Hal ini bisa bekerja pada ibu hamil karena pada ikan gabus memiliki kandungan proteintinggi. Sedangkan selama masa kehamilan, ibu hamil seringkali disarankan untuk mengonsumsi banyak protein hewani.

Nah, salah satu sumber protein hewani yang bisa kamu konsumsi selama masa kehamilan adalah ikan gabus ini. Mengonsumsi ikan gabus selama masa kehamilan dipercaya baik untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan janin. Jika sulit menemukan protein hewani dari ikan gabus, kamu bisa menggantinya dengan hati ayam, telur, atau ikan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Ekstrak Ikan Gabus

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat ikan gabus tidak harus memakan daging dari ikan gabus. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi ekstrak ikan gabus ini. Berikut manfaat ekstrak ikan gabus.

Ilustrasi Wanita Sehat © Diadona

Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat ikan gabus untuk menyembuhkan luka memang dapat dikatakan sebagai manfaat paling utama. Hal ini tentunya berkat kadar albumin yang tinggi dalam ikan gabus. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, albumin merupakan protein utama dalam darah. Albumin memiliki peran yang sangat penting dalam penyembuhan luka.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus pada pasien pasca operasi terbukti dapat memicu proses penyembuhan luka lebih cepat. Tentunya konsumsi ikan gabus tidak hanya baik untuk pasien yang menjalani operasi, tapi juga bisa kamu gunakan untuk membantu proses penyembuhan luka yang disebabkan oleh berbagai faktor lainnya.

Menyembuhkan pembengkakan tubuh

Manfaat ikan gabus yang kaya akan protein albumin dapat mengatasi pembengkakan dalam tubuh. Misalnya bengkak di kaki setelah berkendara jauh menggunakan kendaraan umum atau pembengkakan kaki pada ibu hamil.

Meningkatkan albumin dalam tubuh

Manfaat ikan gabus kaya akan nutrisi protein dan albumin, sehingga bermanfaat baik untuk meningkatkan albumin dalam tubuh, terutama pada darah. Albumin adalah protein utama yang terdapat dalam darah manusia yang diproduksi oleh organ hati.

Membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Manfaat ikan gabus mengandung zat albumin yang tinggi, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kandungan normal yang ada pada tubuh mencapai 60%. Apabila cairan dalam tubuh kurang, maka protein yang ada pada tubuh tidak akan berfungsi dengan baik.

Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Manfaat ikan gabus banyak mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat ikan gabus memiliki kandungan kalsium sekitar 60 mg/100 gram dan 70 mg/ 100 gram fosfor. Jadi ikan gabus sangat baik dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, terutama bagi anak-anak yang masih dalam mas pertumbuhan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Gabus Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi

Ilustrasi Operasi © Diadona

Menurut penelitian, ikan gabus memiliki kandungan albumin yang tinggi sehingga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit, salah satunya luka pasca operasi dan melahirkan. Albumin adalah salah satu jenis protein yang penting di dalam tubuh. Ikan gabus mempunyai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam satu ekor ikan gabus terdapat protein 79,5 %, albumin 30,5 %, mineral 5,95 % , dan kadar air 2,84 %. Karena banyaknya kandungan albumin inilah yang dibutuhkan tubuh untuk mempercepat luka jahitan mengering.

Selain membantu mempercepat penyembuhan luka, manfaat ikan gabus juga memberikan gizi cukup untuk ibu menyusui dan bayinya karena protein dalam ikan gabus mudah dicerna dan diserap tubuh. Ikan gabus juga membantu penyembuhan bengkak pada luka. Cara mengolah ikan gabus pun juga tidak sulit, seperti masak ikan-ikan lain.

Bagaimana menurutmu tetang manfaat ikan gabus ini? Akan kamu olah menjadi apakah ikan gabus ini? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar