18 Manfaat Kefir untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Kamis, 6 Februari 2020 13:23
18 Manfaat Kefir untuk Wajah dan Kesehatan
Sudah pernahkah kamu mendengar tentang kefir? Ini lebih baik daripada yoghurt loh. Bagaimana? Berikut manfaat kefir yang harus kamu ketahui.

Kefir adalah minuman fermentasi, yang dibuat secara tradisional menggunakan susu sapi atau susu kambing. Itu dibuat dengan menambahkan biji-bijian kefir ke dalam susu . Ini bukan biji-bijian sereal, tetapi koloni mirip ragi dan bakteri asam laktat yang menyerupai kembang kol dalam penampilan.

Lebih dari 24 jam, mikroorganisme dalam butir kefir berlipat ganda dan memfermentasi gula dalam susu, mengubahnya menjadi kefir. Kemudian biji-bijian dikeluarkan dari cairan dan dapat digunakan kembali. Tinggi nutrisi dan probiotik, sangat bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan usus.

Banyak orang menganggapnya lebih sehat daripada yogurt. Berikut adalah manfaat kefir yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Masker Kefir

Masker kefir bagus untuk wajah karena mengandung lactobacillus yang mampu membantu membersihkan wajah dari kotoran. Masker kefir juga mampu merangsang produksi kolagen dalam kulit. Selain itu berikut adalah manfaat masker kefir yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi Wanita Memakai Masker Kecantikan © Diadona

Masker kefir alami

Bahan :
- 1 liter susu kambing atau sapi murni
- 50 gram bibit kefir

Cara Membuat :
- Campurkan susu dan bibit kefir ke dalam toples kaca lalu aduk hingga rata.

- Tutup toples dengan kain dan tinggalkan di tempat yang gelap selama 2 hari.

- Setelah itu, susu akan terbagi menjadi curd (cairan kental) di bagian atas dan whey (cairan bening) di bagian bawah.

- Untuk memisahkannya gunakan kain tipis berwarna putih untuk menyaring.

- Setelah terpisah, cairan curd bisa di gunakan untuk masker. Sedangkan cairan whey bisa di konsumsi untuk di minum.

- Masker kefir alami ini cocok untuk kulit berjerawat, dengan penggunaan yang rutin maka bisa mengurangi jerawat yang ada di wajah.

Masker kefir untuk kulit kering

Menambahkan kuning telur dan minyak zaitun ke dalam adonan masker kefir sangatlah cocok untuk jenis kulit kering. Hal ini karena minyak zaitun dapat membantu untuk melembab kan kulit secara maksimal.

Masker kefir untuk kulit berminyak

Untuk kulit berminyak, kita bisa menambahkan putih telur dan madu ke dalam kefir sebelum di gunakan. Kombinasi antara kefir, madu, dan putih telur mampu membantu mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi produksi minyak.

Masker kefir untuk kulit normal

Untuk membuat masker kefir dengan kondisi kulit normal tidak jauh berbeda dengan yang sudah di jelaskan di atas. Hanya saja, kita bisa menambahkan air perasan timun ke dalam kefir untuk memberikan efek lebih menyegarkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Susu Kefir

Susu kefir dipercaya banyak orang lebih baik daripada yogurt. Karena tinggi nutrisi dan probiotik, sangat bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan usus. Berikut manfaat kefir tersebut.

Ilustrasi Kefir © Diadona

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat kefir juga merupakan bahan yang sangat populer di dunia kecantikan. Manfaat kefir tidak hanya dapat merawat kulit dari luar, tetapi juga dari dalam tubuh. Manfaat kefir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai infeksi kulit dapat dicegah dan proses penembuhan masalah kulit juga dapat berjalan lebih cepat.

Meningkatkan kekuatan tulang

Manfaat kefir, terutama kefir susu adalah sumber kalsium dan vitamin K2 yang dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang. Produk ini meningkatkan metabolisme kalsium, sehingga mencegah timbulnya osteoporosis. Seiring dengan tingginya kalsium yang ada di dalam minuman ini, senyawa bioaktifnya akan membantu menghentikan degradasi tulang.

Kandungan probiotik dalam kefir akan membantu penyerapan nutrisi, secara langsung berdampak pada peningkatan kepadatan tulang. Nutrisi seperti fosfor, kalsium, magnesium, vitamin D, dan vitamin K2 yang dibutuhkan untuk kepadatan tulang akan terserap lebih baik berkat kefir.

Mengurangi intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa membuat tubuh kesulitan memecah dan mencerna laktosa, kandungan utama dalam produk olahan susu. Dengan demikian makanan-makanan ini tidak bisa dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa. Sementara itu manfaat kefir mengubah laktosa menjadi asam laktat, sehingga susu tetap bisa dikonsumsi dengan aman.

Selain asam laktat, kefir juga mengandung enzim yang memecah kandungan laktosa. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa konsumsi kefir dapat membantu meningkatkan pencernaan dan toleransi laktosa.

Menyembuhkan alergi & peradangan

Masalah peradangan di dalam tubuh bisa berujung pada alergi dan asma jika tidak ditangani. Asupan kefir telah terbukti mengurangi gangguan di paru-paru dan saluran udara yang disebabkan oleh sel-sel inflamasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center mengungkapkan dampak positif konsumsi kefir terhadap individu yang menderita alergi & peradangan. Mikroorganisme di dalam minuman ini juga membantu mencegah pembentukan lendir. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bakteri di dalam kefir akan menekan reaksi alergi.

Ilustrasi Kulit Gatal © Diadona

Melancarkan pencernaan & mengobati iritasi usus

Manfaat kefir membantu meningkatkan pencernaan berkat bantuan bakteri baik yang ramah usus di dalamnya. Probiotik dalam kefir membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan ulkus yang disebabkan oleh infeksi. Peran paling penting yang dimainkan oleh kefir adalah memerangi sindrom iritasi usus atau biasa disebut irritable bowel syndrome (IBS). Probiotik membantu usus dengan melawan patogen dan memulihkan flora di dalam usus. Konsumsi kefir juga membantu menjaga keseimbangan flora di dalam usus setelah konsumsi antibiotik.

Dapat mencegah kanker

Probiotik yang ada di dalam kefir memainkan peran utama dalam membantu tubuh melawan kanker. Dengan menghentikan pembelahan sel-sel penyebab kanker, minuman kaya probiotik telah terbukti efektif membuat sel kanker menghancurkan diri sendiri. Fungsi antikarsinogenik yang dijalankan oleh kefir dapat memperlambat pertumbuhan awal tumor dan menghentikan perkembangan enzimatiknya agar tidak berubah dari non-karsinogenik menjadi karsinogenik.

Sebuah studi yang dilakukan oleh School of Dietetics and Human Nutrition di Macdonald Campus of McGill University, Kanada menunjukkan peran kefir dalam mengurangi sel-sel kanker hingga 56%.

Meningkatkan imunitas

Nutrisi seperti folat dan biotin yang ada di dalam kefir dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Banyaknya bakteri baik dalam minuman ini juga akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri predator. Bakteri Lactobacillus kefiri di dalam kefir akan membantu tubuh dalam melawan bakteri berbahaya seperti E. Coli dan salmonella.

Kefiran, jenis polisakarida tak larut yang hanya ditemukan dalam minuman probiotik memiliki sifat antimikroba. Bisa membantu melawan infeksi jamur candida. Dengan berkontribusi terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh, kefir telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Oleh sebab itu, manfaat kefit ini untuk meningkatkan imunitas.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kefir selanjutnya bisa membantu menurunkan berat badan. Minuman fermentasi ini adalah pembangkit tenaga yang dikemas dengan banyak bakteri baik, antara lain Lactobacillus gasseri, Lactobacillus amylovorus, Lactobacillus paracasei, Lactobacillus fermentum dan Lactobacillus rhamnosus. Bakteri yang ada di dalam kefir terbukti dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Bakteri akan mengatur ANGPTL4, hormon serum protein pembakar lemak di tubuh. Studi telah mengungkapkan dampak konsumsi kefir terhadap penurunan berat badan, mengungkapkan bahwa individu yang mengonsumsi kefir kehilangan 3-4% dari lemak tubuh mereka dalam waktu enam minggu.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kefir untuk Wajah

Tidak hanya kesehatan, manfaat kefir juga bisa untuk kecantikan. Salah satunya untuk wajah kamu. Berikut manfaat kefir untuk wajah.

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Mempercepat sembuhnya luka

Manfaat kefir untuk wajah yang pertama bisa mempercepat sembuhnya luka. Kandungan senyawa seperti asam laktat, asam asetat, dan juga polisakarida mampu membuat masker kefir memiliki kemampuan yang semakin tinggi untuk meperbaiki jaringan kulit.

Sebagai antiinflamasi

Inflamasi pada kulit bisa di sebabkan karena beberapa hal, masker kefir bagus untuk mencegah inflamasi karena mengandung senyawa polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab inflamasi seperti jerawat. Maka dari itu manfaat kefir ini dapat berfungsi sebagai antiinflamasi.

Melembabkan kulit

Manfaat kefir ini juga bisa digunakan untuk melembapkan kulit. Kandungan probiotik dalam kefir juga mampu menjaga kelembapan pada kulit.

Mengangkat sel kulit mati

Manfaat kefir selanjutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Kandungan asam laktat dalam kefir akan bertindak sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati. Sehingga proses regenerasi kulit menjadi lebih lancar.

Sebaga Antiaging

Manfaat kefir yang digunakan sebagai masker merupakan senyawa yang mampu memicu pertumbuhan kolagen, seperti yang di ketahui bahwa kolagen mampu mempertahankan kulit agar terlihat tetap kencang dan awet muda.

Menangkal bakteri dan jamur

Manfaat kefir mampu bertindak sebagai antimikroba. Tingkat keasaman pada kefir mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan berbagai masalah kulit.

Efek samping penggunaan masker kefir biasanya akan menimbulkan efek gatal dan perih pada kulit wajah. Hal ini di sebabkan oleh bakteri dan asam laktat yang sedang bekerja memperbaiki kulit.

Tetapi, hal ini tidak terjadi pada semua orang melainkan hanya di beberapa orang dengan kondisi kulit yang sensitif. Untuk itu, bagi pemilik kulit sensitif tidak dianjurkan untuk terlalu banyak memakai masker kefir. Penggunaan masker kefir juga di anjurkan untuk dipakai sekitar 3-4 kali dalam seminggu saja.

Hal ini di sebabkan karena kandungan probiotik kurang baik jika digunakan sebagai perawatan utama dan sebaiknya di gunakan sebagai perawatan pendamping.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat kefir di atas? Apakah kamu sudah sering untuk mengguanakan manfaat kefir ini? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar