20 Penyebab Keringat Dingin pada Bayi di Malam Hari, Tanda Penyakit Bahaya lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 17 Agustus 2020 07:36
20 Penyebab Keringat Dingin pada Bayi di Malam Hari, Tanda Penyakit Bahaya lho!
Penyebab keringat dingin bukan karena suhu lingkungan yang panas ya, tapi suhu inti tubuh yang sedang naik karena kondisi medis atau psikologis. Apa saja ya?

Penyebab keringat dingin mengacu pada hal-hal yang berkaitan dengan psikologis hingga medis. Eits, keringat dingin ini bukan berarti keluar keringat berupa air dingin ya, namun keringat yang muncul tanpa dibarengi dengan aktivitas fisik atau cuaca panas.

Karena keringat dingin adalah suatu gejala dari banyak banget kondisi medis, maka penting untuk mengetahui apa penyebabnya. Kenapa? Karena penyebab keringat dingin ini bisa karena penyakit yang mengancam jiwa dan butuh bantuan medis segera.

Keringat dingin dalam istilah medis disebut juga dengan diaforesis, yakni istilah untuk mendeskripsikan keringat berlebihan dan abnormal dalam kaitannya dengan lingkungan dan aktivitas fisik. Keberadaannya cenderung mempengaruhi seluruh tubuh ketimbang cuman satu bagian tubuh tertentu aja.

1 dari 4 halaman

Penyebab Keluar Keringat Dingin

Keringat berperan penting untuk mendinginkan tubuh. Begini, saat suhu tubuh naik, maka sistem saraf bakalan mengirimkan sinyal ke kelenjar keringat untuk mengeluarkan cairan tubuh, yaitu keringat. Keringat yang menguap bakalan mendinginkan permukaan kulit dan membantu menurunkan suhu tubuh inti.

Berkeringat di hari yang panas atau habis olahraga sih wajar karena ini adalah cara tubuh buat mengatur suhu. Tapi ini berbeda dengan keringat dingin. Mabuk perjalanan,s tres, sakit, bisa jadi penyebab keringat dingin bisa terjadi.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Keringat Dingin?

Penyebab Keringat Dingin © Diadona

Melansir Healthline, apa saja penyebab keringat dingin bisa kamu ketahui dari ulasan berikut ini:

Hamil

Saat sedang hamil maka terjadi peningkatan hormon dalam tubuh. Metabolisme juga meningkat yang pada akhirnya akan meningkatkan suhu tubuh, yang lebih lanjut bakalan jadi penyebab keringat dingin.

Selama keadaan ini ngak dibarengi dengan demam, nyeri tubuh atau muntahh, maka peningkatan keringat selama hamil ini jarang diperhatikan.

Pra-Menopause

Sebanyak 85 persen mengalami keringat dingin selama menopause dan perimenopause. Perimenopause sendiri adalah periode ketika seseorang berhenti memstruasi, tapi menopause belum dimulai.

Penyebab keringat dingin ini lagi-lagi karena fluktuasi hormon estrogen, yang mengirimkan sinyal palsu ke otak bahwa tubuh sedang kepanasan. Akibatnya, muncul deh keringat berlebihan di malam hari.

Diabetes

Kalau seseorang menderita diabetes, maka keringat dingin adalah tanda peringatan awal saat kadar gula mengalami penurunan atau hipoglikemia. Harus diwaspadai ya, karena hipoglikemia bisa mengancam jiwa.

Hipertiroidisme

Yakni suatu kondisi di mana kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif dan menghasilkan terlalu banyak hormon tiroksin. Nah kalau ini terjadi, maka metabolisme bisa meningkat dan tentu aja jadi penyebab keringat dingin.

Gejala yang muncul bisa berupa:

  • Gugup
  • Jantung berdebar kencang
  • Gelisah
  • Sulit tidur
  • Penurunan berat badan

Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi karena ada bagian dari otot jantung yang rusak. Ini biasanya terjadiketika darah kaya oksigen nggak bsia mencapai jantung. Selain jadi penyebab keringat dingin, serangan jantung ini juga bisa emmbaut seseorang merasakan gejala berupa:

  • Nyeri di satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut
  • Sesak napas
  • Mual atau muntah
  • Wajah pucat atau pucat

Anafilaksis

Yakni reaksi alergi sistemik yang parah. Ini terjadi ketika tubuh terpapara zat yang membuat sangat alergi.

Alergi ini biasanya juga dibarengi dnegan gejala:

  • Gatal
  • Sulit bernapas akibat penyempitan saluran udara
  • Penurunan tekanan darah dengan cepat
  • Muntah dan diare
  • Hilang kesadaran

Menarik Diri dari Alkohol atau Narkoba

Dan ya, bisa saja penyebab keringat dingin ini terjadi saat seseorang sedang berhenti dari konsumsi alkohol atau narkoba. Saat ini terjadi, seharusnya penderita nggak sedang sendirian ya karena dapat mengancam nyawa bila tak tertangani.

Kanker

Keringat dingin snagta mungkin dikaitakn dengan kanker terentu, termasuk:

  • Limfoma
  • Leukimia
  • Kanker tulang
  • Tumor karsinoid
  • Kanker hati

Vertigo

Yaitu pusing di mana penderita merasakan bahwa lingkungan sekelilingnya sedang berputar.

Obesitas

Berat badan ekstra bakalan membuat tubuh jadi lebih mudah berkeringat. Ini terjadi karena peningkatan tenaga akibat membawa beban banyak dan menahan panas.

Obat-Obatan

Keringat dingin mungkin muncul sebagai efek samping dari banyak obat, misalnya:

  • Antibiotik
  • Antivirus
  • Pereda nyeri
  • Obat hormonal
  • Antidepresan
  • Obat-obatan kemoterapi

Stres

Ini adalah penyebab keringat dingin sebagai respon tubuh untuk bertahan hidup dari stres.  Saat sedang stress, suhu tubuh akan naik yang akan direspon dengan mengeluarkan keringat. 

3 dari 4 halaman

Penyebab Keringat Dingin pada Bayi

Penyebab Keringat Dingin © Diadona

Adalah sesuatu yang wajar ketika bayi berkeringat, misalnya karena suhu yang panas atau baju yang terlalu tebal. Tapi bagaimana bila yang terjadi adalah keringat dingin? Dikutip dari POP Mama, bisa jadi itu adalah kondisi medis serius yang harus segera ditangani lho.

Demam

Sama halnya dengan orang dewasa, penyebab keringat dingin pada bayi bisa karena sedang demam. Coba deh cek suhu dengan menggunakan termometer.

Penyakit Jantung Bawaaan

Penyakit jantung bawaan membaut sirkulasi berlebihan darah ke paru-paru. Akibatnya, bayi mengalami pernapasan cepat.

Nah saat bayi sedang menyusu, misalnya, kelainan jantung ini akan membuat jantung harus bekerja lebih keras karena aliran darah dan air yang berlebihan di paru-paru. Pekerjaan ekstra dari jantung inilah yang jadi penyebab keringat dingin.

Hiperdrosis

Yakni keadaan di mana seseorang berkeringat lebih ketimbang yang diperlukan oleh tubuh. Biasanya bagian tubuh yang berkeringat adalah telapak tangan dan kaki. Ini terjadi walau suhu udara sedang tidak panas dan lingkungan bayi berada dalam kondisi normal.

Gangguan Tidur

Penyebab keringat dingin ini lebih banyak terjadi pada bayi lahir prematur dengan tambahan gejala berupa warna kulit yang mendadak kebiruan saat sedang tertidur.

4 dari 4 halaman

Penyebab Keringat Dingin di Malam Hari

Penyebab Keringat Dingin © Diadona

Wajar banget kalau seseorang berkeringat saat tidur malam hari di ruangan yang panas atau di bawah selimut tebal. Tapi itu bukan penyebab keringat dingin yah!

Sebaliknya, berkeringat dingin di malam hari ternyata bisa mengindikasikan keadaan medis yang serius.

Infeksi

TBC, influenza, dan penyakit lain yang melibatkan demam bisa jadi penyebab keringat dingin

Ketidakseimbangan Hormon

Terjadi karena menopause, diabetes, masalah tioid, pubertas, atau kehamilan

Penyakit Gastroesophageal Reflux

Penyakit ini memang umumnya menyebabkan mulas dan rasa nggak nyaman di perut, tapi juga mungkin banget sebagai penyebab keringat dingin di malam hari

Gangguan Neurologis

Misalnya stroke dan neuropati otonom bisa menyebbkan keringat dingin di malam hari.

Penyebab keringat dingin bisa muncu karena penyakit tertentu yang berbahaya. Biar lebih jelas dan mendapatkan penanganan segera, perhatikan setiap gejala dan segera ke dokter ya!

Beri Komentar