18 Manfaat Ubi Ungu Rebus untuk Diet, Bayi, dan Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Kamis, 6 Februari 2020 12:43
18 Manfaat Ubi Ungu Rebus untuk Diet, Bayi, dan Ibu Hamil
Warna ungu yang cantik, dengan rasa manis yang lezat merupakan sesuatu yang disenangi orang-orang dari ubi ungu. Tapi manfaat ubi ungu juga tidak kalah mengesankannya. Berikut manfaat ubi ungu.

Ubi jalar memiliki beraneka jenis. Salah satunya adalah ubi jalar ungu. Dengan warnanya yang ungu, ubi jenis ini sering kali dijadikan campuran pada macam-macam makanan lainnya. Rasa dari ubi ini pun enak dan memiliki aroma yang enak. Selain itu, kandungan nutrisi dalam ubi jalar ungu ini mengandung banyak zat gizi penting. Zat gizi makro yang terkandung di dalam ubi ungu adalah karbohidrat dan protein.

Ubi ungu bisa dikatakan tidak memiliki lemak karena kandungan lemak ubi ungu sangat sedikit. Tanaman ubi ungu juga mengandung serat makanan, antosianin, dan antioksidan. Mineral yang dikandung oleh ubi ungu di antaranya adalah kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, dan kalium. Ubi ungu juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin E, vitamin K, dan vitamin A. Dilansir dari berbagai sumebr, berikut adalah manfaat ubi ungu yang harus kamu tahu.

1 dari 5 halaman

Manfaat Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar memiliki banyak jenis yang salah satunya ubi ungu. Lalu, manfaat apa saja yang bisa didapat dari ubi ungu ini? Berikut manfaat ubi jalar ungu.

Ilustrasi Ubi Jalar Ungu © Diadona

Menjaga kesehatan hati

Manfaat ubi ungu bisa menjaga dan melindungi hati dari berbagai masalah. Kandungan antosianin pada ubi ungu akan menjaga organ hati agar tetap sehat. Antosianin bisa mengurangi kerusakan sel-sel hati akibat zat-zat beracun.

Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah adalah sebuah kejadian yang bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, pembekuan darah harus dicegah sebelum terjadi. Kamu bisa mencegah pembekuan darah menggunakan manfaat ubi ungu dengan mengonsumsinya.

Manfaat ubi ungu bisa mencegah pembekuan darah karena mengandung asam klorogenik. Asam klorogenik ini adalah zat yang dapat mencegah pembekuan darah. Proses pembentukan benang-benang fibrin mengalami pengurangan dengan adanya asam klorogenik.

Mengobati asam urat

Asam urat juga merupakan masalah medis yang penting untuk menjadi perhatian. Masalah asam urat perlu diobati segera. Ubi ungu memiliki manfaat untuk mengobati asam urat karena ubi ungu dapat menurunkan kadar asam urat melalui kandungan antosianin di dalamnya.

Mengobati penyakit diabetes

Manfaat ubi ungu untuk mengobati penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan manfaat ubi ungu bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebihan. Pengonsumsian ubi ungu bisa menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal.

2 dari 5 halaman

Manfaat Ubi Ungu untuk Diet

Salah satu manfaat ubi ungu yang terkenal juga bisa untuk diet. Kenapa? Berikut penjelasannya.

Ilustrasi Diet © Diadona

Berkalori lebih rendah

Ubi dan nasi memang memiliki jumlah kadar kalori yang berbeda. 100 gram nasi mengandung 130 kkal, sedangkan pada takaran yang sama, ubi jalar mengandung 90 kkal. Hal inilah yang menyebabkan manfaat ubi jalar ungu menjadi salah satu pilihan terbaik dalam program menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan usus

Tak hanya menurunkan berat badan, dengan melakukan diet ubi, kamu akan membantu usus terpelihara dengan baik. Hal ini dikarenakan manfaat ubi ungu mengandung prebiotik seperti FOS (Frukto Oligosakarida), inulin, dan raffinosa. Ketiga kandungan tersebut akan dicerna oleh mikroflora usus yang baik, dan hasil cerna itulah yang akan menjaga kesehatan sel usus.

Kandungan serat

Ubi jalar lebih kaya akan serat jika dibandingkan dengan nasi. Serat yang terdapat pada ubi menyebabkan bahan makanan ini lebih mudah dicerna dibandingkan dengan nasi. Hal ini lantaran fungsi serat yaitu mempercepat transit makanan di usus, sehingga lebih cepat dibuang dari dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan manfaat ubi ungu jadi salah satu alternatif diet yang cepat turunkan berat badan.

Ubi jalar lebih volumnious dibandingkan nasi

Menjalankan program diet tidak harus menyiksa diri dengan kelaparan. Ketika menyantap ubi, kamu akan merasa lebih kenyang. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan jumlah karbohidrat yang sama dengan nasi, kita perlu mengonsumsi ubi dalam jumlah yang lebih banyak, seperti mengganti satu centong kecil nasi (100 gram) dengan 1 ubi jalar kuning berukuran sedang (135 gram).

3 dari 5 halaman

Manfaat Ubi Ungu untuk Bayi

 

ilustrasi bayi kepala besar © Diadona

Ubi ungu dikenal sebagai makanan yang kaya akan karbohidrat. Selain itu, ubi ungu juga kaya akan kandungan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan pertbumuhan. Manfaat ubi ungu juga mengandung kalsium, vitamin E, potasium, vitamin C, zat besi dan serat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat ubi ungu juga mengandung gizi lengkap dan seimbang. Juga mengandung antioksidan alami seperti betakaroten dan antosianin. Dengan kelengkapan gizi yang dimiliki oleh ubi ungu, hal ini membuat ubi ungu merupakan makanan yang baik untuk diperkenalkan pada bayi sejal usia 6 bulan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Ubi Ungu Rebus

Salah satu cara mengolah ubi ungu untuk tetap mendapatkan gizinya adalah dengan merebusnya. Selain itu, ubi ungu rebus memiliki rasa yang enak dan cara yang mudah untuk mengolahnya. Berikut manfaat ubi ungu rebus.

Ilustrasi Ubi Ungu Tumbuk © Diadona

Mengatasi penuaan dini

Kandungan antioksidan pada ubi ungu juga bisa mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Kandungan antosianin juga mampu memperlambat penuaan sel-sel tubuh. Pengonsumsian ubi ungu pun bisa memudarkan berbagai masalah penuaan dini seperti keriput, flek hitam, bintik-bintik usia, garis-garis halus, dan lainnya. Konsumsilah makanan dari ubi ungu dan kamu akan terlihat lebih awet muda.

Meredakan peradangan

Zat antiinfalamsi yang terkadung adalam ubi ungu bisa meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh. Pengonsumsian ubi ungu akan menurunkan produksi TNF-alfa. TNF alfa yang rendah akan menghambat terjadinya peradangan. Beberapa jenis peradangan seperti radang sendi, radang tenggorokan, dan lainnya bisa diredakan dengan menggunakan manfaat ubi ungu.

Mengatasi infeksi

Selain mengatasi peradangan, manfaat ubi ungu juga bisa mengatasi infeksi yang sering diakibatkan oleh bakteri. Ada zat tertentu di dalam ubi ungu yang memiliki sifat antibakteri. Zat tersebut bisa menyingkirkan berbagai bakter penginfeksi seperti E. Coli, Salmonella, dan lainnya.

Mencegah penyakit kanker

Manfaat ubi ungu juga bisa mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam ubi ungu mampu menangkal berbagai radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan jika manfaat ubi ungu mampu mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker. Kamu bisa mencegah penyakit kanker dengan cara yang lebih nikmat yaitu dengan mengonsumsi olahan ubi ungu dalam bentuk yang lezat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Ubi Ungu untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dan bayi dikandunganya tentu membutuhkan nutrisi yang baik dan banyak untuk kesehatan. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ubi ungu. Berikut manfaat ubi ungu untuk ibu hamil.

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Meningkatkan sistem imun

Manfaat ubi ungu merupakan sumber prebiotik yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai bahaya dan ancaman penyakit. Ubi ungu mengandung serat yang dapat mengubah mikroba membentuk antibodi untuk dapat menjaga kesehatan bayi selama dalam kandungan, sehingga bayi dapat terlahir dengan sehat.

Mengatasi sembelit

Dalam sehari ibu hamil membutuhkan serat sebanyak 28 sampai 34 gram untuk memperlancar pencernaan serta mencegah sembelit. Kandungan serat yang terdapat dalam ubi ungu akan membantu memperlancar kerja sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya sembelit. Dalam satu cangkir ubi jalar mengandung 6,6 gram serat.

Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan darah. Ubi ungu mengandung manfaat zat besi yang dapat mencegah terjadinya kekurangan darah pada ibu hamil. Jumlah darah di dalam tubuh sangat berhubungan erat dengan jumlah dan kondisi zat besi yang ada di dalam tubuh.

Menurunkan darah tinggi

Bagi ibu hamil yang sering mengalami darah tinggi, sepertinya perlu mengonsumsi ubi ungu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Agar tidak bosan dengan menu ubi ungu yang sama setiap hari, sajikan ubi ungu dalam berbagai inovasi agar ibu hamil tetap ingin mengonsumsi ubi.

Mencegah pembengkakan dan kram kaki

Pembengkakan kaki yang sering terjadi pada ibu hamil sering kali membuat ibu hamil mengalami kesulitan untuk berjalan. Agar pembengkakan tidak terjadi, ibu hamil bisa mencegahnya dengan mengonsumsi ubi ungu. Manfaat ubi ungu mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan.

Selain itu, kalium yang terdapat pada ubi jalar juga berguna untuk mencegah terjadinya kram pada kaki. Cukupilah kebutuhan kalium tubuh dengan mengonsumsi ubi.

Apakah ubi ungu ini adalah makanan kesukaanmu? Bagaimana kamu biasanya mengolah ubi ungu ini? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar