15 Penyebab Kepala Pusing dan Mual yang Sering Menyerang

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 17 Agustus 2020 23:47
15 Penyebab Kepala Pusing dan Mual yang Sering Menyerang
Mulai dari hidrasi atau kanker otak ternyata bias jadi penyebab kepala pusing lho!

Penyebab kepala pusing umumnya bukan karena sesuatu yang serius. Pusing yang sesekali datang sebenarnya nggak perlu dikhawatirkan kok. Tapi memang ada beberapa alasan yang membuat pusing yang kamu rasakan itu harus mendapatkan penanganan segera, misalnya terjadi berulang tanpa alasan yang jelas dan berlangsung lama.

Nah, biar tahu nih penyebab pusing mana yang sedang kamu alami ini dan menentukan pengobatan yang tepat, simak yuk ulasan Diadona berikut:

1 dari 3 halaman

Penyebab Kepala Pusing

Penyebab Kepala PusingPenyebab Kepala Pusing © 2020 shutterstock.com/catinsyrup

Banyak bagian tubuh termasuk mata, otak, telinga bagian dalam dan saraf di kaki serta tulang belakang yang bekerja sama untuk menjaga keseimbangan. Bila salah satu sistem tersbeut bermasalah, maka akan jadi penyebab pusing. Pusing ini bisa jadi suatu tanda yang serius dan berbahaya kalau sampai membuat keseimbangan penderitanya berkurang.

Untuk mencari tahu apa sih penyebab pusing, biasanya dokter bakalan melihat semua gejala dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Vertigo

Apakah kamu merasa seperti sedang berputar atau merasakan ruangan yang bergerak di sekeliling kamu. Kalau iya kemungkinan penyebab pusing kamu ini adalah vertigo.

Vertigo nggak cuman melibatkan perasaan nggak tenang, tapi juga pusing yang makin bertambah buruk saat menggerakkan kepala. Vertigo menandakan adanya masalah di telinga bagian dalam atau bagian dari batang otak yang mengatur keseimbangan.

Infeksi

Adanya radang pada saraf di telinga juga bisa jadi penyebab pusing lho. Ini disebut dengan neuritis vestibular atau labirinitis, dan ini disebabkan oleh infeksi virus mapun bakteri.

Dalam hal ini, pusing biasanya terjadi secara tiba-tiba lalu mungkin disertai dengan telinga berdenging dan sulit mendengar

Penyakit Meniere

Penyakit ini menyebabkan vertigo intens yang bisa berlangsung selama berjam-jam. Penderita juga mungkin merasakan sesak atau tertekan di satu telinga, diiringi dengan telinga berdengung, gangguan pendengaran, mual dan kecemasan.

Masalah Peredaran Darah

Penyebab kepala pusing bisa juga karena adanya masalah pada sistem peredaran darah. Kayak gini nih misalnya : otak membutuhan suplai darah yang kaya akan oksigen. Kalau ini terganggu, maka seseorang bisa pusing hingga pingsan.

Nah, masalah aliran darah ini bisa karena penggumpalan darah, penyumbatan arteri, gagal jantung, atau detak jantung nggak tidak teratur. Bagi orang lanjut usia, berdiri tiba-tiba bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang tajam.

Konsumsi Obat-Obatan

Beberapa obat mencantumkan pusing sebagai salah satu efek samping konsumsinya, antara lain:

  • Antibiotik
  • Antidepresan
  • Obat anti-kejang
  • Obat tekanan darah
  • Sedatif

Dehidrasi

Banyak orang tidak minum cukup cairan untuk menggantikan cairan yang hilang setiap hari saat mereka berkeringat, bernapas , dan buang air kecil.

Saat dehidrasi, tekanan darah jadi nggak bisa turun. Otak nggak mungkin mendapatkan cukup oksigen dan inilah penyebab pusing.

Gula Darah Rendah

Penting banget untuk selalu mengecek kadar gula dalam darah pada penderita diabetes. Bila kadar gulanya turun, maka bisa jadi penyebab pusing, juga lapar, gemetar, berkeringat hingga kebingungan.

Beberapa orang tanpa diabetes juga snagat mungkin lho mengalami gula darah rendah ini, meski, ini sangat jarang terjadi.

Vestibular Migrain

Ini adalah penyebab pusing yang datang dan pergi dan menjadi gejala yang utama pada vistibula migrain. Vestibular mengacu pada telinga bagian dalam yang mengontrol pendengaran dan keseimbangan.

Kenapa vestibular migrain ini bisa terjadi, itu yang masih belum diketahui. Ada banyak teori mengenai ini, dan salah satunya yakni ada misfire antara sel-sel saraf di otak.

Stres atau Kecemasan

hubungan antara stres sebagai penyebab pusing bisa dijelaskan sebagai berikut nih : Vestibular sistem di dalam telinga berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan posisi tubuh. Vestibular ini terdiri dari telinga bagian dalam di setiap sisi telinga bagian dalam, are aotak spesifik dan saraf yang menghubungkannya.

Nah, para ilmuwan percaya kalau are di otak yang bertanggung jawab atas pusing ini berinteraksi dengan area yang bertanggung jawab atas kecemasan.

Masalah Sistem Saraf

Salah satunya yakni neuopati perifer, yakni gangguan pada saraf di luar otak dan saraf tulang belakang. Ada beberapa penyebabnya, yaitu:

  • Diabetes
  • Cedera atau tekanan pada saraf akibat jatuh
  • Kekurangan vitamin B1,
  • Penyakit autoimun, dan lainnya

2 dari 3 halaman

Penyebab Kepala Sering Pusing

Penyebab Kepala PusingPenyebab Kepala Pusing © 2020 shutterstock.com/Anatta_Tan

Bila kamu mengalamii pusing yang sering terjadi tanpa penyebab kepala pusing yang pasti kayak yang udah Diadona jelasin barusan, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter ya. Sekali lagi, bisa aja itu merupakan tand apenyakit yang berbahaya.

Kalau pusing sering menyerang, hindari kegiatan yang bisa berakibat fatal misalnya menyetir.

3 dari 3 halaman

Penyebab Pusing dan Mual

Penyebab Kepala PusingPenyebab Kepala Pusing © 2020 shutterstock.com/Daisy Daisy

Penyebab kepala pusing yang disertai dengan mual biasanya mengacu pada vertigo, migrain, atau tekanan darah rendah. Biasanya ini bukan sesuatu yang serius kok. Tapi untuk diagnosa lebih lanjut, kamu harus segera ke dokter ya!

Alkohol

Minum alkohol terlalu banyak bisa bikin kepala pusing lho. Penyebab kepala pusing ini karena alkohol mempengaruhi darah, yang akhirnya mengubah keseimbangan cairan di telinga bagian dalam. alkohol juga mengiritasi perut yang pada akhirnya akan menambah rasa mual.

Mabuk Kendaraan

Sedang dalam perjalanan dan merasa pusing nan mual? Atau mungkin merasakannya saat sedang menonton di televisi?

Penyebab kepala pusing dan mual ini terjadi karena ada oerbedaan antara apa yang kamu lihat dan bagaimana tubuh merasakan gerakan.

Hamil

Penyebab kepala pusing dan mual juga bisa karena hamil lho. Yes, inilah yang sreing disebut dengan morning sickness. Kedua gejala tersebut kemungkinan besar disebabkan karena perubahan hormon.

Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah terblokade. Dan kekurangan darah yang kaya akan oksigen ini akan merusak otot jantung, dengan gejala pusing hingga mual.

Tumor Otak

Mungkin dari kalian suka parno nih apakah penyebab pusing ini karean suatu penyakit yang serius, misalnya tumor otak gitu? Well, memang sangat mungkin terjadi, tapi ini jarang banget sih. Pusing hingga mual juga mengindikasikan adanya tumor yang lain.

Tumor bisa jadi penyebab pusing bisa berkembang di otak kecil, yakni bagian otak yang mengontrol gerakan.

Beri Komentar