13 Penyebab Keguguran Hamil Muda, Hati-Hati ya Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 6 Juni 2020 20:39
13 Penyebab Keguguran Hamil Muda, Hati-Hati ya Moms!
Kenali penyebab keguguran saat hamil muda ini.

Ada beberapa penyebab keguguran yang wajib kita ketahui untuk lebih berhati-hati, moms. Momentum hamil menantikan sang buah hati menjadi hal yang diidam-idamkan pasangan suami istri. Tentu saja keguguran bukan hal yang diinginkan dan bisa jadi momok.

Maka dari itu, penting buat kita mengetahui apa saja penyebab keguguran sehingga bisa mencegah seawal mungkin. Keguguran sendiri adalah berhentinya kehamilan dengan sendirinya saat hamil muda, biasanya sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu.

1 dari 5 halaman

Obat Penyebab Keguguran

Obat Penyebab Keguguran © Diadona
Ada beberapa obat yang perlu diperhatikan bahkan dihindari saat hamil. Sebab beberapa jenis obat ini bisa jadi penyebab keguguran.

1. Obat jerawat, memang sih moms merawat kulit apalagi wajah itu penting, namun saat hamil ditahan dulu ya. Obat jerawat seperti isotretinoin ini mempengaruhi tumbuh kembang janin. Bayi bisa lahir cacat jantung, bibir sumbing bahkan keguguran.

2. Nama ibuprofen memang sudah nggak asing lagi ya moms. Biasanya digunakan untuk demam, menghilangkan nyeri hingga peradangan. Namun obat ini bisa membahayakan janin bahkan diungkapkan oleh US Food and Drug Administration (FDA) jika dikonsumsi saat trimester 3 kehamilan.

3. Penggunaan antibiotik memang harus sesuai anjuran dokter, namun jenis antibiotik seperti tetrasiklin, sulfonamid, ciprofloxacin, levofloxacin, kloramfenikol dan trimethoprim baiknya dihindari ibu hamil.

2 dari 5 halaman

4. Naproxen juga harus dihindari ya moms, karena ia merupakan salah satu obat penyebab keguguran.

5. Ribravirin adalah obat antivirus yang biasanya digunakan untuk hepatitis C berkelanjutan. Saat hamil obat ini harus dihindari. Bahkan untuk yang mau program kehamilan harus menunggu selama 6 bulan terlebih dulu.

6. Obat Antidepresi, biasanya ibu hamil memang mengalami masalah psikologis seperti kecemasan berlebih. Namun bukan berarti bisa meminum obat antidepresi sesukanya ya moms. Jenis escitalopram adalah salah satu yang harus dihindari.

7. Warafarin yang bisa mengencerkan darah ini juga perlu dihindari saat hamil.

3 dari 5 halaman

Penyebab Keguguran Hamil Muda

Penyebab Keguguran © Diadona
Kalau tadi obat-obatan yang harus dihindari, ini beberapa hal yang bisa jadi penyebab keguguran hamil muda.

1. Kebiasaan merokok, tahu kan moms kalau merokok membawa pengaruh buruk buat kesehatan? Nah apalagi buat perempuan yang sedang hamil. Sebab pembuluh darah sang ibu akan rusak dan nutrisi untuk bayi akan terhambat. Kalau bayi nggak dapat nutrisi dan oksigen, ia tidak bisa berkembang dan akhirnya keguguran.

2. Penyakit bawaan yang dibawa ibu hamil, seperti sindrom antifosfolipid (APS) yang menyerang antibodi juga bisa menyerang embrio dan jadi penyebab keguguran. Penyakit lain yang bisa mengganggu janin juga diabetes melitus, celiac, anemia, darah tinggi dan penyakit tiroid.

4 dari 5 halaman

3. Keracunan makanan akibat infeksi virus atau bakteri juga bisa jadi penyebab keguguran dan hal ini lebih sering terjadi pada trimester kedua dan ketiga.

4. Adanya kelainan kromosom pada bayi ini menyebabkan keguguran yang paling utama dan biasa dialami pada trimester pertama. Penyebab kelainan ini belum bisa dipastikan karena apa, namun menurut beberapa penelitian dikarenakan kesalahan saat pembelahan sel.

5 dari 5 halaman

5. Ibu hamil juga perlu berhati-hati agar tidak stres. Soalnya kalau mommy stres, pembuluh darah akan mengecil dan oksigen menjadi terhambat. Selain itu daya tahan ibu akan menurun.

6. Ibu hamil harus memenuhi asupan gizi dan nutrusi yang seimbang untuk perkembangan bayi sedari awal kehamilan. Kalau tidak, janin akan kekurangan nutrisi dan pastinya bisa menghambat tumbuh kembangnya. Itu kenapa kekurangan gizi juga bisa menyebabkan keguguran.

Jadi moms, itu tadi penyebab keguguran pada kehamilan muda maupun obat-obat yang harus dihindari. Lebih berhati-hati ya moms!

Beri Komentar