Apakah Makan Nastar Nanas Bikin Bumil Keguguran? Cek Kebenarannya Yuk

Reporter : Prisma Difta
Jumat, 5 Juni 2020 17:00
Apakah Makan Nastar Nanas Bikin Bumil Keguguran? Cek Kebenarannya Yuk
pengin banget makan nastar lebaran tapi takut, moms?

Walaupun sedang pandemi, nuansa lebaran masih sangat melekat di mastarakat muslim Indonesia. Banyak dari mereka yang tetap membuat kue nastar dengan ciri khas memiliki topping nanas di atasnya untuk dijadikan camilan lebaran. Namun, hal tersebut tampaknya membuat para ibu hamil mundur untuk mengonsumsinya, pasalnya bahan baku kue kering tersebut terbuat dari Nanas yang dapat membuat janin keguguran. Duh, padahal itu nggak benar lho moms! Yuk cari taun jawabannya di penjelasan setelah ini

1 dari 3 halaman

Apakah Nanas Berbahaya untuk Janin?

Ilustrasi Kue Nastar Nanas © Diadona

Hingga kini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan nanas berbahaya bagi kehamilan. Bahaya nanas bagi kehamilan umumnya dikaitkan dengan adanya kandungan enzim bromelain di buah tersebut.

Enzim bromelain ini bersifat proteolitik yang dapat memecah protein di dalam tubuh. Selain itu, juga dapat memancing kontraksi, sehingga dikhawatirkan bisa menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Namun perlu diketahui, jumlah enzim bromelain dalam nanas sangatlah kecil sehingga mengonsumsinya dalam batas wajar tidak mungkin menyebabkan perdarahan atau bahkan keguguran.

2 dari 3 halaman

Apa Manfaat Mengonsumsi Nanas?

ilustrasi nanas © Diadona

Buah nanas ternyata memiliki kandungan vitamin B6 yang akan membantu mengatasi masalah morningsickness.

Ibu hamil biasanya sering mengalami mual-mual selama masa kehamilan, nanas bisa menjadi salah satu solusinya. Bahkan juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Mama pun dapat mencegah morningsickness dengan makan nanas secukupnya

Selain itu, nanas juga memiliki banyak kandungan vitamin C dan enzim penting untuk pencernaan yang diperlukan selama proses kehamilan.

Sedangkan vitamin C dari nanas memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit

3 dari 3 halaman

Apa Bahanya Mengonsumsi Nanas Berlebihan?

Meski aman bagi ibu hamil, nanas sebaiknya memang tidak dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi nanas terlalu banyak dapat menyebabkan:

  • Nyeri ulu hati
    Makan nanas dalam jumlah yang terlalu banyak dapat mengganggu pencernaan Bumil. Kandungan asam dalam buah nanas dapat meningkatkan produksi asam lambung yang memicu nyeri ulu hati dan refluks asam lambung. Terkadang, kondisi ini juga dapat diikuti oleh diare.
  • Reaksi alergi
    Ibu hamil yang alergi terhadap serbuk sari atau lateks memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi nanas. Reaksi alergi yang muncul dapat berupa kemerahan dan gatal pada kulit, bahkan sesak napas.

Beri Komentar