13 Penyebab Hepatitis B dan Pencegahannya

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 22 Juni 2020 20:49
13 Penyebab Hepatitis B dan Pencegahannya
Ada beberapa pemicu penyebab hepatitis B yang perlu diketahui.

Penyebab penyakit hepatitis B memang dikarenakan virus. Namun pemicunya ada berbagai hal. Apalagi virus yang menyebabkan hepatitis B bisa berbeda dengan C, D maupun E.

Penyakit hepatitis B adalah salah satu jenis hepatitis yang kemungkinan berkelanjatan dan kronis. Infeksi hepatitis B yang sudah kronis ini berbahaya karena bisa menimbulkan komplikasi, yaitu sirosis dan kanker hati.

1 dari 7 halaman

Penyebab Penyakit Hepatitis B

Ilustrasi Penyakit Hepatitis B © Diadona
Penyebab penyakit hepatitis B ini dikarenakan infeksi virus hepatitis B yang mana merupakan masalah kesehatan global. Virus ini bisa bertahan di luar tubuh selama 7 hari. Nah, selama masa inilah virus menimbulkan infeksi di tubuh seseorang yang nggak pernah vaksin sebelumnya.

Itu kenapa penting untuk mencegahnya melakukan vaksin. Virus penyebab hepatitis B ini bahkan memiliki masa inkubasi selama 75 hari secara umum. Namun ada juga yang lebih sedikit dan lebih lama. Rata-rata sekitar 30 sampai 180 hari.

2 dari 7 halaman

Berikut ini beberapa penyebab penyakit hepatitis B, antara lain:

Berhubungan Seks

Penyebab Kehamilan © Diadona
Berhubungan badan dengan seorang penderita hepatitis bisa jadi penyebab penyakit hepatitis B. Apalagi jika tanpa menggunakan alat kontrasepsi seperti konndom. Sebab, hepatitis bisa ditularkan melalui darah dan cairan tubuh.

Namun tenang saja, hepatitis tida menular dengan menggunakan alat makan bersama, berpelukan atau berjabat tangan dengan penderitanya kok. Soalnya nggak ada cairan dalam tubuh yang tersalurkan.

3 dari 7 halaman

Transfusi Darah


Selain cairan dari berhubungan seks, transfusi darah juga bisa memicu hepatitis B jika tidak diperhatikan dengan benar. Kita harus memastikan bukan mendapat darah dari penderita hepatitis.

Berbagi Jarum Suntik


Penggunaan jarum suntik yang tidak disterilkan, apalagi saat memakai NAPZA sangat tidak dianjurkan. Sebab bisa menularkan hepatitis dari penderitanya. Begitu pula dengan metode kesehatan akupuntur yang perlu diwaspadai.

4 dari 7 halaman

Kafein

Ilustrasi Kopi dan Kue © Diadona
Minuman atau makanan yang mengandung kafein juga perlu dihindari. Misalnya seperti kopi, cokelat atau teh karena bisa memperparah hepatitis.

Alkohol


Yap, nggak hanya minuman mengandung kafein. Alkohol pun yang berlebihan tidak baik untuk hati.

Gorengan


Makanan yang mengandung banyak minyak ini juga baiknya dikurangi atau bahkan dihindari.

5 dari 7 halaman

Makanan Pedas


Nggak hanya gorengan, tapi makanan pedas apalagi dengan kandungan cabai dan lada yang banyak tidak baik untuk penderita hepatitis. Soalnya makanan yang rasanya pedas ini bisa menimbulkan rasa panas di hati.

Daging Olahan


Daging olahan yang berasal dari jenis daging apapun tidak baik untuk kesehatan hati jika terlalu banyak. Entah itu daging merah atau daging putih.

Zat Besi


Kandungan zat besi memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun zat besi ini mengeluarkan sodium sehingga bisa memengaruhi kinerja hormon di tubuh.

6 dari 7 halaman

Karbohidrat Olahan

Ilustrasi daging © Diadona
Makanan karbohidrat olahan mengandung glukosa yang kadarnya tinggi. Itu kenapa makanan-makanan seperti permen, roti dan es krim perlu dikurangi karena bisa memperburuk kondisi hati.

Kacang-kacangan


Kandungan protein di kacang memang bagus untuk menutrisi tubuh. Namun kacang-kacangan ini juga bisa jadi penyebab hepatitis B karena mengakibatkan pembuluh darah panas.

Keju


Salah satu makanan olahan dari susu ini memang bermanfaat dan bernutrisi. Namun ada kandungan lemak jenuh di keju yang lebih tinggi. Itu kenapa keju perlu dihindari penderita hepatitis.

Ibu ke Anak


Selain hal-hal di atas dan makanan minuman yang sudah disebutkan, ibu yang menderita hepatitis juga bisa jadi menularkan hepatitis B pada sang anak. Bahkan dari sang ibu hamil, maka bayinya berisiko tertular.

7 dari 7 halaman

Penyebab Hepatitis B dan Pencegahannya

Ilustrasi Penyakit Hepatitis © Diadona
Itu tadi 13 penyebab hepatitis B yang perlu kita tahu. Sekarang kita kenali bagaimana cara pencegahannya.

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya kalau vaksin sangat penting dan merupakan langkah awal mencegah hepatitis B. Vaksin hepatitis B ini wajib untuk anak-anak dan perlu diulang saat dewasa.

Selain itu juga perlu untuk menghindari makanan yang sudah disebutkan di atas, tidak menyalahgunakan NAPZA serta melakukan hubungan seksual dengan aman.

Jadi itulah beberapa penyebab hepatitis B yang perlu kita hindari. Yuk, jaga diri sendiri demi diri sendiri dan orang terdekat!

Beri Komentar