11 Gejala Hepatitis A, Penularan dan Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 11 Mei 2020 16:56
11 Gejala Hepatitis A, Penularan dan Pengobatannya
Gejala hepatitis A memang nggak separah pada penyakit haptitis B dan C, namun tetap harus diwaspadai

Gejala hepatitis A biasanya baru muncul setelah tubuh membawa virus tersebut selama beberapa minggu. Penyakit ini sendiri disebabkan karena virus hepatitis A yang menular lewat makanan dan air yang terkontaminasi.

Penyakit hepatitis A sering dikaitkan dengan sanitasi yang nggak memadai, kebersihan yang buruk, dan seks melaui anal dan oral.

Dilansir dari laman WHO, hampir semua orang yang terkena penyakit dan gejala hepatitis A bisa sembuh kok. Tapi, ada sebagian kecil yang meninggal karena hepatitis fulminan, yaitu kondisi di mana seseoran berusia 50 tahun lebih atau punya penyakit hati jangka panjang.

WH memperkirakan ada 7 ribu kematian akibat penyakit ini pada tahun 2016 lalu, sekitar 0.5 persen dari total kematian akibat virus hepatitis.

1 dari 3 halaman

Gejala Penyakit Hepatitis A

Gejala Hepatitis AGejala Hepatitis A © shutterstock.com/Pormezz

Nggak kayak penyakit hepatitis B dan C, hepatitis A ini jarang banget bersifat kronis dan fatal. Hanya aja, gejala hepatitis A sering membuat lemah penderitanya.

Gejala hepatitis A membuat penderitany jadi merasa seolah lagi kena flu, padahal bukan. Awal kemunculannya bisa kapan aja, antara 15 sampai 50 hari setelah terpapar virus ini. Tapi kebanyakan, bakalan muncul antara 2 sampai 4 minggu kemudian.

Kebanyakan orang akan mengalami gejala hepatitis A yaitu

  • Lelah ekstrim
  • Kehilangan selera makan
  • Nyeri otot
  • Mual dan muntah
  • Demam ringan

Setelah mengalami gejala hepatitis A tersebut, beberapa hari kemudian penderita bakalan merasakan tand a masalah hati, yaitu

  • Urin berwarna gelap
  • Kotoran berwarna reterang
  • Kulit yang menguning
  • Menguningnya bagian putih mata
  • Rasa sakit di bagain kanan atas perut
  • Kulit gatal

Apabila menyerang anak-anak, gejala hepatitis A akan berupa

  • Pilek
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan

2 dari 3 halaman

Tanda dan Gejala Hepatitis A dan Penyebarannya

Gejala Hepatitis AGejala Hepatitis A © shutterstock.com/metamorworks

Gejala hepatitis A bisa berkisar antara ringan sampai berat. Dan nggak semua orang yang terinfeksi bisa menunjukkan gejala.

Misalnya nih, orang dewasa biasanya bakalan menunjukkan gejala hepatitis A lebih sering ketimbang pada anak-anak. Tingkat keparahannyajuga lebih tinggi kalau terjadi pada orang yang letua.

Hepatitis A bisa menyebar dari makanan. Misalnya, kamu minum air putih atau makan makanan yang udah terkontaminasi oleh virus tersebut.

Seseorang bisa banget menularkan virus ini walaupun dia sedang nggak memiliki gejala hepatitis A. Penyebarannya bisa terjadi dalam rentang 2 minggu sebelum dan satu minggu pertama sesudah kemunculan gejala.

3 dari 3 halaman

Gejala Awal Hepatitis dan Pengobatannya

Wanita Sakit DemamWanita Sakit Demam © Shutterstock

Sayangnya, nggak ada pengobatan yang bisa menghilangkan virus hepatitis A. Dokter cuman bakalan membantu perawata dengan menghilangkan gejala hepatitis A yang muncul.

Penderita bisa melakukan hal-hal berikut biar gejala hepatitis A mereda, yaitu:

Istirahat

Gejala hepatitis A bakalan bikin penderitanya ngerasa capek banget dan seolah nggak punya energi.

Tetap Menjaga Makan

Gejala hepatitis A kadang berupa mual dan bikin penderitanya jadi susah makan. Untuk memastikan agar nutrisi tetap terpenuhi, maka coba konsumsi makanan berkalori tinggi dan minum jus buah, ketimbang cuman air putih aja.

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, hepatitis A bisa menyebabkan gagal hati akut. Komplikasi ini terjadi biasanya menimpa orang tua atau mereka yang punya penyakit hati kronis. Kalau ini terjadi, maka penderita kudu segera mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Tapi, bisa nggak sih penyakt ini dicegah?

Bisa, yaitu dengan menerapkan sanitasi yang baik, keamanan pangan dan imunisasi. 

Beri Komentar