13 Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan dan Tiba-Tiba

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 25 Juni 2020 14:30
13 Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan dan Tiba-Tiba
Tahu nggak sih, kalau salah satu penyebab gigi ngilu bisa karena adanya penumpukan plak atau karang gigi.

Salah satu penyebab gigi ngilu adalah merupakan tanda bahwa gigi kamu sensitif. Faktor pemicunya pun beragam. Bisa dari keadaan sekitar hingga adanya karang gigi yang sudah menumpuk. Pasti merasa nggak nyaman banget ya guys kalau gigi tiba-tiba ngilu.

Nah, gigi ngilu sendiri bisa dibedakan menjadi dua, ada yang bersifat kronis dan ringan. Hal ini bisa saja memengaruhi gigi yang lainnya loh! Penyebab gigi ngilu berkepanjangan juga bisa karena tanda dari penyakit tertentu guys. Apa aja sih? Simak di bawah ini ya!

1 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan

ilustrasi jeruk nipis © Diadona
Merangkum dari berbagai sumber, ada banyak faktor yang jadi penyebab gigi berkepanjangan. Bahkan bisa dikarenakan gejala penyakit tertentu.

Makanan dan Minuman Asam


Makanan atau minuman yang sifatnya asam menjadi penyebab gigi ngilu. Misalnya seperti jeruk, tomat dan yoghurt yang membuat gigi jadi sensitif.

Jika gigi terus terpapar dengan sifat asam bisa mengikis enamel. Inilah yang menyebabkan gigi jadi terasa ngilu. Kalau terus-terusan bisa ngilu berkepanjangan loh guys!

Minuman Bersoda


Tahu nggak sih, di balik rasa nikmat soda bisa mengikis lapisan erosi pada lapisan terluar gigi loh! Pengikisan erosi secara terus-menerus bisa menyebabkan gigi sensitif, ngilu bahkan berlubang.

Nggak papa sih guys kalau mau minum soda, tapi jangan terlalu berlebihan. Kemudian kamu bisa berkumur setelah minum soda agar mencegah pengikisan enamel.

2 dari 7 halaman

Mengunyah Es Batu

Kenapa sih Doyan Ngunyahin Es Batu? © Diadona
Minuman yang segar dan dingin karena tambahan es batu memang nikmat. Sebagian orang juga suka mengunyah es batu untuk mengatasi dehidrasi.

Tapi kalau terlalu sering bisa mengikis enamel gigi juga. Sehingga inilah yang jadi penyebab gigi ngilu dan lebih sensitif dengan zat panas dan maupun dingin.

Makanan dan Minuman dengan Suhu Ekstrem


Nggak hanya dingin, tapi makanan yang terlalu panas juga nggak baik buat gigi. Akibatnya gigi menjadi sensitif karena enamel gigi yang aus atau saraf terbuka. Sehingga makanan terlalu dingin atau terlalu panas bisa menjadi penyebab gigi ngilu selama ini.

3 dari 7 halaman

Penumpukan Plak

Ilustrasi Wanita Sakit Gigi © Diadona
Adanya penumpulkan plak atau karang gigi juga membuat enamel gigi aus sehingga gigi menjadi ngilu berkepanjangan. Sebab, jika ada penumpukan plak, maka gigi kehilangan perlindungan dari enamel.

Lebih-lebih, plak ini nggak hanya menggerogoti gigi tapi juga bisa gusi. Itu kenapa gak hanya gigi tapi gusi juga bisa terasa ngilu.

Sering Menggemeretak Gigi


Ada sebagian orang yang memiliki kebisaan menggemeretakkan gigi. Padahal hal ini bisa merusak enamal dan mengganggu dentin atau lapisan tengah gigi yang berisi tabung berlubang mengarah ke saraf. Akibatnya menjadi penyebab gigi ngilu berkepanjangan.

4 dari 7 halaman

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Ilustrasi sikat gigi © Diadona
Ada cara menyikat gigi dengan benar dan baik. Apabila terlalu kuat, bisa merusak lipasan pelindung gigi dan mengekspos dentin gigi. Akibatnya, ketika tabung ini kena suhu yang ekstrem atau makanan asam dan lengket jadi lebih sensitif dan ngilu.

Sikat Gigi yang Salah


Penggunaan produk sikat gigi yang salah juga salah satu pemicu gigi jadi  ngilu berkepanjangan loh! Kalau bulu sikat terlalu kasar bisa merusak pelindung gigi. Pastikan kamu pakai bulu sikat yang lembut dan menggantinya setiap 3 bulan sekali ya!

5 dari 7 halaman

Produk Perawatan Gigi dengan Pemutih

Ilustrasi Gigi © Diadona
Akhir-akhir ini banyak sekali produk perawatan gigi dengan pemutih. Padahal ada campuran bahan kimia yang digunakan. Sehingga produk ini berisiko menjadikan gigi lebih sensitif. Biasanya rasa sakit atau ngilu karena produk pemutih sifatnya sementara, jadi hentikan pemakaiannya agar gigi kembali normal ya!

Asam Lambung


Ada juga gangguan pada asam lambung seperti maag atau gastroesophageal reflux disease (GERD) yang menjadi penyebab gigi ngilu berkepanjangan. Hal ini dikarenakan asam lambung mengalir ke mulut (refluks) yang sifat asamnya bisa mengikis enamel gigi.

6 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Ngilu Tiba-Tiba

Penyebab Gigi Ngilu © Diadona

Selain hal-hal di atas ada juga beberapa hal di bawah ini yang perlu kamu tahu sebagai penyebab gigi ngilu tiba-tiba.

1. Efek prosedur perawatan gigi yang melansir dari honestdocs, bahwa bisa menjadi salah satu penyebab gigi ngilu tiba-tiba. Misalnya seperti melakukan memutihkan gigi atau bleaching, mencabut gigi dan lain sebagainya. Biasanya berlangsung selama 4-6 minggu. Namun jika lebih segera periksa ke dokter ya!

2. Penggunaan obat kumur secara berlebih setelah menggosok gigi juga bisa berpengaruh. Gunakan sewajarnya saja, soalnya kalau berlebihan bisa memicu rasa ngilu pada gigi. Sebab, ada kandungan alkohol yang bersifat asam di dalamnya.

3. Tambalan gigi yang rusak juga bisa membuat rasa ngilu muncul di gigi. Biasanya rasa tersebut di sekitar area gigi yang ditambak. Jangan dibiarkan ya guys, segera periksakan ke dokter. Sebab, tambalan gigi yang rusak bisa memicu infeksi yang serius.

7 dari 7 halaman

 

Nah, itulah aneka penyebab gigi ngilu berkepanjangan maupun tiba-tiba yang perlu kita antisipasi. Jangan lupa jaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin gosok gigi yang benar ya!

Beri Komentar