13 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cepat, Alami dan Ampuh

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 7 Januari 2020 18:18
13 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cepat, Alami dan Ampuh
Meski kata Meggy Z dalam liriknya "dari pada sakit hati, lebih baik sakit gigi," mending tidak perlu dua-duanya deh..

Semua yang pernah mengalami sakit gigi pasti setuju kalau rasanya menyakitkan. Anehnya, beberapa orang cenderung nggak mau datang ke dokter gigi dan memillih perawatan sendiri di rumah dengan alasan akan hilang dengan sendirinya.

Memang sih sakit tersebut bisa hilang dan timbul, karena penyebabnya bisa saja tidak selalu karena gigi berlubang. Nah, untuk meredakan sakit gigi dan menyiksa, simak yuk 13 cara menghilangkan sakit gigi yang Diadona rangkum dari berbagai sumber :

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Semua pasti setuju kalau sakit gigi tuh nggak enak banget. Mulai dari nggak bisa tidur, susah berbicara, pusing dan sakit di seluruh badan. Apalagi kalau terjadi di malam hari di mana kamu nggak memungkinkan untuk minta pertolongan dokter, atau mencari obat yang bisa meredakan nyerinya.

Obat Pereda Rasa Nyeri

Cara menghilangkan sakit gigi bisa dengan meminum obat penghilang rasa sakit. Untuk jenis tertentu seperti acetaminophen atau ibuprofen, kamu bisa mendapatkannya di apotek tanpa harus membawa resep dari dokter. Tetap pastikan kamu menataan dosis yang disarankan dalam kemasan.

Kompres dengan Suhu Dingin

Saat kondisi darurat dan tidak tertahankan lagi, kamu bisa menggunakan kompres air dingin untuk meringankan sakit yang menyerang. Caranya, bungkus kantong es dengan menggunakan handuk dan letakkan di sisi gigi yangs akit. Dari medicalnewstoday, suhu dingin bisa membantu menyempitkan pembuluh darah di aera tersbeut sehingga bisa mengurangi rasa sakit.

Tidur dengan Bantal Tinggi

Pada beberapa orang, tidur dengan bantal tambahan bisa meringankan rasa sakit, dan cukup buat bikin mereka tertidur selama fase sakit gigi. Ini karena darah yang terpusat di kepala bisa menyebabkan rasa sakit dan peradangan tambahan.

Obat Salep

Oleskan obat salep untuk cara menghilangkan sakit gigi. Beberapa produk mengandung bahan-bahan seperti benzocaine yang dapat membuat area sasaran menjadi mati rasa. Sebuah penelitian menyebut pemberian salep benzoncaine bisa meredakan nyeri gigi dalam kurun waktu yang lebih cepat dan durasi aktif yang relative lebih lama dibanding gel dari bahan plasebo.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cepat

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Sakit gigi sering bikin senewen. Semua jadi terasa serba salah. Pernah kan kamu melihat orang jadi gampang marah karena sedang sakit gigi? Nah, karena memang sakit ya sesakit itu.

Berkumur dengan Air Garam

Sering mendengar solusi ini? Air garam merupakan agen anti bakteri alami sehingga bisa mengurangi peradangan. Dalam perawatan lebih lanjut pada gigi yang sehat, air garam bisa melindungi gigi yang rusak karena infeksi. Saat kehabisan obat kumur, kamu juga bsia lho menggunakan ramuan ini untuk menghilangkan partikel makanan atau kotoran yang masih tersangkut di gigi kamu.

Teh Peppermint

Mengirup the atau menggigit kantung the peppermint ternyata bisa meredakan rasa sakit sementara dari sakit gini. Penelitian mencatat bahwa peppermint mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan. Bahan aktif mentholnya berkontribusi memberikan efekmati rasa ringan yang pada area yang terinfeksi.

3 dari 4 halaman

Cara Alami Menghilangkan Sakit Gigi

bawang putih © Diadona

Rasa sakit pada gigi kadang hilang dan datang dengan sendirinya. Namun ada juga yang terasa konstan hinga beberapa waktu tertentu. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari gigi berlubang, infeksi, gigi tumbuh, dan lainnya. Sakit gigi terasa makin menyakitkan saat terkena makanan atau minuman dingin maupun panas.

Cengkeh

Hasil uji klinis pada 2015 lalu membuktikan bahwa bahan aktif berupa senyawa eugenol dalam cengkeh, bisa mengurangi rasa sakit pada gusi setelah pencabutan gigi. Eugenol punay sifat sebagai analgesic, yakni mematiakn rasa pada area. Untuk mengambil manfaatnya dalam cara menghilangkan sakit gigi, kamu mengoleskan air rendaman cengkeh ke pasta gigi, atau memasukkan cengkeh yang sudah digeprek ke kantong the, lalu meletakkannya di mulut.

Cara menghilangkan sakit gigi dnegan cengkeh juga bisa dengan mengunyahnya atau menggigit dan diletakkan di bagian dekat gigi untuk meredakan rasa sakitnya.

Bawang Putih

Selain cengkeh, bahan rumahan lain yang bisa menjadi cara menghilangkan sakit gigi adalah bawang putih. Senyawa alicin di dalamnya punya efek antibakteri yang kuat untuk membunuh bakteri di mulut penyebab gigi berlubang dan sakit gigi. Penggunaannya sama dengan cengkeh, yakni cukup didekatkan atau digigit pada gigi yang terasa sakit.

Bawang putih punya aroma dan rasa yang kuat dan tidak semua orang bisa menoleransinya, jadi, cara menghilangkan sakit gigi ini bukan solusi yang tepat untuk semua orang.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi

Ilustrasi Dokter Gigi © Diadona

Jenis perawatan oleh dokter tergantung dari penyebab sakit gigi kamu. Bisa saja perawatannya cukup dengan memeriksa mulut, namun ada saatnya kamu diminta melakukan rontgen untuk mengidentifikasi masalah di dalam gusi kamu.

Kalau sakit gigikamu disebabkan oleh gigi berlubang, tentu dokter akan menambal gigi tersebut. Sakit gigi juga bisa diakibatkan karena tambalan yang longgar atau rusak.

Larutan Hidrogen Peroskida

Cara menghilangkan sakit gigi dengan ampuh, kamu memerlukan larutan hydrogen peroksida 3 % yang diencerkan dengan air. Larutan ini bisa menjadi bantuan sementara dan meredakan rasa sakit dan ngilku pada gigi.

Cuka dan Lada Hitam

Oke, cara menghilangkan sakit gigi dengan Teknik ini mungkin akan terlihat aneh. Ambil kertas coklat yang biasa kamu dapatkan saat belanja, lalu lembar dalam larutan cuka dan taburi satu sisinya denggan lada hitam. Sensasi hangat di pipi kamu akan mengalihkan perhatian dari rasa sakit di gigi. Teknik ini merupakan contoh dari teori pengontrolan nyeri di mana digunakan stimulus lain yang mengganggu untuk mengalihkan kamu dari rasa sakit asli.

Sikat Gigi dengan Cara Tepat

Pilih pasta gigi dengan kandungan natrium flourida, kaliam nitrat atau strontium nirat yang telah terbukti mengurangi sensitivitas gigi.

Teknik Akupuntur

Dalam cara menghilangkan sakit gigi, kamu bisa mencoiba Teknik akupuntur yang satu ini. Dengan ibu jari, tekan titik antara ibu jari dan telunjuk di tangan yang lain. Tekan selama dua menit. Tekanan ini bisa membantu mencegah sinyal rasa sakit meluncur ke otak.

Ke Dokter

Saat rasa sakit kamu sudah bertahan lebih dari dua hari, maka cara menghilangkan sakit gigi selain berobat ke dokter. Fungsinya, tentu saja untuk menedeteksi apakah ada hal lain yang terjadi dan penanganan secara medis. Ingat ya, semnakin lama kamu menunda dating ke dokter, sakit gigi kamu bisa semakin parah.

Beri Komentar