11 Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder Menurut Dokter secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 15 Januari 2020 09:09
11 Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder Menurut Dokter secara Alami
Biar nggak makin parah, ketahui cara mengurangi nilai minus dan memperlambatnya dari ulasan Diadona berikut!

Sebagian besar orang menggunakan kacamata sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan penglihatan, diantaranya rabun jauh, rabun dekat, maupun silinder. Masalah kaburnya penglihatan tersebut bisa karena factor genetis dan factor lainnya. Sayangnya, alih-alih semakin berkurang, kebanyakan nilai minus atau silinder pada mata justru bertambah seiring waktu.

Penambahan angka tersebut biasanya bisa kamu sadari saat kacamata tidak lagi bisa mengakomodir kekurangan penglihatan. Dan kondisi pastinya baru bisa kamu ketahui saat sudah melakukan pemeriksaan dasar atau refraksi mata. Nah, nggak pengen kan kalau hal ini juga terjadi pada kamu?

Ada beberapa cara mengurangi mata minus yang bisa kamu lakukan. Berikut rekomendasi Diadona untuk kamu yang mencari cara mengurangi mata minus.

1 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Mata Minus Menurut Dokter

Ilustrasi Dokter MataIlustrasi Dokter Mata © contouravisionindia.com

Mata minus terjadi saat  benda-benda yang berada dalam jarak jauh terlihat buram dalama penglihatan kamu. Namun begitu mendekat, benda tersbeut baru terlihat jelas. Ini karena ketika cahaya memasuki mata yang rabun, cahaya tersebut tidak jatuh tepat pada retina  dan membelok, sehingga benda terlihat kabur dalam bayangan.

Biar mata minus kamu nggak semakin parah, ada beberapa cara mengurangi mata minus mana yang layak kamu coba:

Mengontrol Kacamata

Untuk kamu yang berkacamata, coba deh ingat-ingat kapan terakhir kali kamu mengecek kondisi matamu. Apakah minus kamu sudah sesuai dengan kacamata yang kamu gunakan sekarang? Karena ketidak sesuaian tersebut bisa bikin minus kamu makin bertambah, lho!

Idealnya, pemeriksaan ke dokter mata harus kamu lakukan 1-2 kali dalam setahun untuk mengecek kembali mata atau upgrade kacamata, dan sebagai cara mengurangi mata minus.

Penggunaan Obat Topikal

Sebua penelitian menyebut penggunaan obat topical seperti atropine dan orthokeratology bisa memperlambat laju peningkatan rabun jauh pada anak-anak Beberapa penelitian menunjukkan bahwa atropine jadi cara mengurangi mata minus paling efektif untuk mengendalikan myopia karena selama penggunaannya dapat mengurangi perkembangan minus mata hingga 77 persen.

Operasi Refraktif

Seperti yang telah disebut sebelumnya, masalah penglihatan pada mata disebabkan karena cahaya yang jatuh tidak tepat pada retina mata sehingga penglihatan jadi kabur. Pergeseran ini bisa karena bentuk bola mata yang tidak seperti mata normal. Nah, untuk itu cara mengurangi mata minus yakni melalui operasi untuk memodifikasi kembali bentuk kornea mata kamu. Setelah dilakukan operasi, umumnya penglihatan akan kembali normal sehingga ucapakan selamat tinggal pada kacamata kamu!

 

2 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Mata Minus secara Alami

Ilustrasi SayuranIlustrasi Sayuran © 2019 https://www.diadona.id/@online.ahu.edu

Melindungi Mata dari Sinar Matahari

Saat kamu di bawah sinar matrahari dan berpotensi terpapr sinar UV, maka gunakan kacamata hitam. Ini memang bukan cara mengurangi mata minus dengan hasil yang instan, tapi kamu perlu menjaga mata dari sinar yang berpotensi pada kerusakan mata lebih lanjut.

Menggunakan Pelindung Mata

The American Optometric Association (AOA) menerbitkan bahwa sebagian besar masalah visual yang umum untuk orang dewasa muda (orang antara usia 19 dan 40) terjadi karena stres atau cedera pada mata. Ini bisa jadi cara mengurangi mata minus dengan pencegahan kerusakan lebih lanjut.

Konsumsi Makanan kaya Antioksidan dan Vitamin A

Sayuran berdaun, wortel, dan ikan dapat membantu menjaga kesehatan mata. Diet bergizi dapat membantu meningkatkan penglihatan dan memperlambat penurunan penglihatan yang berkaitan dnegan usia.

3 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder

Ilustrasi Wanita BerkacamataIlustrasi Wanita Berkacamata © Designecologist/pexels.com

Selain operasi dan bantuan kacamata, sebenarnya nggak ada solusi lain yang lebih ampuh sebagai cara mengurangi mata minus. Namun jangan berkecil hati dulu, karena ada banyak yang bsia kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan mata, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan penglihatan kamu. Apa saja?

Istirahatkan Mata dari Layar Komputer dan Gadget

The American Optometric Association (AOA) merekomendasikan untuk mengambil jeda dari melihat layar computer atau gadget selama 20 detik setiap 20 menit. Kamu bisa berjalan sebentar atau beranjak ke tempat lain. Ini dapat membantu mencegah ketegangan mata digital, yang dapat menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, ketegangan leher, dan penurunan penglihatan.

Olahraga Secara Teratur

Fisik yang bugar  dapat meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen ke mata kamu. Ini juga bsia membantu mengurangi permasalah mata kering, dan secara lbih lanjut bisa sebagai cara mengurangi mata minus.

Hindari Merokok

Merokok memang tidak baik untuk kesehatan, tapi masak iya ada hubungannay dengan kesehatan mata? Ternyata, merokok dapat meningkatkan risiko kerusakan saraf optik, degenerasi makula terkait usia, dan katarak - yang semuanya dapat berdampak negatif pada penglihatan.

4 dari 4 halaman

Cara mengurangi Mata Minus yang Sudah Tinggi

Ilustrasi Anak BerkacamataIlustrasi Anak Berkacamata © Pexen Design/pexels.com

Minus mata yang sudah tinggi membuat kamu harus ketergantungan pada penggunaan kacamata. Padahal, bisa saja mata kamu jadi pegal. Belum lagi saat ada kegiatan yang membuat kamu melepaskan kacamata karena ketidak nyamanan. Untuk kamu, ini lho cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi yang bisa kamu coba.

Melepas kacamata Sesekali

Meskipun tampak buram, nggak ada salahnya kamu melepas kacamata sebentar saat sedang tidak terlalu dibutuhkan. Ini bertujuan biar mata kamu juga beristirahat sekaligus melatih mata kamu untuk melihat benda-benda yang jauh, dan sebagai cara mengurangi mata minus.

Lasik Mata

Sama halnya dengan operasi refraksi mata, prosedur lasik dapat menjadi cara mengurangi mata minus karena memungkinkan modifikasi bentuk kornea mata. Bedanya, yaitu pada proses lasik dilakukan ‘flap’ terlebih dahulu sehingga proses penyembuhan pada pasien terjadi lebih cepat. Setelah prosedur lasik, sehari kemudian pasien dapat beraktivitas seperti biasa.

 

Beri Komentar