Pulau Peucang, Serpihan Surga yang Menakjubkan di Timur Ujung Kulon

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 18 Januari 2021 14:10
Pulau Peucang, Serpihan Surga yang Menakjubkan di Timur Ujung Kulon
Keindahannya bikin betah para pelancong!

Sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon ternyata terdapat sebuah pulau yang menarik hati para traveller lokal maupun mancanegara. Walaupun ukurannya tidak begitu luas, namun pulau ini menawarkan pesona alam yang begitu alami. Pulau Peucang namanya.

Pulau seluas lebih kurang 450 hektare ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana serta berbagai objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Tenang, fasilitas yang ada di Pulau Peucang ini sudah memadai, mulai dari penginapan, pusat informasi, dermaga, dan lain sebagainya.

1 dari 2 halaman

Pulau Peucang © Diadona

Berada di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Pulau Peucang ini memiliki karakteristik yang khas yaitu pasir putih dan hamparan yang luas. Tak hanya bersantai menikmati pantai yang mempesona, kamu pun juga bisa snorkeling menjelajah dunia dasar laut dan terumbu karang yang indah di pantai Pulau Peucang. Sehingga, kamu pun bisa dengan bebas berfoto di kawasan wisata tersebut.

Ohiya, selain menikmati pantainya yang cantik, kamu juga bisa menjelajahi hutan di Pulau Peucang, lho. Selama berada ditengah hutan Pulau Peucang kamu akan menjumpai beberapa satwa liar seperti rusa, kera, babi hutan, dan lain-lain. Bahkan hewan-hewan ini hilir mudik seakan tidak terganggu dengan keberadaan manusia.

Tak hanya hewan, beberapa tumbuhan langka pun juga akan kamu temui di lokasi ini. Sayangnya, kamu hanya bisa mengamati dari jauh karena flora dan fauna disini dilindungi oleh Balai Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon.

2 dari 2 halaman

Pulau Peucang © Diadona

Nah, wisata yang tidak kalah menariknya dengan pesona pantai yaitu Karang Copong. Nama Karang Copong sendiri merupakan nama karang yang berlubang di bagian tengahnya, sehingga untuk melihat karang ini kamu harus jalan mendaki sebelum tiba di karang berlubang tersebut.

Tapi, untuk ke sini sebaiknya kamu ditemani dengan polisi hutan yang selalu berjaga di Pulau Peucang, ya. Hal ini dilakukan untuk menjaga wisatawan supaya tidak tersesat dan terhindar dari ancaman binatang liar.

Untuk urusan penginapan, di Pulau Peucang tersedia vila yang terbagi dalam beberapa kamar. Namun, sebaiknya kamu menghubungi pihak Taman Nasional Ujung Kulon terlebih dahulu untuk memudahkan perjalanan ke sini. Yuk, buruan kesini!

Beri Komentar