10 Penyebab Eksim Basah dan Kering serta Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 20 September 2020 21:59
10 Penyebab Eksim Basah dan Kering serta Cara Mengatasinya
Dari kekebalan tubuh hingga genetika berkontribus sebagai penyebab eksim

Eksim adalah kondisi dimana kulit terasa gatal dan berwarna merah. Penyebab eksim hingga kini belum diketahui. Tapi kemungkinan karena genetika, atau faktor lingkungan dan alergen.

Eksim ini sering muncul pada bayi dan anak. Tapi eksim bisa datang dalam berbagai jenis pada anak-anak, remaja, atau bahkan orang dewasa. Dan perlu diketahui kalau eksim adalah suatu penyebutan awam bagi suatu kondisi medis yang disebut dengan dermatitis atopik. 

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Eksim

Penyebab Eksim © Diadona

Eksim sering disebut dengan dermatitis atopik, ditandai dengan gejala berupa kulit kering dan juga gatal. Kalau orang menyebut penyakit eksim, mungkin yang mereka maksud adalah dermatitis atopik. Jadi sebenarnya keduanya hanya beda istilah penyebutan saja guys

Ada banyak jenis dermatitis, namun untuk artikel kali ini Diadona bakalan khusus bahas tentang penyebab eksim ini.

Jadi, apa sih sebenarnya penyebab eksim? Dikutip dari berbagaiu sumber, kemungkinan terjadi penyakit ini karena hal-hal berikut:

Kekebalan Tubuh

Penyebab eksim belum sepenuhnya dipahami. Dikutip dari Healthline, kemungkinan nih ini dipicu oleh sistem kekebalan yang terlalu aktif merespon iritan secara agresif.

Penyebab eksim kadang karena respon abnormal terhadap suatu protein yang sebenarnya adalah bagian umum dalam tubuh. Padahal biasanya, sistem kekebalan tubuh mengabaikan protein tersebut dan cuman menyerang protein yang jahat, misalnya bakteri atau virus.

Pada eksim, sistem kekebalan tubuh nggak bisa membedakan antara protein yang baik dan yang jahat, yang pada akhirnya menyebabkan peradangan.

Genetika

Selain itu, penyebab eksim juga bisa karena kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Anak-anak punya risiko terkena eksim kalau orang tuanya mengidap kondisi ini.

Melansir Medical News Today, beberapa faktor lingkungan juga bisa jadi penyebab eksim, antara lain

Iritan

Termasuk sabun, deterjen, sampo, disinfektan, jus dari buah-buahan segar, daging, dan sayuran.

Bahan kimia dalam sabun dan detergen awalnya menyebabkan iritasi pada kulit. Kalau ini terjadi terus, iritasi bisa mengarah pada peradangan yang pada akhirnya bisa jadi penyebab eksim kering. Untuk menghindarinya, perhatikan bahan kimia yang mengenai kulitmu ya

Alergen

Gigitan tungau, Tungau debu, hewan peliharaan, serbuk sari, dan jamur semuanya dapat jadi penyebab eksim. Ini dikenal sebagai eksim alergi .

Suhu

Cuaca yang panas banget atau dingin banget, kelembaban tinggi dan rendah juga keringat karena olahraga ternyata jadi bisa menyebabkan eksim.

Udara

Saat udara lagi dingin, kulit cenderung jadi kering. Nah, ini nih yang bisa jadi penyebab eksim. Maka usahakan buat menggunakan pelembab. Ini berlaku juga untuk udara panas.

Pakaian

Penggunaan bahan pakaian tertentu ternyaa bisa jadi penyeba eksim lho. Misalnya, bahan kasardari wol yang bisa mengiritasi kulit.

Makanan

Iritasi kulit adalah salah satu gejala yang muncu ketika seseorang mengkonsumi makanan tertentu. Gejalanya berupa gatal dan ruam. Nah, kondisi ini juga disbeut dengan eksim.

Biasanya sih produk susu, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian, produk kedelai, dan gandum bisa membuat eksimnya kambuh, tapi ini bisa berbeda pada setiap orang.

Stres

Ini memang bukan penyebab eksim secara langsung, tapi bisa memperburuk gejalanya.

Hormon

Saat ada perubahan hormon, misalnya kehamilan atau menstruasi, gejala eksim biasanya kambuh atau mengalami peningkatan.

Penting untuk diketahui kalau penyebab eksim bisa berbeda-beda setiap orang. Dan untuk menentukan apa aja faktor yang membuat eksim kambuh, harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

2 dari 3 halaman

Penyebab Eksim Kering dan Eksim Basah

Sebenarnya nih istilah eksim kering atau eksim basah tidak mengacu pada jenis eksim, melainkan penyebutan untuk gejala eksim yang muncul.

Eksim kering mengacu pada tahap di awal penyakit eksim di mana kulit jadi kering, gatal, dan berwarna kemerahan. Sedangkan eksim basah yaitu ketika muncul bintil lepuhan berair pada kulit. Ini merupakan tahapan lebih lanjut dari eksim kering. Dikutip dari laman Hello Sehat, bintil tersebut bisa pecah dan mengelupas lalu mengeluarkan cairan.

Dan karena ini adalah suatu tahapan penyakit eksim,maka penyebab eksim basah dan eksim kering adalah sama.

3 dari 3 halaman

Penyebab Eksim Kulit dan Cara Mengobatinya

Penyebab Eksim © Diadona

Dokter bakalan memberikan perawatan yang sesuai dengan eksim kamu. Tapi nggak kalah penting juga nih yakni menghindari penyebab eksim terlebih dahulu.

Beberapa opsi pengobatan eksim meliputi:

  • Antihistamin
  • Krim atau salep
  • Antibiotik

Selain itu dokter juga mungkin menyarankan untuk terapi menggunakan sinar UV atau sinar matahari buat me,bantu mencegah respon kekebalan tubuh yang memicu eksim.

Penderita juga bisa mengobati eksim dengan merubah gaya hidup yang kemungkinan berkontribusi sebagai penyebab eksim atau yang bisa memperburuk gejalanya.

Penyebab eksim yang udah diketahui bisa digunakan cara untuk melakukan pencegahan, mengingat belum ada obat khusus untuk eksim ini.

Beri Komentar