10 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Berbagai Penyakit

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 9 Maret 2021 12:25
10 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Berbagai Penyakit
Meski memiliki bau yang tajam, namun manfaat daun bawang cukup luar biasa bagi kesehatan.

Siapa sih yang nggak tau jenis tanaman ini? Yaps, salah satu sayuran yang biasanya dipakai sebagai penambah saat membuat telur dadar ataupun pelengkap pada soto, mie ayam, hingga jajanan lumpia.

Namun, siapa sangka, ternyata sayuran yang umumnya dipotong-potong kecil ini memiliki segudang manfaat yang besar bagi kesehatan. Bahkan, manfaat daun bawang yang kerap di cincang ini lebih mencengangkan dari yang kamu duga.

Pasalnya, tanaman bernama Latin Allium fistulosum ini kaya akan beragam vitamin serta folat yang terbukti bisa menyembuhkan beragam penyakit secara alami. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas beragam manfaat daun bawang berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat Daun BawangManfaat Daun Bawang © pixabay.com/MikeGoad

Manfaat daun bawang untuk kesehatan mungkin belum diketahui oleh banyak orang, sebab jenis sayuran yang satu ini kerap disingkirkan karena baunya yang sangat tajam.

1. Melindungi Organ Jantung

Meski memiliki nama dengan unsur bawang, namun bentuk daun bawang ini tidak seperti bawang ya, guys. Namun, manfaat daun bawang serupa dengan bawang putih dan bawang bombay, yakni mampu menurunkan peradangan serta menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, daun bawang juga memiliki senyawa sulfur yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol serta tekanan darah yang mampu memicu penyakit jantung.

2. Sumber Vitamin

Manfaat daun bawang untuk kesehatan didukung dengan kandungan vitamin A, vitamin K1, dan vitamin C di dalamnya. Kalian tau kan, bahwa vitamin A sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata, meningkatkan produksi sel darah, serta melindungi tubuh secara umum.

Sementara, untuk vitamin K1 pun gak kalah penting dalam menjaga kesehatan jantung, tulang, dan mencegah penyumbatan darah. Sedangkan, vitamin C berperan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh,  produksi kolagen, penyerapan zat besi, hingga memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

2 dari 4 halaman

3. Menurunkan Gula Darah

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © familydoctor.org

DiaZens, kamu percaya nggak bahwa manfaat daun bawang untuk kesehatan dipercaya mampu menurunkan gula darah dan mencegah diabetes, lho. Sayangnya, penelitian ini masih dilangsungkan untuk mengetahui khasiat dari daun bawang dalam menurunkan gula darah.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat daun bawang berikunya yaitu untuk mencegah pertumbuhan dan membunuh sel kanker. Hal ini dikarenakan daun bawang mengandung senyawa kaempferol yang bisa mengobati peradangan di dalam tubuh. Nah, peradangan dalam nantinya bisa menjadi penyebab pertumbuhan sel kanker.

Meski begitu, para ahli kesehatan mengaku masih harus menjalani penelitian secara tahap untuk mengkonfirmasi khasiat dari sayuran yang satu ini.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya menurunkan gula darah, senyawa belerang dalam daun bawang juga terbukti bisa melindungi otak dari berbagai penyakit serta penurunan fungsi otak akibat faktor usia. Namun, studi ini masih dibutuhkan lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti manfaat daun bawang dalam meningkatkan fungsi otak.

3 dari 4 halaman

6. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan Ibu HamilIlustrasi Berat Badan Ibu Hamil © https://www.shutterstock.com/g/jirkaejc

Daun bawang memang tidak identik dengan makanan diet layaknya gandum, beras merah, apel atau dada ayam. Eits, jangan salah, sebab manfaat daun bawang untuk kesehatan sama-sama mampu membantu menurunkan berat badan.

Pasalnya, daun bawang mengandung kalori yang sangat rendah. Bahkan, dalam 100 gram daun bawang, peneliti hanya menemukan sekitar 30 hingga 33 kalori saja. Cukup menarik, bukan?

7. Meningkatkan Sistem Imun

Ternyata, menambahkan daun bawang pada makanan favoritmu juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun lho, DiaZens. Ya, kandungan daun bawang seperti quercetin dan kemferfol ini berperan sebagai tameng pelindung yang menjaga tubuh dari virus-virus jahat.

Selain itu, kandungan yang sama juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh serta mengobati pegal linu pada sendi dan tulang yang disebabkan oleh cuaca dingin.

8. Tinggi Antioksidan

Siapa bilang kalau cuma teh hijau saja yang tinggi antioksidan, faktanya, daun bawang pun memiliki berbagai senyawa antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas yang memicu penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan sebagainya.

Menariknya lagi, beberapa antioksidan yang membentuk manfaat daun bawang untuk kesehatan ialah zeaxanthin, polifenol, senyawa belerang dan lutein. Senyawa zeaxanthin dan lutein inilah yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata.

4 dari 4 halaman

9. Merawat Kesehatan Rambut

Ilustrasi Rambut Warna-warniIlustrasi Rambut Warna-warni © 2020 https://www.diadona.id / @unsplash

Percaya nggak kalau manfaat daun bawang berikutnya ialah untuk merawat rambut? Hal ini dikarenakan daun bawang mengandung senyawa serta nutrisi yang menyerupai daun seledri.

Nah, kedua tanaman ini bisa digunakan secara langsung pada rambut dengan cara digosok. Untuk hasilnya, rambut kamu jadi terlihat lebih bersinar dan ketombe akan hilang! Wah, perlu di coba nih, guys.

10. Mengurangi Risiko Infeksi Luar dan Dalam

Di dunia ini, banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Akan tetapi, masih belum banyak obat di luar sana yang bisa melawan jenis virus dan bakteri tertentu tersebut.

Itulah mengapa langkah pencegahan lebih baik dibandingkan dengan pengobatan. Ya, langkah pencegahan tersebut bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi daun bawang sebagai pelengkap makanan atau dalam bentuk jus.

Itulah beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan yang cukup beragam. Semoga informasi di atas cukup membantu ya. Jangan lupa pantau terus informasi lainnya di Diadona.id

Beri Komentar