10 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan, Mata, dan Kewanitaan

Reporter : Sofi
Jumat, 31 Januari 2020 12:44
10 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan, Mata, dan Kewanitaan
Manfaat daun sirih merah ternyata bisa untuk menyehatkan rambutmu loh! Berikut manfaat daun sirih merah lebih lengkapnya.

Daun sirih merah merupakan jenis tanaman endemik dari Sulawesi. Tanaman yang masih berkerabat dengan lada ini memiliki penampakan daun berwarna hijau gelap dan batang merah. Sirih merah memang dikenal sebagai antiseptik herbal yang mengandung banyak zat seperti minyak atsiri, flavonoid, saponin, dan tanin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat daun sirih merah yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat daun sirih merah juga digunakan untuk kecantikan. Salah satunya adalah menyeharkan rambut kamu. Berikut manfaat daun sirih merah untuk kecantikan.

Antioksidan kulit

Kandungan antioksidan sirih merah mampu meregenerasi kulit wajah yang rusak akibat polusi dan radikal bebas. Untuk mencegah jerawat cukup gunakan air rebusan daun sirih merah sebagai pencuci muka dua kali sehari. Flavonoid dan tanin dalam sirih merah membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat. Maka dari itu, manfaat daun sirih merah sebagai antioksidan kulit.

Cegah jerawat

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, kulit mati, atau bakteri. Daun sirih merah memiliki sifat antibakteri alami. Manfaat daun sirih merah mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang kuat. Kandungan minyak atsiri pada sirih merah mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan sirih merah seperti antioksidan, flavonoid, dan vitamin tertentu mampu menutrisi kulit.

Sehatkan rambut

Manfaat daun sirih merah juga bisa untuk menyehatkan rambut. Kandungan antioksidan pada sirih merah juga dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati kekurangan nutrisi yang dapat membahayakan kesehatan rambut. Karena rambut secara teratur terpapar sinar matahari dan polusi, rambut terus dibombardir dengan radikal bebas. Antioksidan dapat mengatasi ini, melindungi folikel rambut yang lembut, dan mencegah rambut rontok yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Cegah penuaan dini

Radikal bebas menyebabkan tanda-tanda penuaan. Efek ini menyebabkan kerusakan sel, peradangan dan menyebabkan keriput serta bintik-bintik penuaan. Antioksidan pada sirih merah mampu melawan efek radikal bebas, mereka dapat memainkan peran utama dalam menunda tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, manfaat daun sirih merah untuk cegah penuaan dini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mata

Ilustrasi Mata © Diadona

Manfaat daun sirih merah dipercaya untuk mengobati mata kita. Air perasan daun sirih seringkali dijadikan obat oleh masyarakat Indonesia ketika terkena iritasi mata merah (konjungtivitas). Padahal, menggunakan air daun sirih tidak dianjurkan sama sekali dalam pengobatan penyakit mata.

Hal ini karena bila salah dalam penggunaannya, mata bukannya sembuh malah timbul penyakit mata lainnya. Dokter Spesialis Mata dan Direktur Jakarta Eye Center, Dr. Johan Hutahuruk, MD, menjelaskan air sirih yang biasa digunakan sebagai obat itu bukannya tidak bagus sama sekali. Karena, air daun sirih bisa membunuh kuman yang menjadi penyebab terjadinya iritasi pada mata.

Tapi yang ditekankan oleh Johan adalah, dalam penggunaan air daun sirih haruslah diproduksi dengan benar, dan tidak asal-asalan. " Kalau kamu mengambil daun sirih langsung dikucek-kucek atau ditetes ke mata, akan membuat mata menjadi jamuran. Karena itu tergolong tidak steril dalam pengobatannya. Terlebih kalau sampai kornea sampai terkena, bisa membuat kamu buta," kata Dr. Johan Hutahuruk, MD, dalam acara bertajuk 'SOHO #BetterU: Lima Penyakit Mata Tersering di Masyarakat Indonesia & Hari Penglihatan Sedunia', di Amaris Hotel Thamrin City, Jakarta, ditulis Kamis (10/10/2013)

Agar hal seperti ini tidak terjadi, Johan Hutahuruk menghimbau, para pasien untuk tidak mengobatinya seorang diri. Segeralah ke Puskesmas, biar ditangani langsung oleh ahlinya. Kalau pun nanti diminta untuk membeli obat tetes mata, itu sudah sesuai dengan anjuran dokter. Iritasi mata merah (konjungtivitas) merupakan penyakit mata yang disebabkan karena adanya peradangan pada bola mata. Iritasi terjadi karena adanya polusi, alergi, dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus serta jamur.

Dalam mengatasinya, seperti yang dikatakan Johan Hutahuruk, yaitu dapat menggunakan salep atau obat tetes mata atas petunjuk dokter. Jangan mengambil tindakan untuk mengobatinya seorang diri. Jika tidak, dapat menyebabkan kebutaan yang sudah tentu tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi merugikan orang lain, terutama keluarga." Kalau sampai buta, tidak bisa menghasilkan uang untuk keluarganya. Selain itu, pasien juga harus disupport setiap harinya. Buta ini double pengeluarannya," tutup Johan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kewanitaan

Ilustrasi Tanda Peace © Diadona

Manfaat daun sirih merah ini juga dipercaya untuk kewanitaan. Penelitian medis menunjukkan bahwa daun sirih mengandung zat-zat penting yang efektif menyembuhkan luka, menghentikan pendarahan, menyembuhkan infeksi, dan membunuh parasit mikroorganisme.

Membersihkan Miss V dengan rebusan daun sirih, manfaat daun sirih, kesehatan Miss V, Penyakit Menular Seksual PMS, Halodoc, Jakarta – Daun sirih cukup populer sebagai antiseptik alami yang tidak hanya digunakan untuk membersihkan Miss V, tetapi juga alergi atau infeksi di bagian tubuh lainnya. Penelitian medis menunjukkan bahwa daun sirih mengandung zat-zat penting yang efektif menyembuhkan luka, menghentikan pendarahan, menyembuhkan infeksi, dan membunuh parasit mikroorganisme.

Untuk kebersihan Miss V sendiri, manfaat daun sirih merah dipercaya dapat membunuh jamur, bakteri, parasit, dan mikroorganisme yang menjadi penyebab keputihan. Menggunakan daun sirih untuk kebersihan Miss V serta menyembuhkan dari keputihan dapat dilakukan dengan cara sederhana. Cukup dengan merebus 3-5 lembar daun sirih bersih dengan ukuran sedang, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membilas daerah kewanitaan.

Bila terjadi infeksi pada Miss V, air rebusan daun sirih memang sangat berguna untuk mengurangi infeksi dan membuat Miss V lebih keset. Selain itu, air rebusan daun sirih juga dapat mengobati gatal-gatal dan mengencangkan Miss V.

Meski memiliki khasiat yang baik, tetapi tidak serta-merta penggunaan daun sirih bisa digunakan setiap hari secara rutin. Karena, penggunaan rutin dapat menghilangkan pH alami yang ada di area Miss V. Miss V memiliki bakteri baik yang memang berfungsi untuk menjaga suasana asam di organ genital tetap berada pada suhu normal. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa cek di halodoc.com.

4 dari 4 halaman

Apa Manfaat Daun Sirih Merah

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Dengan kandungan daun sirih yang sangat bermanfaat bagi tubuh, manfaat daun sirih merah tidak hanya untuk kecantikan tapi juga untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat daun sirih merah yang harus kamu ketahui.

Hilangkan bau badan

Manfaat daun sirih merah mengandung estradiol dan klavikula yang mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Mengonsumsi air rebusan daun sirih merah mampu meredakan bau badan yang berlebihan. Kamu juga bisa mengaplikasikan tumbuhan daun sirih ke ketiak secara teratur untuk mengatasi bau badan.

Sirih merah juga dapat mengatasi bau mulut berkat kandungan eugenol dan capitol. Sifat antiseptik pada sirih merah ampuh membunuh bakteri mulut. Berkumur dengan air rebusan daun sirih merah mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Atasi diabetes

Manfaat daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Daun sirih merah mengandung molekul aktif yang disebut tanin yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid pada sirih menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus.

Manfaat daun sirih merah juga mengandung beragam polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul pada daun sirih melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

Obat asam urat

Kandungan pada sirih merah mampu meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Manfaat daun sirih merah ini terkait kemampuannya sebagai agen antiinflamasi.

Pulihkan peradangan

Sifat antiinflamasi pada sirih merah mampu menyembuhkan dengan cepat peradangan. Manfaat daun sirih merah dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah, luka bakar ringan, gatal gigitan serangga, hingga rasa nyeri di berbagai bagian tubuh. Daun sirih adalah obat klasik untuk luka. Ini mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Mereka meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas dalam tubuh, seperti superoksida dismutase dan katalase.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat daun sirih di atas? Apkaah kamu sudah pernah menggunakan daun sirih merah untuk pengobatan? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar