10 Gejala Ginjal Bermasalah di Awal dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 13 Mei 2020 17:51
10 Gejala Ginjal Bermasalah di Awal dan Cara Mengatasinya
Gejala ginjal bermasalah bisa aja samar dan nggak terlihat, dan baru terasa saat kondisina sudah mendekati parah

Gejala ginjal bermasalah umumnya nggak terlihat. Akibatnya, banyak orang yang tahu kalau mereka sedang menderita sesuatu pada ginjalnya.

Kalaupun muncul, kadang gejala ginjal bermasalah hampir terlihat seperti penyakit lainnya. Plus, biasanya gejala baru terjadi pada tahap yag udah terlambat, yaitu saat gagal ginjal atau ditemukannya sejumlah besar protein dalam urin.

1 dari 3 halaman

Gejala Ginjal Bermasalah

Ilustrasi Sakit Ginjal © Diadona

Satu-satunya cara untuk memastikan apakah benar seseorang punya penyakit ginjal, yaitu dengan menjalani serangkaia tes. Tapi, kira-kira ada 10 gejala ginjal bermasalah, dilansir dari National Kidney Foundation.

Gampang Capek dan Susah Konsentrasi

Adanya penurunan fungsi ginjal menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Akibatnya, muncul gejala ginjal bermasalah yang membuat seseorang jadi kerasa lelah, lemah, dan susah konsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang bisa menyebbkan kelemahan dan kelelahan.

Susah Tidur

Saat ginjal yang menyaring dengan baik, maka racun tetap ada di dalam darah. Maka, muncul gejala ginjal bermasalah yaitu susah tidur.

Kulit yang Kering dan Gatal

Saat ginjal bermasalah, bisa jadi organ tersebut udah nggak mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah. Lalu, muncullah gejala ginjla bermasalah yaitu kulit yang kering dan gatal.

Buang Air Kecil Lebih Sering

Kalau seseorang ngerasa perlu buang air lebih sering terutama malam hari, bisa jadi ini merupkana gejala ginjal bermasalh. Ini karena ketika saringan ginjal rusak, maka terjadi peningkatan rasa pengen buang air kecil.

Darah dalam Urin

Ginjal yang sehat akan menjaga sel-sel darah merah saat penyaringan limbah. Tapi saat saringan ini bocor, sel darah merah tersebut terikut bocor ke urin.

Tapi hal ini nggak cuman menjadi gejala ginjal bermasalah. Darah pada urin juga bisa menjadi pertanda tumor, batu ginjal atau infeksi.

Urin Berbusa

Gelembung yang berlebih dalam urin menjadi indikasi adanya protein di dalamnya. Dan protein yang ada di dalam urin sebenernya mengindikasikan kalau filter ginjal udah rusak.

Nafsu Makan Buruk

Ini merupakan gejala ginjal bermasalah yang sangat umum. Salah satu penyebabnya, yaitu adanya penumpukan racun yang dihasilkan dari penurunan fungsi ginjal.

Bengkak di Sekitar Mata

Bengkak di sekitar mata mungkin hal yang biasa. Tapi kalau terus-menerus, bisa jadi merupakan gejala ginjal bermasalah. Ini terjadi karena alih-alih menyimpannya dalam tubuh, ginjal justru membocorkan protein ke dalam urin.

Bengkak di Pegelangan Kaki dan Kaki

Penurunan fungsi ginjal bisa menyebabkan retensi natrium, memunculkan gejala ginjal bermasalah yaitu pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

Otot Kram

Ketidakseimbangan elektrolit dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kram otot.

2 dari 3 halaman

Gejala Ginjal Bermasalah dan Cara Mengatasi

Ilustrasi Gagal Ginjal © Diadona

Sayangnya, ginjal yang udah bermasalah akan bersifat permanen. Tapi meskipun kerusakan tersebut nggak bisa diperbaiki, ada berbagai langkah untuk menjaga ginjal sehat selama mungkin.

Caranya, yaitu dengan menghentikan gejala ginjal bermasalah biar nggak semakin parah. Seperti apa?

  • Kontrol gula darah kalau penderita punya skait diabetes
  • Pertahankan tekanan darah yang sehat
  • Diet rendah garam dan rendah lemak
  • Olahraga setidaknya 30 menit beberapa hari dalam seminggu
  • Jaga berat badan
  • Jangan merokok
  • Batasi alkohol
  • Konsultasikan dengan dokter tentang obat-obatan yang bisa membantu mengurangi gejala ginjal bermasalah

Seseorang punya risiko buat menderita gejala ginjal bermasalah apabila puny satu dari kondisi berikut, yaitu:

  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Riwayat keluarga dengan gagal ginjal
  • Berusia lebih dari 60 tahun

3 dari 3 halaman

Gejala Awal Ginjal Bermasalah

Ilustrasi Gagal Ginjal © Diadona

Gejala ginjal bermasalah pada awal penyakitnya, sangat sulit terdeteksi. Ini terjadi karena saking ringannya gejala tersebut sehingga nyaris nggak bisa terdeteksi.

Tapi ketika fungsi organ tersebut berkurang, maka gejala ginjal bermasalah yang bisa dikaitkan dengan kondisi urin. Yaitu, jumlah urin yang berkurang, serta adanya busa yang merupakan kandungan protein pada urin.

Gejala ginjal bermasalah yang nggak terlihat membuat penderita jadi nggak aware sama masalah kesehatannya. Maka, lebih baik cegah masalah ginjal dengan menerapkan gaya hidup sehat ya!

Beri Komentar