11 Gejala Sakit Ginjal pada Wanita dan Pria

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 25 Februari 2020 14:36
11 Gejala Sakit Ginjal pada Wanita dan Pria
Ginjal punya fungsi penting untuk tubuh, pantesan mahal banget kalau dijual..

Dilansir dari data Kementrian Kesehatan, terjadi peningkatan jumlah penderita ginjal kronis di dunia. Angkanya berada pada peringkat ke-27 di tahun 1990 dan meroket di angka 18 di tahun 2010. Jumlah tersebut diperkiran terus meningkat hingga saat ini.

Dalam sistem tubuh terdapat dua ginjal. Makanya kan, banyak orang yang bilang kalau ginjal ini bisa dijual. Satu ginjal ada di setiap sisi tulang belakang. Fungsinya? Untuk menyaring darah dan menghilangkan racun. Ginjal akan mengirimkan racun ke kandung kemih, yang kemudian akan dikeluarkan via buang air kecil.

1 dari 4 halaman

Gejala Sakit Ginjal pada Wanita

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Dari laman Alodokter menyebut, bahwa gejala sakit ginjal antara pria dan wanita umumnya tidak jauh berbeda. Namun pada wanita terdapat gejala sakit ginjal yang khas, diantaranya:

  • Menstruasi tidak normal, misalnya jadwal haid yang jadi tidak teratur, jumlah darah haid yang tidak seperti biasanya.
  • Disfungsi seksual
  • Tulang menjadi keropos
  • Lebih sulit hamil. Kalaupun terjadi kehamilan, maka gejala sakit ginjal akan membuat kehamilan tersebut berisiko terhadap tekanan darah tinggi, persalinan prematur hingga kehilangan fungsi ginjal.
  • Depresi

Wanita disebut lebih rentang mengalami gejala sakit ginjal ketimbang laki-laki. Kenapa? Secara fisiologis, perempuan punya uretra yang lebih pendek sehingga bakteri lebih mudah menginfeksikandung kemih, dibandingkan pada pria.

 

2 dari 4 halaman

Gejala Awal Sakit Ginjal

Sayangnya, gejala sakit gijal di awal seringkali nggak terlihat. Ini karena tubuh biasanya mampu mengatasi penurunan fungsi ginjal yang signifikan.

Meski tanpa gejala sakit ginjal, namun keberadaannya bisa terdeteksi dengan tes darah atau urin. Jika gejala sakit ginjal ini bisa terdeteksi di awal, maka obat-obatan dan tes rutin dapat membantu menghentikan perkembangannya.

3 dari 4 halaman

Gejala Sakit Ginjal pada Pria

Ilustrasi Organ Ginjal dan Kandun Kemih © Diadona

Sama seperti yang telah dijelaskkan di bagian awal artikel ini, gejala sakit ginjal pada pria biasanya nggak jauh berbeda dengan wanita. Namun, ada kondisi tertentu yang membedakan.

Beberapa masalah ginjal bisa menjadi awal terjadinya penyakit ginjal kronis. Dengan mengetahui gejala sakit ginjal, maka dapat dilakukan tindakan lebih awal.

Gejala sakit ginjal terkadang nggak disadari oleh penderitanya sampai kemudian 90 persen ginjal tidak lagi berfungsi. Saat ginjal nggak bisa menjalnkan fungsinya, maka disebut dengan penyakit ginjal atau gagal ginjal. Penyebabnya beragam, diantaranya:

  • Paparan toksik lingkungan atau obat-obatan tertentu
  • Penyakit akut dan kronis tertentu
  • Dehidrasi parah
  • Trauma ginjal

Akibatnya, tubuh jadi mengandung terlalu banyak racun yang aggal dikeluarkan oleh tubuh. Gagal ginjal ini dapat mengancam jiwa jika nggak segera tertangani.

Dilansir dari laman kidney.com, ada 37 penderita penyakit ginjal di Amerika Serikat dan sebagian besar nggak menyadarinya. Untuk itu, pengetahuan tentang gejala sakit ginjal ini penting untuk diketahui. Apa saja?

Lelah Sepanjang Waktu

Dikutip dari lifeoptions.org, gejala sakit ginjal ditandai dengan kelelahan sepanjang waktu. Ini karena ketika ginjal sehat, maka dia akan memproduksi hormon erythropoietin yang berfungsi untuk memberi tahu tubuh untuk membuat sel darah merah pembawa oksigen.

Karena sakit ginjal, maka ginjal akan menghasilkan EPO lebih sedikti. Akibatnya, sel darah merah untuk membawa oksigen lebih sedikit sehinga otot dan otak jadi cepat capek. Yes, mirip anemia, dan tentu saja gejala skit ginjal ini bisa diobati.

Kedinginan saat Orang Lain Merasa Gerah
Gejala sakit ginjal berupa anemia sering bikin penderitanya merasa dingin, bahkan di tempat yang panas.

Napas Pendek

Napas pendek sebagai gejala sakit ginjal terjadi karena dua cara. Pertama, Pertama, cairan ekstra dalam tubuh dapat menumpuk di paru-paru. Dan kedua, gejala sakit ginjal berupa anemia yang dapat membuat tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan napas.

Lemah, Pusing, sampai Pingsan

Gejala sakit ginjal berupa anemia membuat otak nggak cukup mendapatkan oksigen. Akibatnya? Tentu saja bisa bikin penderitanya mengalami lemah, letih lesu hingga pingsan.

Nggak Bisa Berpikir Jernih

Memang sih kondisi ini bisa terjaid pas seseorang marah, tapi bis ajuga merupakan gejala sakit ginjal. Why? Lagi-lagi karena gejala sakit ginjal berupa anemia membuat otak nggak cukup mendapatkan oksigen, dan menyebabkan masalah memori.

Gatal-Gatal yang Parah

Mengapa ini bisa menjadi gejala sakit ginjal? Karena saat gagal ginjal, maka terjadi penumpukan limbah di darah. Akibatnya, penderita akan merasakan gatal tak tertahankan.

Pembengkakan di Tangan atau Kaki
Gejala sakit ginjal ini muncul karena ginjal yang gagal berfungsi akan menyebabkan penumpukan cairan di tubuh. Akibatnya, terjadi pembengkakakn di kaki, dan/atau tangan.

Wajah Bengkak

Sama halnya dengan gejala sakit ginjal yang lain, kegagalan ginjal menyebabkan terjadinya penumpukan cairan, sehingga muncullah bengkak di wajah.

Makanan Jadi Terasa Nggak Enak

Mengapa gejala sakit giunjal ini bsia terjadi? Karena adanya penumpukan limbah ata uracun yang ada di dalam darah dan bikin makanan jadi terasa berbeda. Gejala sakit ginjal ini membaut penderitanya jaid nggak suka makan daging, dan penderita mengalami kemerosotan berat badan

 

Terbangun di Malam Hari untuk Buang Air Kecil

Jadi, ginjal membuat urin, tapi ketika terjadi sakit ginjal, lalu apa yang terjadi? Buang air kecil lebih sering, atau dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. warnanya juga lebih pecat dibanding biasanya. Gejala sakit ginjal lain berupa kesulitan buang air kecil

Urin Berbusa

Urin berbusa merupakan salash tsau dari gejala sakit ginjal. Mengapa ini bisa terjadi? Karena saat terjaid gagal ginjal, jumlah protein dalam urin berada di atas kadar normal sehingga menyebabkan terbentuknya busa.

Urin Berwarna Merah, Coklat, atau Ungu

Gejala sakit ginjal ini muncul karena penderita akan lebih jarang buat air kecil, sehingga urin akan berwarna lebih gelap. Ada kemungkinan juga urin mengandung darah, sehingga gejala sakit ginjal tersebut bsia muncul.

Napas Bau

Gejala sakit ginjal berupa bau napas bisa terjadi karena adanya penumpukan limbah atau racun.

4 dari 4 halaman

Gejala Sakit Batu Ginjal

Ilustrasi Gagal Ginjal © Diadona

Lalu apa sih yang dimaksud dengan penyakit batu ginjal? Batu ginjal merupakan kumpulan garam dan mineral keras yang seringkali terdiri dari kalsium atau asam urat. Mereka terbentuk di dalam ginjal dan dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari saluran kemih.

Ukurannya bsai bervariasi muali dari kecil banget sampe besar banget bahkan bisa memenuhi seluruh ginjal.

Batu ginjal ini terbentuk ketiak mineral terlalu banyak menumpuk di urin. Saat tubuh tidak terdehidrasi dengan baik, maka urin jadi lebih pekat, ada kandungan mineral tinggi sehingga batu ginjal akan lebih mudah terbentuk.

Gejala sakit batu ginjal diantaranya:

  • Nyeri di punggung, perut, atau samping tubuh
  • Rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil
  • Sering ke kamar kecil
  • Terdapat darah pada urin
  • Urin yang berbau dan keruh
  • Buang air kecil sedikit demi sedikit

Beri Komentar