7 Makanan Favorit Kamu Yang Dapat Mengganggu Bahkan Merusak Ginjal

Reporter : Sofi
Jumat, 27 Desember 2019 14:02
7 Makanan Favorit Kamu Yang Dapat Mengganggu Bahkan Merusak Ginjal
Mengkonsumsi makanan secara berlebih tentu adalah hal buruk. Bahkan makanan sehat yang kaya nutrisi juga dapat menimbulkan hal buruk pada tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Berikut adalah makanan itu.

Ginjal memainkan peran yang sangat penting dalam tubuhmu. Ginjal bertugas membuang limbah dalam tubuh melalui urin, memproduksi hormon, dan menyaring racun dan cairan ekstra dalam darah. Itu sebabnya merawat ginjal dengan baik dan berusaha menjaga kesehatannya adalah penting. Tapi tanpa disadari ada beberapa makanan yang biasa kita konsumsi atau bahkan menjadi favoritmu adalah makanan yang dapat merusak dan mempengaruhi fungsi normal ginjal jika dimakan secara berlebihan. Dilansir dari brightside.me berikut adalah makanan yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak pada kerja ginjalmu.

1 dari 7 halaman

1. Avokad

Avokad © Diadona

Avokad memiliki tingkat kalium yang sangat tinggi, hal ini yang menyebabkan jika terlalu banyak mengkonsumsinya akan berbahaya untuk ginjal kamu. Terlebih jika kamu sudah memiliki penyakit ginjal. Tubuh kita membutuhkan mineral ini, tapi terlalu banyak kalium dalam darah dapat menyebabkan masalah serius seperti kram otot dan detak jantung tidak teratur.

2 dari 7 halaman

2. Daging

Daging © Diadona

Makan terlalu banyak daging dapat menyebabkan masalah ginjal karena protein hewani bisa sangat sulit untuk dimetabolisme, membuat pengeluaran kotoran dalam tubuh menjadi berat untuk ginjal. Pola makan yang kaya protein hewani juga bisa memicu berkembangnya batu ginjal. Daging memiliki jumlah purin yang tinggi yang merangkasang produksi asam urat, yang merupakan salah satu penyebab umum batu ginjal. Dengan memakan lebih banyak sayuran dan kacang-kacangan, kamu akan mendapatkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

3 dari 7 halaman

3. Garam

garam © Diadona

Diet yang sehat harus mencakup 2.300 mg natrium per hari atau sekitar satu sendok teh garam. Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi garam, ginjal akan bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan natrium, sehingga mereka mungkin mulai menahan air yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Saran dalam mengurangi garam ini adalah dengan mengurangi makanan olahan dan kemasan seperti sup kaleng atau sayuran, pizza beku, dan saus salad, karena mengandung banyak garam.

4 dari 7 halaman

4. Pisang

Pisang © Diadona

Pisang juga mempunyai tingkat kalium yang sangat tinggi, yang dapat berbahaya bagi mereka yang ginjalnya tidak berfungsi dengan baik. Orang dewasa yang sehat harus memiliki asupan 3.500 - 4.700 mg kalium setiap hari dari makanan, dan rata-rata pisang dengan berat 150 gr sudah mengandung 537 mg. Tetapi jika kamu menderita penyakit ginjal, asupan kalium harus lebih rendah karena tubuh kamu tidak dapat menyaring kelebihan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

5 dari 7 halaman

5. Produk Susu

Susu © Diadona

Seperti yang kita ketahui bahwa produk susu kaya akan vitamin dan nutrisi, terlalu banyak susu, yogurt, dan keju dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Hal ini bisa terjadi karena tingginya jumlah fosfor yang terkandung dalam produk susu ini yang mungkin memberi tekanan pada ginjal. Jika ginjal kamu tidak berfungsi penuh, ginjal tidak akan dapat menghilangkan fosfor tambahan dari darah dan ini dapat menyebabkan tulang tipis dan lemah dari waktu ke waktu dan peningkatan risiko patah tulang.

6 dari 7 halaman

6. Roti Gandum

Roti gandum © Diadona

Roti gandum adalah makanan yang sehat dan bergizi, tetapi jika dimakan dalam jumlah besar dan terutama oleh individu dengan masalah ginjal, itu bisa membahayakan ginjal. Penyebabnya adalah tingginya jumlah fosfor dan kalium yang termasuk dalam jenis roti ini. Satu potong roti gandum mengandung 70 mg potasium dan 57 mg fosfor, dibandingkan dengan satu potong roti putih, yang masing-masing hanya 25 mg.

7 dari 7 halaman

7. Jeruk dan Jus Jeruk

Jeruk © Diadona

Sementara jeruk dan jus jeruk rendah kalori dan kaya vitamin C, mereka juga mengandung kadar kalium yang tinggi. Satu jeruk sedang menyediakan 240 mg potasium dan satu cangkir jus jeruk dapat mengandung sekitar 470 mg. Melihat dari angka-angka ini, konsumsi jeruk dan jus jeruk harus dibatasi, terutama ketika kamu tidak memiliki ginjal yang berfungsi penuh. Jika ginjal tidak dapat menghilangkan kelebihan kalium dari darah, ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh kamu.

Apakah salah satu dari makanan diatas merupakan makanan kesukaanmu? Bagaimana menurutmu mengenai informasi tersebut? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

 

Beri Komentar