Yuk Kenali 8 Jenis Kabel USB yang Sering Kali Kita Gunakan

Reporter : Yoyok
Jumat, 9 Oktober 2020 07:50
Yuk Kenali 8 Jenis Kabel USB yang Sering Kali Kita Gunakan
Pasti banyak dari kalian yang asal make tapi gak tau namanya

Di zaman digital seperti sekarang ini, berbagai perangakat elektronik bermunculan. Tentu saja perangkat-perangkat teknologi ini membutuhkan sambungan listrik agar dapat digunakan.

Maka dari itu, terciptalah sebuah alat panjang nan elastis. Eits, jangan berpikiran jorok dulu ya, yang dimaksud itu kabel lho.

Kabel merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menyalurkan aliran listrik. Kamu juga bisa menggunbakan kabel untuk mengirimkan data. Untuk mengirmkan data, kamu tentunya menggunakan kabel USB.

Ternyata, kabel USB itu banyak jenisnya lho. Dikutip dari Cari Sinyal, berikut ini adalah delapan jenis kabel USB yang sering kali kita gunakan.

1 dari 9 halaman

USB Standar Tipe-A

Macam-macam Kabel USB © Diadona

USB tipe ini merupakan jenis yang paling sering kita temui dan kita gunakan. Bentuknya yang persegi dan cenderung lebar tentu saja sangat familiar.

Kabel USB satu ini sering kali kita gunakan untuk menghubungkan mouse dan keyboard ke komputer. USB tipe-A juga dapat digunakan untuk mentrasfer data dari smartphone.

Banyak benda eletronik yang memiliki colokan untuk kabel USb satu ini, contohnya seperi konsol game Playstation, Xbox, serta DVD dan Blu-ray player.

2 dari 9 halaman

USB Standar Tipe-B

Macam-macam Kabel USB © Diadona

Kabel USB tipe-B ini serng kali digunakan untuk menghubungkan perangkat tambahan seperti printer dan scanner ke komputer atau laptop. Hard disk eksternal pun juga menggunakan USB tipe-B.

Kabel USB tipe-B merupakan salah satu jenis USB yang paling tidak umum untuk digunakan.

3 dari 9 halaman

Mini USB

Macam-macam Kabel USB © Diadona

Untuk mini USB, biasanya sering kali digunakan untuk mengisi baterai pada smartphone. Bentuknya yang lebih kecil daripada USB tipe-A memang dapat memudahkan fungsi pengisian daya tersebut.

Selain smartphone, mini USB juga digunakan di MP3 Player, kamera digital. Namun jenis mini USB sudah mulai jarang digunakan sejak munculnya micro USB.

4 dari 9 halaman

Micro USB Tipe-A

Macam-macam Kabel USB © Diadona

Jenis micro USB diyakini merupakan jenis kabel USb yang paling mobile friendly dibandingkan leluhurnya, mini USB.

Micro USB ada dua, yang pertama adalah tipe-A. Micro USB tipe-A memiliki bentuk yang lebih lebar dan pipih. Kabel USB jenis ini sering kali kita gunakan untuk mengisi baterai smartphone serta kamera digital. Micro USB tipe-A memiliki kecepatan trasfer sampai 480 Mbps.

5 dari 9 halaman

Micro USB Tipe-B

Macam-macam Kabel USB © Diadona

Untuk micro USB tipe-B, memiliki bentuk yang berbeda dari yang tipe-A. KEdua ujung besi micro USB tipe-B memiliki bentuk yang sedikit melengkung.

6 dari 9 halaman

USB Tipe-C

Macam-macam Kabel USB © Diadona

USB tipe-C diklaim merupakan kabel USB dengan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat daripada kabel USB sebelumnya.Di kemudian hari, USB tipe-C iperkirakan jumlahnya akan semakin banyak daripada sekarang.

Smartphone keluaran terbaru sudah menggunakan port USB tipe-C ini.

7 dari 9 halaman

USB Lightning

Macam-macam Kabel USB © Diadona

Kabel USB lightning sangat familiar bagi kamu yang menggunakan gadget keluaran Apple. Memiliki ukuran yang sama dengan micro USB, namun USb lightning ini dibuat khusus untuk perangkat Apple.

8 dari 9 halaman

USB On-The-Go (OTG

Macam-macam Kabel USB © Diadona

USb satu ini digunakan untuk membaca dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangakat lainnya. Contohnya seperti dari flash disk ke smartphone.

Jadi, kamu tidak perlu PC atau komputer untuk transfer data dari flash disk ke smartphone. Cukup gunakan kabel USB OTG untuk mengirimkannya.

Beri Komentar