Kenapa ya Burung Gak Kesetrum Pas Nongkrong di Kabel Listrik?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 6 Oktober 2020 18:03
Kenapa ya Burung Gak Kesetrum Pas Nongkrong di Kabel Listrik?
Hayo kenapa?

Waktu kita kecil, pasti kita sering dinasihati orang tua tentang bahaya listrik, mulai dari menyentuh colokan listrik hingga kabel listrik yang sering kali terbuka. Tapi pernah nggak sih kalian bertanya, kenapa burung nggak kesterum saat bertengger di kabel listrik bertegangan tinggi? Burung-burung yang hinggap di kabel listrik itu justru terlihat santai sambil berkicau menggda pasangannya. Apakah ini berarti burung kebal sama listrik ya?

Penasaran? Nih simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Burung Termasuk Konduktor yang Lemah

Burung di Atas Kabel Listrik © Diadona

Kalau kamu ingat dalam pelajaran IPA, listrik adalah aliran elektron yang berjalan dalam konduktor. Barang konduktor yang biasa kita temui ini misalnya adalah besi dan tembaga. Oleh sebab itu PLN menggunakan bahan tembaga agar aliran listrik bisa teraliri dengan lancar.

Di sisi lain, bruung juga termasuk konduktor, tapi nggak sebaik tembaga. Jadi, dengan kata lain, listrik lebih memilih mengalir di kabel berbahan tembaga yang memiliki kualitas konduktor lebih baik ketimbang mengalir di kaki burung.

2 dari 3 halaman

Tak Bertengger di Satu Kabel Listrik

Alasan kedua yang membuat burung nggak kesetrum adalah tidak adanya beda tegangan listrik di satu buah kabel yang di duduki oleh burung. Ini membuat listrik tidak mengalir ke tubuh si burung. Berbeda kasusnya bila si burung hinggap di dua buah kabel, maka secara langsung dia akan tersengat listrik dan mati.

Burung di Atas Kabel Listrik © Diadona

Hal ini terjadi karena tubuh si burung akan menjadi jalan listrik untuk mencapai tanah atau tempat dengan tegangan yang berbeda (kawat lain pada tegangan yang berbeda, misalnya). Listrik memang bisa mengalir akibat adanya beda tegangan, dari tegangan tinggi ke rendah, mirip aliran air.

Inilah sebabnya mengapa kabel listrik cenderung dipasang tinggi di udara dengan banyak ruang antara kabel, agar tidak ada yang menyentuhnya atau kebel yang saling bersentuhan.

Contoh kasus ini yang sering dialami manusia adalah ketika tidak sengaja menyentuh kabel listrik aliran rendah ketika memakai sepatu karet. Tidak akan ada setruman listrik. Namun jangan pernah mencoba memegang kabel yang terkelupas dengan menyentuh tanah atau kabel lain, pasti Anda akan langsung tersengat listrik.

3 dari 3 halaman

Beri Komentar