Apa Bener Fungsinya Safety Belt Buat Keselamatan Berkendara doang?

Reporter : Yoyok
Rabu, 7 Oktober 2020 10:50
Apa Bener Fungsinya Safety Belt Buat Keselamatan Berkendara doang?
Menurut kalian, safety belt ada fungsi lain gak gaes?

Dalam berkendara, keselamatan merupakan hal yang paling penting yang harus kita utamakan. Karena di jalanan saat ini, mobil atau motor yang berkendara kebut-kebutan sembarangan selalu ada, tidak memandang keselamatan dirinya sendiri maupun pengendara yang lain.

Beberapa aspek keselamatan dalam berkendara sudah diwajibkan oleh pemerintah setempat di berbagai negara kepada masyarakatnya. Seperti halnya mewajibkan pengendara motor untuk menggunakan helm, atau aturan menggunakan safety belt untuk para pengendara mobil.

Banyak yang berpikir kalau safety belt digunakan untuk mencegah luka fatal saat terjadi kecelakaan mobil. Maka dari itu safety belt merupakan salah satu bagian interior mobil untuk keselamatan.

Tapi, tali panjang di mobil itu beneran cuma buat keselamatan berkendara doang?

1 dari 5 halaman

Benerin Postur

Ternyata tidak lho, safety belt juga memiliki fungsi lain. Salah satunya adalah untuk membenarkan postur tubuh saat berkendara.

Jika kamu menggunakan safety belt, badanmu akan terasa seperti selalu tegap kan. Saat itu safety belt berfungsi untuk membenarkan postur tubuh bagi pengendara.

Saat menyetir, postur tubuh yang benar juga dapat membuat kita tetap fokus dalam berkendara. Selain menjaga tetap fokus, postur tubuh yang benar juga membuat kita nyaman menyetir mobil.

Ilustrasi Safety Belt © Diadona

2 dari 5 halaman

Buat Dorong Mobil Mogok

Tapi ada fungsi lain lho dari safety belt selain buat membenarkan postur tubuh. Kamu dapat memanfaatkan safety belt untuk membantumu mendorong mobil yang mogok.

Iya bener kamu gak salah baca kok, kamu bisa mendorong mobil yang mogok dengan memanfaatkan safety belt. Caranya pun cukup mudah.

3 dari 5 halaman

Cara

Pertama buka pintu mobil lalu tarik safety belt ke arah luar. Safety belt memiliki ukuran yang panjang, jadi kamu tidak perlu takut jika talinya terlalu pendek untuk ditarik.

Lalu, tutup pintu mobil. Jangan takut jika safety belt terjepit pintu mobil karena bakalan aman kok.

Lalu, kalungkan safety belt ke arah badan dan kamu bisa mendorong mobil menggunakan otot di dada, bukan di tangan. Sambil mendorong mobil, kamu juga bisa mengendalikan setir.

4 dari 5 halaman

Dapat Dilakukan Sendiri

Masih belum paham, kamu dapat melihat video berikut ini yang mencontohkan menggunakan safety belt untuk mendorong mobil.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir lagi jika mobilmu mogok dalam keadaan sendirian atau jalanan sedang sepi. Kamu bisa mendorong mobil sendirian dengan memanfaatkan safety belt.

Beri Komentar