Ternyata Logo di Mozilla Firefox Bukan Hewan Rubah lho

Reporter : Yoyok
Selasa, 6 Oktober 2020 12:50
Ternyata Logo di Mozilla Firefox Bukan Hewan Rubah lho
Hayo tebak hewan apa tuh?

Browser merupakan salah satu alat kita untuk berselancar di internet. Dengan adanya browser, kamu dapat mengakses media sosial, menonton video Youtube, bahkan berbelanja online.

Salah satu browser yang terkenal dari dulu sampai sekarang adalah Mozilla Firefox. Logo Mozilla selalu ada di tiap komputer yang dapat mengakses internet, contohnya seperti komputer warnet.

Tapi, tahu gak sih kamu kalau logo pada Mozilla Firefox tersebut ternyata bukan hewan rubah lho.

1 dari 5 halaman

Bukan Rubah

Banyak orang mengira kalau logo Mozilla Firefox ini adalah seekor rubah api. Dilihat dari bentuk telinga, ekor, hingga namanya yang ada baru rubah-rubah gitu mengisyaratkan kalau hewan di logo tersebut adalah seekor rubah.

Namun, nyatanya hal itu salah. Logo di Mozilla Firefox bukanlah seekor rubah lho. lalu hewan apa ya yang ada di logo tersebut?

2 dari 5 halaman

Panda Merah

Ternyata, hewan yang ada di logo Mozilla Firefox adalah seekorang panda merah. Kata Firefox disini lebih mengartikan seekor panda merah daripada rubah api yang banyak orang pikir.

Ilustrasi Panda Merah © Diadona

Tapi kan bentuk di logo Mozilla Firefox bentuknya kayak rubah, bukan panda merah, kok bisa gitu sih? Ternyata, ini ada sejarahnya lho.

3 dari 5 halaman

Mozilla Firebird

Sebenarnya, awal mula nama browser tersebut bukanlah Mozilla Firefox, melainkan Phoenix. Namun, nama Phoenix sudah diapakai oleh produsen BIOS Phoenix Technologies.

Lalu, namanya pun diubah menjadi Mozilla Firebird. Di tahun 2004, nama tersebut diganti lagi menjadi Mozilla Firefox.

Mozilla Firebird © Diadona

4 dari 5 halaman

Gugusan Bintang

Logo Mozilla Firefox ini didesain oleh Steven Garrity di tahun 2003. Padahal, mulanya Garrity hanya menuliskan artikel tentang kritik untuk logo Mozilla Firebird yang diklaim tidak memiliki identitas visual yang bagus.

Garrity pun diundang oleh para petinggi Mozilla untuk membahas logo yang berkelas pada browser tersebut. Garrity memang sengaja membuat gambar rubah bukan panda merah di logo browser tersebut, karena ia menganggap nama Mozilla Firefox sudah mencakup semua kata di dalamnya.

Inspirasi bentuk hewan rubah yang melingkar di logo Mozilla Firefox tersebut adalah bentuk gugusan bintang yang diambil dari teleskop Hubble Space di tahun 2002 silam.

 

Beri Komentar